Fosil seekor bayi dinosaurus yang ditemukan di China lebih dari 25 tahun yang lalu secara resmi telah diidentifikasi sebagai spesies baru dinosaurus berbulu.

0
1596

Burung layang-layang yang dijuluki Baby Louie, ditemukan di dalam sarang telur dinosaurus.

Ahli paleontologi menyebutnya Beibeilong sinensis , yang berarti “bayi naga China”.

Mereka mengatakan itu adalah spesimen yang dikenal pertama dari dinosaurus mirip burung raksasa yang termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai Oviraptorosaur.

Meskipun fosil bayi dinosaurus kecil, ia akan tumbuh menjadi dewasa dengan berat lebih dari 1.000 kg.

Penemuan telur dinosaurus di China, Korea Selatan, Mongolia dan Amerika Utara menunjukkan Beibeilong mungkin sudah umum sekitar 100 juta tahun yang lalu, kata periset tersebut.

“Distribusi geografis dan kejadian berlimpah telur Macroelongatoolithus tetapmenunjukkan bahwa Oviraptosaurus raksasa relatif luas dan bahkan mungkin umum terjadi pada bagian awal Kapur Akhir, meskipun sisa kerangka mereka langka dan belum diidentifikasi di banyak daerah, ‘Mereka menulis di Nature Communications .

Pada akhir 1980-an dan awal 1990an, ribuan telur dinosaurus dikumpulkan dari bebatuan Henan, China, oleh petani setempat.

Beberapa diekspor secara tidak sah, termasuk spesimen yang berakhir di AS.

Kerangka bayi dinosaurus menyebabkan kegemparan dan dikenal sebagai “Baby Louie” setelah pria yang memotretnya untuk sampul majalah.

Fosil tersebut dikembalikan ke China pada tahun 2013, di mana sekarang telah diidentifikasi secara resmi.

Para ilmuwan di China dan Kanada membandingkan fosil tersebut dengan spesies dinosaurus yang telah dijelask

Mengomentari penelitian tersebut, Dr. Steve Brusatte dari Universitas Edinburgh mengatakan bahwa telur tersebut memberi kita gambaran sekilas bagaimana beberapa dinosaurus terbesar dan teraneh diperbanyak.

” Membentang pikiran untuk membayangkan embrio kecil ini tumbuh menjadi dinosaurus tertutup satu ton yang akan terlihat sangat mirip Big Bird, ” katanya.

” Dan mereka aneh – dengan bulu dan paruh, tapi tidak ada gigi. ” bayi dinosaurus hanya seukuran kelinci percobaan.

Namun, penelitian sebelumnya memperkirakan bahwa dinosaurus dari telur tersebut dapat tumbuh menjadi orang dewasa raksasa dengan berat lebih dari 1.000 kg.

Telur yang ditemukan di samping fosil tersebut adalah jenis telur dinosaurus yang paling dikenal.

Ini umum terjadi dalam catatan fosil, menunjukkan bahwa oviraptorosaur besar memiliki rentang besar selama masa Kapur.

sumber : http://www.bbc.com/news/science-environment-39857696

Garuda Firmasnyah

13113658

4KA14