Intel’s Core i9 Extreme Edition CPU adalah sebuah monster ber 18-core

0
569
Intel+Core+i9+x+series

Ini adalah model andalan chip X-Series Intel yang baru.

Tahun lalu di Computex, Intel meluncurkan CPU konsumen 10 inti pertamanya, perusahaan beralih ke dunia megatasking. Chipnya mahal, diluncurkan sekitar $ 1.700, namun memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan beberapa tugas intensif sekaligus. Sekarang, Intel meningkatkan ante dengan keseluruhan keluarga prosesor untuk penggemar, seri Core X, dan dipelopori oleh CPU 18-core pertamanya, i9-7980XE.

Dengan harga $ 1,999, 7980XE jelas bukan chip yang akan Anda lihat di desktop rata-rata. Sebaliknya, ini lebih merupakan pernyataan dari Intel. Ini mengalahkan CPU 16-core Threadripper milik AMD, yang dijadwalkan untuk menjadi prosesor konsumen paling kuat di perusahaan tersebut pada tahun 2017. Dan ini memberi Intel cara lain untuk memenuhi tuntutan pengguna yang haus kekuasaan yang mungkin ingin melakukan hal-hal seperti bermain game di 4K saat menyiarkannya di HD over Twitch. Dan seolah-olah hitungan intinya yang besar tidak cukup, i9-7980XE juga merupakan chip konsumen Intel pertama yang dikemas dengan nilai komputasi teraflop yang lebih tinggi.

Intel+x+series+family

Jika 18 core agak terlalu kaya untuk Anda, Intel juga memiliki chip Core i9 Extreme Edition lainnya dalam varian 10, 12, 14 dan 16-inti. Mungkin berita terbaik untuk para ahli perangkat keras: 10 inti i9-7900X akan dijual seharga $ 999, diskon signifikan dari versi tahun lalu.

Semua chipset i9 memiliki clock speed 3,3GHz, mencapai kecepatan dual-core 4.3GHz dengan Turbo Boost 2.0 dan 4.5GHz dengan Turbo Boost 3.0. Dan berbicara tentang Turbo Boost 3.0, kinerjanya juga telah ditingkatkan dalam chip Extreme Edition baru untuk meningkatkan kecepatan single dan dual-core. Membulatkan keluarga X-Series adalah model quad-core i5-7640X dan i7 pada model 4, 6 dan 8-core.

Intel+X+Series+platform+comparison

Meskipun sepertinya semua berlebihan, Intel mengatakan jajaran Core i9-nya didorong oleh permintaan mengejutkan untuk chip 10-core tahun lalu. “Broadwell-E adalah semacam eksperimen,” kata seorang perwakilan Intel. “Ini terjual … Membuktikan bahwa komunitas penggemar kami akan mengejar yang terbaik dari yang terbaik … Ya, kami menambahkan jumlah inti yang lebih tinggi, tapi kami juga memperkenalkan jumlah inti yang lebih rendah. Skalabilitas pada kedua ujung adalah apa yang kami pergi setelah . ”

Seperti yang dapat Anda bayangkan, menjejalkan lebih banyak inti ke prosesor menyebabkan beberapa masalah panas yang signifikan. Oleh karena itu, Intel mengembangkan solusi pendinginan cairnya sendiri, yang akan bekerja mengatasi chip baru ini, dan juga beberapa generasi sebelumnya. Semua prosesor Core i9 baru, bersama dengan chip 6 dan 8-core i7, fitur titik desain termal 140W panas yang terik (TDPs), jumlah maksimum daya yang akan mereka gambar. Itu sama dengan CPU 10-core tahun lalu, tapi masih di atas TDP 91W dari i7-7700K yang lebih terjangkau Intel.

Selama beberapa tahun terakhir, chip laptop Intel jauh lebih menarik daripada CPU desktopnya. Sebagian, itu karena munculnya ultraportables dan laptop convertible telah mengalihkan fokusnya dari memberikan sebanyak mungkin tenaga komputasi, untuk menawarkan jumlah daya pemrosesan yang wajar secara efisien. Prosesor seri Core i9 X yang baru mungkin tidak layak bagi kebanyakan konsumen, namun bagi para ahli komputer perangkat keras yang merawat rig mereka seperti hot rod, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan.