Beberapa antibiotik dapat meningkatkan risiko keguguran pada awal kehamilan

0
1458

Antibiotik dapat meningkatkan risiko keguguran jika dikonsumsi selama awal kehamilan, sebuah penelitian menunjukkan.

Sebuah tinjauan yang melibatkan lebih dari 95.000 wanita telah menemukan lima kelas obat yang umum dikaitkan dengan peningkatan risiko, sementara dua lainnya terbukti aman.

Para ahli mengatakan bahwa risiko utama yang disorot oleh penelitian ini adalah untuk wanita yang diresepkan antibiotik yang belum mengetahui bahwa mereka hamil, karena para dokter pada umumnya berhati-hati dalam meresepkan obat-obatan ketika mereka mengetahui pembuahan telah terjadi.

Diterbitkan di Canadian Medical Association Journal, penyelidikan menemukan peningkatan risiko keguguran dikaitkan dengan antibiotik yang umum digunakan yang dikenal sebagai makrolidin, kuinolon, tetrasiklin, sulfonamida dan metronidazol.

Tetapi para ilmuwan menemukan bahwa eritromisin dan nitrofurantoin, yang sering digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih pada wanita hamil, tidak terkait dengan peningkatan risiko

Dr Anick Berard, dari fakultas farmasi di Universitas Montreal, mengatakan, “Infeksi lazim selama kehamilan.

“Meskipun penggunaan antibiotik untuk mengobati infeksi dikaitkan dengan penurunan risiko prematuritas dan berat lahir rendah pada penelitian lain, penyelidikan kami menunjukkan bahwa beberapa jenis antibiotik meningkatkan risiko aborsi spontan, meningkat 60 persen menjadi dua kali lipat . ”

Kira-kira satu dari empat kehamilan berakhir dengan keguguran, yang berarti wanita yang diberi resep antibiotik yang ditandai dalam penelitian ini dapat meningkatkan risiko mereka hingga 50 persen.

“Mengingat risiko baseline aborsi spontan bisa mencapai 30 persen, ini penting,” kata Dr Berard. “Namun demikian, peningkatan risiko tidak terlihat untuk semua antibiotik, yang meyakinkan bagi pengguna.”

Dr Berard dan timnya melihat data dari Quebec Pregnancy Cohort antara tahun 1998 dan 2009, membandingkan 8.702 keguguran dengan 87.020 kelahiran pada kelompok kontrol. Wanita berusia antara 15 dan 45 tahun.

Asosiasi Keguguran mengatakan bahwa skala dan kualitas penelitian menjadikannya “penelitian yang benar-benar penting”.

Dr Nicola Davies, seorang dokter umum dan mantan wali amanat asosiasi tersebut, mengatakan: “Risiko utama penelitian ini adalah bahwa wanita hamil yang tidak tahu mereka hamil. Sebagian besar obat ini adalah obat yang tidak akan Anda resepkan jika Anda tahu. Seorang wanita hamil. ”

Sumber : www.nytimes.com