Daging Merah Meningkatkan Resiko Kematian dari 9 Penyakit

0
192

Semakin banyak daging merah yang Anda makan, semakin besar risiko kematian dari satu dari sembilan penyakit, menurut sebuah laporan baru.

Periset mempelajari lebih dari 536.000 pria dan wanita berusia 50 sampai 71 tahun, mengikuti diet dan kesehatan mereka selama rata-rata 16 tahun. Mereka mencatat asupan daging utuh, olahan dan daging merah yang belum diproses (daging sapi, domba dan babi), dan daging putih (unggas dan ikan).

Dibandingkan dengan seperlima orang yang makan daging paling merah, seperlima yang makan paling banyak memiliki 26 persen peningkatan risiko kematian akibat berbagai sebab. Konsumsi daging merah tinggi meningkatkan tingkat kematian akibat kanker, penyakit jantung, penyakit pernafasan, stroke, diabetes, infeksi, penyakit Alzheimer, penyakit ginjal dan penyakit hati. Penelitian dilakukan di BMJ.

Daging putih, di sisi lain, mungkin baik untuk Anda. Para periset menemukan bahwa mereka yang makan proporsi tertinggi daging putih memiliki 25 persen penurunan risiko kematian akibat berbagai sebab dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi daging putih paling sedikit.

“Ini adalah penelitian observasional,” kata penulis utama, Arash Etemadi, seorang ahli epidemiologi di National Cancer Institute, “dan kami tidak dapat menentukan apakah daging merah bertanggung jawab atas asosiasi ini. Tapi kita memiliki follow up 16 tahun, dan kita memiliki nomor untuk melihat penyebab yang berbeda, dan kita dapat melihat bahwa itu terjadi “untuk banyak penyebab kematian.