Kaspersky ke AS: Cek Kode Sumber Kami

0
102

Ahli keamanan Cybersecurity Eugene Kaspersky telah mengajukan diri untuk menyerahkan kode sumber perangkat lunak perusahaannya untuk menghilangkan kekhawatiran kemungkinan hubungan dengan pemerintah Rusia, The Australian melaporkan pekan lalu. Kaspersky membuat penawaran publik di CeBIT Australia.

Kaspersky ke AS: Cek Kode Sumber Kami
Beberapa pejabat AS telah menyatakan kekhawatirannya bahwa Lab Kaspersky mungkin memiliki hubungan kerja yang erat dengan pemerintah Rusia.

Kaspersky lima tahun lalu menggantikan sejumlah manajer tingkat tinggi dengan orang-orang yang memiliki hubungan dengan dinas militer atau intelijen Rusia, Bloomberg melaporkan pada tahun 2015.

Beberapa dari mereka dilaporkan telah menyediakan data dari 400 juta pelanggan yang menggunakan perangkat lunak Kaspersky ke badan intelijen Rusia, FSB.

Selain itu, Kaspersky sendiri dilaporkan mengunjungi sauna dengan pejabat Rusia secara reguler.

Kaspersky belajar di sebuah universitas yang didukung oleh KGB – pendahulu FSB – pada tahun 1980an, menurut laporan, dan dia menjabat sebagai insinyur perangkat lunak dengan intelijen militer Soviet sebelum berangkat ke sektor swasta.

Kepala lima badan intelijen AS baru-baru ini menyatakan kecurigaan terkait Lab Kaspersky kepada Komite Intelijen Senat AS, namun mereka “tidak memiliki pilihan karena alasan politik,” Kaspersky mengemukakan pada Reddit .

“Baru-baru ini, pernyataan dan klaim yang tidak akurat tentang Lab Kaspersky telah beredar di depan umum,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh manajer komunikasi perusahaan Denise Bertrand.

“Eugene tidak pernah bekerja untuk pemerintah Rusia,” Kapersky Lab berpendapat. “Dia tumbuh di era Uni Soviet ketika hampir setiap kesempatan pendidikan disponsori oleh pemerintah dalam beberapa hal.”

Universitas Kaspersky belajar di “disponsori oleh empat institusi negara, salah satunya adalah KGB,” kata Kaspersky Lab. Dia ditempatkan di institut ilmiah Kementerian Pertahanan Rusia sebagai insinyur perangkat lunak setelah lulus, karena “ini adalah rutinitas bagi fakultas universitas untuk menentukan posisi pascasarjana siswa.”

Mengaduk sarang Tawon

Kaspersky melakukannya sendiri tanpa bantuan dengan pengejaran para hacker dan pembuat malware yang terkait dengan AS

Ini telah menemukan malware atau spyware canggih yang terhubung dengan sumber intelijen AS, termasuk Stuxnet, Flame, Shamoon, dan The Equation Group.

Kaspersky tampaknya tidak terlihat sama kerasnya dengan malware yang disponsori negara yang dikeluarkan oleh Rusia, sebuah surga yang diakui sebagai penjahat dunia maya.

Mungkin karena itu, dan juga karena adanya kontroversi seputar campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS, Kaspersky sekarang berada di bawah mikroskop.

FBI sedang melihat hubungan Kaspersky dengan pemerintah Rusia, seperti juga Senat.

Secara terpisah, NSA dan GCHQ Inggris dilaporkan telah mencoba untuk melakukan hack ke Kaspersky selama bertahun-tahun.

Apakah Kaspersky Bertarget Tidak Adil?

NSA bisa berada di balik pengawasan terbaru Lab Kaspersky dan CEO-nya.

“Selalu berbahaya untuk membuat marah agen tiga surat,” kata Rob Enderle, analis utama di Enderle Group .

“Melakukannya saat beroperasi di luar Rusia akan menjadi lebih bermasalah,” katanya.

Namun, kemungkinan Kaspersky menjaga dinding antara pekerjaannya dengan FSB dan pemerintah Rusia, dan pekerjaannya dengan klien lain benar-benar nol, “kata Michael Jude, seorang manajer program di Stratecast / Frost & Sullivan .

Seperti Novel John LeCarre

Situasinya “seperti novel John LeCarre yang mulai terwujud,” kata Laura DiDio, analis utama di ITIC .

“Anda tidak akan bisa membuktikan dengan pasti apakah Kaspersky memiliki hubungan dengan pemerintah Rusia atau tidak, dia mengatakan kepada TechNewsWorld.

“Dia telah melakukan semua yang bisa dia lakukan – menawarkan untuk memberi kode sumber dari pemerintah AS,” katanya.

“Masalahnya bukan apakah Rusia membangun sebuah pintu belakang ke dalam kode Kaspersky, tapi Rusia mungkin memiliki salinan kode sumbernya,” Jude mengatakan kepada TechNewsWorld.

“Terlepas dari siapa Kaspersky mengubah kodenya, reputasinya ditembak,” kata Jude. “Jika itu Rusia, pasar AS sudah mati, jika itu adalah AS, maka hampir setiap pasar non-AS sudah mati.”