Kandidiasis Kulit dan Kuku: Yang Harus Anda Ketahui

0
468

Candida adalah jamur alami. Bila ditumbuhi, bisa menyebabkan infeksi pada kulit dan kuku. Infeksi ini disebut kandidiasis.

Pria, wanita, dan anak-anak memiliki Candida, dan semua orang bisa terkena infeksi. Tapi apa Candida, apa saja gejala infeksi, perawatan, dan bagaimana infeksi bisa dicegah? Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan semuanya.

Isi dari artikel ini: Apa itu Candida?
Gejala kandidiasis
Pengobatan untuk kandidiasis pada kulit dan kuku
Mencegah kandidiasis pada kulit dan kuku
Apa itu Candida?
Ada lebih dari 150 jenis Candida. Spesies yang paling sering terlihat adalah Candida albicans. 15 spesies Candida albicans yang diketahui bertanggung jawab atas infeksi pada kulit dan selaput lendir di seluruh tubuh.

Pertumbuhan berlebih lebih sering terjadi pada area kulit yang lembab. Infeksi Candida dapat berkisar dari infeksi ringan yang diobati dengan obat bebas terhadap kondisi sangat serius yang memerlukan perawatan dari dokter.

Apa yang menyebabkan kandidiasis?
Infeksi kulit disebabkan oleh lingkungan yang hangat dan basah. Cuaca lembab, kebersihan yang buruk, dan pakaian ketat yang menggosok dan tidak bernafas dengan baik dapat meningkatkan kemungkinan kandidiasis. Antibiotik juga bisa mengubah Candida alami tubuh, menyebabkan infeksi terjadi.

Kandidiasis kuku bisa disebabkan oleh pekerjaan tertentu. Misalnya, obat yang bekerja dengan zat iritasi, atau orang yang terus-menerus di air memiliki risiko penyakit yang meningkat. Kuku rapuh juga bisa disebabkan oleh genetika dan penuaan. Wanita mengalami jamur kuku lebih sering dibanding pria.

Gejala kandidiasisCandida ruam.
Kandidiasis bisa menyebabkan ruam dan kemerahan di daerah tubuh seperti ketiak.
Kandidiasis kulit bisa memiliki tanda visual seperti kemerahan, ruam, penskalaan, dan pembengkakan. Tanda-tanda ini sering ditemukan dimana kulit menyentuh kulit serta daerah yang lebih sulit dijaga tetap kering.

Beberapa contoh area sensitif ini meliputi:

Lipatan kulit
Di bawah payudara
Kunci paha
Ketiak
Ruang antara jari tangan dan kaki
Kulit khatan dari penis yang tidak disunat
Infeksi kemungkinan besar gatal dan terasa tidak nyaman jika tidak diobati.

Tanda-tanda kandidiasis kuku adalah kuku yang rapuh, mudah pecah, atau pecah. Sering ada bintik putih atau kuning di bawah kuku yang terkena. Gejala ini bisa hidup di kuku atau kuku kaki dan bisa sangat menyakitkan.

Jika tidak diobati, infeksi bisa membuat kuku lebih tebal dan bahkan lebih berubah warna. Kaki atlet, jamur yang bisa menyebar di antara jari kaki dan kaki, mungkin juga terjadi pada saat bersamaan.

Pengobatan untuk kandidiasis pada kulit dan kuku
Pengobatan antijamur over-the-counter seperti miconazole, clotrimazole, dan oxiconazole dapat membantu penyembuhan infeksi pada kulit.

Untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan cepat, menjaga agar kulit tetap kering merupakan langkah yang diperlukan. Ini mungkin lebih sulit di area tertentu di tubuh. Bubuk dapat menurunkan kelembaban selama dan setelah pemulihan.

Penting untuk menemui dokter kulit jika kondisinya tidak membaik setelah melakukan tindakan ini. Obat resep mungkin diperlukan.

Infeksi kulit yang parah, sering disebabkan oleh kandidiasis invasif, perlu diobati oleh dokter. Kandidiasis invasif adalah infeksi ragi serius yang mempengaruhi darah, jantung, mata, otak, dan tulang.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti orang dengan HIV, lebih mungkin terkena infeksi invasif ini. Pasien harus segera mencari bantuan medis untuk dirawat di rumah sakit.

Jari kaki dan kuku dengan infeksi jamur.
Kuku yang terkena kandidiasis harus tetap kering dan diperkuat.
Infeksi kuku bisa sulit diatasi. Dr. Phoebe Rich dari American Academy of Dermatology merekomendasikan tiga langkah untuk merawat Candida dari kuku:

Memeriksa kemungkinan penyebab medis yang mendasari kondisi dan memperbaiki masalah jika ada.
Menjaga kuku kering dari zat keras atau air. Mengenakan sarung tangan untuk melakukan tugas sehari-hari dapat membantu kondisinya.
Mengobati kuku dengan memperkuatnya. Jeli minyak atau pelumas berbahan dasar lebih baik daripada lotion berair.
Jika infeksi kuku tidak bisa diobati, operasi pengangkatan kuku mungkin merupakan pilihan terbaik. Kuku baru akan tumbuh, tapi ini proses yang lambat.

Vitamin B dengan biotin juga bisa membantu kuku yang rapuh, tapi ini adalah solusi jangka panjang dan sesuatu yang harus dijaga sebagai suplemen harian. Jika kondisinya tidak mereda, yang terbaik adalah berbicara dengan spesialis kulit tentang obat resep untuk mengatasi masalah ini.
Mencegah kandidiasis pada kulit dan kuku
Pencegahan sangat penting dalam menjaga kuku dan kulit tetap sehat. Salah satu cara untuk mengurangi infeksi Candida adalah dengan menurunkan kadar gula yang dikonsumsi. Menjaga gula darah pada tingkat sehat dapat menyebabkan kulit dan kuku lebih sehat. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes.

Hal ini sangat penting untuk menjaga kulit dan kuku kering dan bersih. Mengganti pakaian berkeringat atau basah, mencuci dengan sabun, dan mengeringkan sumur akan membantu menghindari penyebaran dan kenaikan ragi.

Sedangkan untuk tangan dan kaki, Memilih salon kuku yang memiliki reputasi baik akan menurunkan kemungkinan bakteri berpindah dari pelanggan ke pelanggan. Hal ini juga penting untuk memakai sandal jepit di tempat umum seperti kolam dan pancuran.

Baik kulit dan kuku memiliki Candida, namun keseimbangan itu penting. Jika infeksi jamur memang terjadi, pengobatan di rumah atau over-the-counter dapat digunakan.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, diabetes, atau kondisi kesehatan lainnya mungkin memerlukan perawatan medis lebih cepat. Jika demam dan ruam hadir, itu pertanda bahwa dokter harus segera dihubungi.