Apakah Pizza itu Sehat?

0
219

Pizza itu sehat. Dan itu tidak sehat.

Bergantung pada jenis kerak, jumlah keju dan topping yang digunakan, pizza bisa memberi peringkat di mana saja dari makanan yang layak nutrisi.

Bahkan pizza yang sehat memberikan jumlah natrium yang baik dari saus tomat dan keju, jadi jika Anda memperhatikan asupan garam Anda, Anda harus makan dengan hati-hati. Tentu saja, ukuran potongan dan jumlah irisan yang Anda makan juga dihitung.

Pro pizza termasuk fakta bahwa ia menawarkan kalsium dari keju dan penyakit yang melawan lycopene dari tomat. Dan kerak pizza yang dibuat dengan tepung terigu utuh (termasuk tepung gandum utuh) lebih sehat dari pada kerak putih biasa, karena ini menawarkan biji-bijian dan serat utuh dan dicerna lebih lambat dari pada butiran halus.

Tapi apa yang Anda masukkan pada pizza Anda dapat secara signifikan mempengaruhi nilai nutrisinya. Topping seperti pepperoni, sosis dan keju tambahan dapat meningkatkan lemak jenuh, sodium dan kalori, sementara irisan dibuat dengan kerak yang lebih tipis dan diatapi sayuran cenderung memiliki kalori, lemak jenuh, dan sodium yang lebih rendah.

Sebagai contoh, sepotong besar Pizza Hut’s Thin ‘N Crispy Veggie Lovers pizza memiliki 240 kalori, 4 gram lemak jenuh dan 710 miligram sodium. Tapi sepotong besar pizza panci Daging dengan pepperoni, sosis, ham, bacon, daging babi dan daging sapi memiliki 480 kalori, 10 gram lemak jenuh dan 1.180 miligram sodium.

Pizza beku bisa menjadi makan malam yang nyaman, tapi harganya juga bervariasi dalam hal bahan dan nilai gizi, terutama dengan jumlah sodium, jadi penting untuk membaca label dengan hati-hati (beberapa mengandung sejumlah kecil lemak trans juga). Pizza bebas susu dan bebas gluten tersedia, namun seperti halnya dengan rekan tradisional mereka, kesehatan mereka beragam.

Ketika datang ke anak-anak dan pizza, satu studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa konsumsi pizza di kalangan anak-anak dan remaja dikaitkan dengan asupan kalori harian yang lebih tinggi dan asupan lemak jenuh dan sodium yang lebih tinggi. Studi tersebut juga menemukan bahwa pizza yang dimakan sebagai makanan ringan atau dari restoran cepat saji memiliki dampak negatif terbesar pada asupan kalori.

Pizza yang dikonsumsi di sekolah tidak secara signifikan mempengaruhi asupan kalori anak-anak, mungkin karena makanan tersebut tidak berbeda dengan makanan pembuka sekolah lainnya, menurut penulis studi.

Jika Anda menikmati pizza secara teratur, cobalah membuatnya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat, seperti muffin Inggris utuh, keju keju mozzarella paruh panim dan saus tomat tanpa tambahan garam. Dan jangan lupa untuk mengatasinya dengan banyak sayuran; Pizza Anda lebih berwarna, semakin baik!