Anda Bisa Ambil Langkah untuk Turunkan Risiko Kanker Payudara Anda

0
236

Ketakutan akan kanker payudara tersebar luas, namun banyak wanita tidak menyadari bahwa menerapkan kebiasaan hidup pelindung dapat membantu mempertahankannya. Kebiasaan yang dijelaskan di bawah ini juga dapat membantu menangkal penyakit lain yang mengancam jiwa, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tentu, wanita punya banyak alasan untuk khawatir tentang kanker payudara. Penyakit ini sangat umum terjadi. Seorang wanita berusia delapan tahun di Amerika Serikat akan mengembangkannya dalam seumur hidup. The American Cancer Society memperkirakan bahwa tahun ini 252.710 kasus baru kanker payudara invasif akan didiagnosis, dan 40.610 wanita akan meninggal akibat penyakit ini.

Skrining rutin disebut-sebut sebagai cara paling efektif untuk mengurangi kematian akibat kanker payudara, meski para ahli terus berdebat siapa yang harus diskrining, seberapa sering dan pada umur berapa. Tapi hampir tidak cukup dikatakan tentang apa yang wanita dapat lakukan sendiri untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Salah satu tindakan yang paling penting adalah kelambanan: tidak merokok. Kejadian merokok telah turun secara signifikan dalam setengah abad terakhir, namun setiap hari di jalanan New York saya masih melihat wanita muda dan gadis remaja merokok. Penelitian selama beberapa dekade yang dilakukan di antara 102.098 wanita di Norwegia dan Swedia menemukan bahwa, dibandingkan dengan bukan perokok, mereka yang merokok 10 atau lebih rokok sehari selama 20 tahun atau lebih memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara invasif ketiga, dan anak perempuan yang mulai merokok Sebelum usia 15 tahun hampir 50 persen lebih mungkin terkena kanker payudara.

Editorial dalam The Journal of Clinical Oncology tahun lalu menyatakan bahwa sebanyak 20.000 wanita di Amerika Serikat terus merokok bahkan setelah diagnosis kanker payudara. Penulis, Dr. Barbara A. Parker dan John P. Pierce dari University of California, San Diego, mengatakan bahwa pasien kanker payudara yang berhenti merokok dapat menambahkan secara signifikan manfaat dari kemoterapi dan radiasi pasca operasi.

Faktor penting lainnya di bawah kendali pribadi adalah berat badan. Sebagai indeks massa tubuh, atau B.M.I., meningkat, begitu juga risiko wanita terkena kanker payudara, terutama jika dia membawa sebagian besar kelebihan berat badannya di sekitar pinggangnya. Itu karena lemak perut sangat aktif secara metabolik, menghasilkan faktor pertumbuhan dan hormon, termasuk estrogen, yang bisa merangsang pertumbuhan sel kanker payudara.

Dr. Walter Willett, profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, mengatakan kepada Nutrition Action Healthletter pada tahun 2010: “Mungkin satu hal terpenting yang dapat dilakukan wanita untuk mengurangi risiko kanker payudara adalah untuk mencegah kenaikan berat badan pada kehidupan orang dewasa.”

Kelebihan berat badan juga mengurangi kemungkinan wanita terkena kanker payudara, meski tidak diketahui apakah menurunkan berat badan setelah diagnosis kanker payudara meningkatkan pengampunan yang langgeng. Pemungutan suara saya: Jangan menunggu bukti pasti, karena menumpahkan kelebihan berat badan bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa kanker lainnya.

Faktor ketiga yang jelas terkait dengan risiko kanker payudara adalah alkohol. Wanita yang mengonsumsi dua sampai lima minuman sehari 40 persen lebih mungkin terkena kanker payudara daripada orang yang tidak berkepentingan. Padahal, hanya satu gelas sehari bisa meningkatkan risiko kanker wanita sekitar 7 persen.

Konsumsi alkohol mempengaruhi tingkat hormon seks yang meningkatkan risiko kanker pada wanita pramenopause dan pascamenopause. Di antara wanita yang sudah diobati untuk kanker payudara, mengonsumsi alkohol setara dengan tiga atau empat minuman dalam seminggu meningkatkan risiko kekambuhan, terutama bagi wanita pascamenopause dan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Namun, minuman sekarang dan kemudian tidak mungkin menjadi masalah. Sebagai survivor kanker payudara selama 18 tahun, saya tetap menjadi peminum sesekali yang paling banyak minum dua gelas seminggu dan seringkali tidak.

Sedangkan untuk apa yang harus dimakan, saya akan memberi Anda satu tebakan. Diet yang banyak dipromosikan sebagai pelindung terhadap penyakit jantung juga paling efektif melawan kanker payudara. Diet itu menekankan sayuran, buah dan biji-bijian yang kaya serat, meminimalkan makanan protein seperti daging merah yang kaya akan lemak jenuh, dan hanya sedikit mengandung makanan dan minuman manis.

Sebuah analisis baru-baru ini terhadap 15 studi prospektif menemukan risiko terendah kanker payudara di kalangan wanita dengan asupan buah dan sayuran tertinggi. Namun, asosiasi terkuat ditemukan, bukan untuk wanita yang mengganti makanan mereka setelah kanker payudara, tapi bagi mereka yang makan banyak buah dan sayuran di awal kehidupan dan terus melakukannya saat orang dewasa.

Terutama yang melindungi adalah sayuran dan buah-buahan yang kaya akan zat-zat yang disebut karotenoid, pigmen tanaman berwarna oranye yang merupakan prekursor vitamin A. Ini bukan hanya kentang manis, wortel dan labu musim dingin tapi juga sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kangkung, juga Seperti buah-buahan seperti blewah dan tomat.

Berkenaan dengan makanan kedelai, juri masih keluar. Meskipun wanita Asia yang mengonsumsi banyak makanan ini sepanjang hidup mereka memiliki salah satu tingkat terendah kanker payudara, zat pelindung yang seharusnya ada dalam kedelai – isoflavon – tidak menunjukkan manfaat di antara wanita yang makan makanan Barat. Dan para ahli berhati-hati terhadap penggunaan suplemen isoflavon, sumber konsentrasi tinggi estrogen berbasis tanaman.

Ini juga yang terbaik untuk menghindari lemak jenuh. Meski tidak ada kaitan keseluruhan antara produk susu dan risiko kanker payudara, makanan olahan susu tinggi lemak seperti keju, es krim dan susu utuh, yang secara alami mengandung estrogen, dapat mempersingkat masa hidup penderita kanker payudara.

Berdasarkan sejumlah penelitian, termasuk follow up perawat muda Amerika berusia 20 tahun, American Cancer Society menyarankan agar wanita membatasi konsumsi daging merah (daging sapi, babi dan domba) hingga dua kali makan seminggu dan sangat membatasi atau menghindari Daging olahan seperti bacon, sosis, daging makan siang dan hot dog.

Sekarang untuk favorit pribadi: aktivitas fisik. Tidak hanya olahraga teratur dapat membantu mencegah kanker payudara dan meningkatkan pemulihan dari penyakit ini, ia juga melindungi terhadap banyak penyakit kronis lainnya dan dapat membantu wanita mencapai dan mempertahankan berat badan normal.
Lebih dari 50 studi observasional yang dilakukan di sini dan di banyak negara lain telah menemukan bahwa wanita aktif memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dan menurunkan angka kematian jika mereka mendapatkannya.

Anda tidak harus menjadi atlet atau lari maraton untuk mengumpulkan perlindungan. Aktivitas seperti jalan cepat efektif, terutama jika dilakukan selama satu jam sehari. Tapi bahkan 30 menit aktif sehari lebih baik daripada tidak sama sekali.

sumber :www.nytimes.com