Facebook Mendekati Model Bisnis Iklan Saja Karena Pendapatan Game Turun

0
168

SAN FRANCISCO — Pertumbuhan Facebook menjadi kekuatan periklanan digital menunjukkan sisi yang berbeda: Jaringan sosial lebih bergantung daripada sebelumnya di pasar iklan siklis, bahkan saat pesaingnya Google menemukan aliran pendapatan baru di perangkat keras dan perangkat lunak.

Facebook melaporkan pada hari Rabu bahwa 98 persen pendapatan kuartalannya berasal dari periklanan, naik dari 97 persen tahun sebelumnya dan 84 persen di tahun 2012. Pendapatan dari sumber non-iklan turun menjadi $ 175 juta di kuartal ini, dari $ 181 juta setahun sebelumnya.

Facebook telah memperingatkan untuk beberapa waktu tentang penurunan pendapatan non-iklan. Bagian bisnisnya hampir seluruhnya terdiri dari pemain video game di komputer desktop yang membeli mata uang virtual, dan game tersebut telah jatuh saat game beralih ke smartphone.

Facebook mengambil 30 persen pembelian, dengan saldo ke perusahaan seperti Zynga, pembuat game Farmville.

Ketergantungan perusahaan terhadap periklanan adalah kekhawatiran jangka panjang namun memiliki waktu untuk menemukan pendapatan lain sambil membangun bisnis iklan utamanya, kata Clement Thibault, seorang analis senior di Investing.com.

“Kita harus ingat itu masih bisnis yang cukup muda, bukan seperti bisnis kuno yang perlu segera bergerak,” katanya.

Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar.

Harga saham Facebook mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $ 153,60 pada hari Selasa sebelum turun mendekati $ 150,85 pada hari Kamis.

Kurangnya diversifikasi berbeda dengan Google, satu unit Alphabet. Pendapatan non-iklannya, dari sumber seperti layanan Cloud dan smartphone Pixel, membukukan kenaikan 49,4 persen menjadi $ 3,1 miliar pada kuartal terakhir dan sekarang mewakili 13 persen dari total pendapatan Google, naik dari 10 persen tahun sebelumnya.

Chief Executive Officer Facebook Sheryl Sandberg mengatakan dalam sebuah konferensi di bulan Februari bahwa perusahaan tersebut melakukan diversifikasi pendapatan dengan memperluas basis pengiklannya di seluruh wilayah geografis dan industri.

Produk non-iklan Facebook, seperti headset virtual reality Oculus dan perangkat kantor Workplace, saat ini menghasilkan sedikit pendapatan.

Beberapa perusahaan melakukan diversifikasi melalui akuisisi, namun sebagian besar pembelian Facebook seperti Instagram dan WhatsApp berada di pasar yang berdekatan.

Chief Financial Officer David Wehner mengatakan dalam sebuah konferensi untuk investor pada hari Rabu bahwa Facebook tidak melanggar pendapatan Instagram sebagai jalur terpisah dalam laporan keuangan karena iklan Instagram dijual melalui antarmuka yang sama dengan iklan Facebook.