Pulau Koh Chang tetap relatif tidak dikenal oleh wisatawan dan masih tertutup hutan tak tersentuh dikelilingi oleh pantai berpasir dan diabaikan oleh pegunungan.

Thailand pernah masuk ke tempat untuk backpacker hedonistik dan wisatawan anggaran namun baru-baru ini negara tersebut telah melihat kenaikan yang melonjak yang menarik bagi semua jenis wisatawan terutama mereka yang ingin menjelajahi pulau-pulau selatan Thailand.

Phuket; Sangat dicintai oleh ekspatriat, adalah tempat untuk liburan keluarga dan pernikahan. Pulau Koh Phi-Phi pertama kali kembali ke dunia pada tahun 2000, dengan film yang dibintangi Leonardo Di Caprio di “The Beach”. Koh Phangan terkenal dengan Partai Bulan Purnama, dan Koh Tao adalah sebuah pulau kecil yang penuh dengan selam pertama, toko dan peminat scuba diving.

Pulau Koh Chang yang kurang terkenal memiliki kepolosan tertentu tentang tempat itu dengan 70 persen pulau yang tertutup hutan yang tak tersentuh. Tambahkan juga ke pantai dan pegunungan, dan Koh Chang memiliki hak membual sebagai salah satu pulau ramah lingkungan paling alami di Thailand.

Meskipun demikian, Koh Chang tidak sekuat suara dan mungkin ada sesuatu untuk setiap jenis traveler. Berikut adalah panduannya:

Liburan Koh Chang

Pantai Pasir Putih adalah pantai yang paling maju dan kawasan Koh Chang, dan pemberhentian pertama Anda akan datang jika tiba di taksi bersama (disebut songthaews). Mengharapkan getaran liburan di sini, dengan banyak keluarga, pasangan dan beberapa backpacker. Anda dapat memilih dari banyak hostel dan resor di tepi pantai dan di sepanjang jalan utama, Anda akan menemukan bank, supermarket, dan restoran. Pantai terbagi menjadi bagian utara dan selatan dengan banyak ruang untuk tempat berjemur matahari, payung dan kursi santai.

Partai Koh Chang

Lonely Beach adalah tempat untuk pelancong tunggal atau partygoers di Koh Chang dengan anggaran terbatas. Daerah tersebut telah disamakan dengan Jalan Khao San di Bangkok, meski jauh lebih ramai dan komersial. Anda akan menemukan banyak penjual makanan, studio tato, toko pakaian, restoran, bar dan beberapa klub malam di sini.

Pantai itu sendiri sebenarnya terletak sebelum kawasan Lonely Beach yang ramai sekitar hanya 15 menit berjalan kaki (atau dua menit di atas skuter). Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa pulau ini memiliki banyak orang seperti pulau Thailand lainnya, tidak. Para pihak dalam perbandingan kecil, dan banyak orang akhirnya berkeliaran di sekitar area yang mendahului Himmel Bar.

Authentic Koh Chang

Bang Bao dulunya merupakan desa nelayan kecil yang tenang, meski sekarang populer dengan wisatawan, tetap mempertahankan pengaturan dan penampilan aslinya. Desa nelayan dibangun dengan cara tradisional bersama dengan dermaga yang saling berhubungan, hampir seperti koloni bajak laut yang hilang. Membanjiri jalan Anda di sekitar jaringan kayu Bang Bao Anda akan menemukan guesthouses, pasar, bar dan restoran. Ada banyak restoran tapi kami merekomendasikan untuk memeriksa Barracuda Restaurant untuk pengalaman bersantap yang benar-benar unik dan nyaman.
Pribadi Koh Chang

Pantai Klong Kloi terasa agak jauh dari pulau lain dan begitulah yang kita suka. Hanya untuk memastikan, kami merekomendasikan anggaran yang menginap sambil melihat-lihat sungai berpemandangan hutan di Tree House Cottages. Klong Kloi ternyata masih sedikit mentah, dengan pantai kecil dengan jalur berpasir dimana-mana. Di sini Anda bisa bersantai di tepi pantai, duduk di tempat tidur gantung dan membaca dan benar-benar melangkah mundur dari kenyataan. Saat Anda tiba di sini melalui jalan yang berangin, Anda mungkin akan melewati keluarga monyet liar yang mungkin tertarik atau tidak tertarik pada Anda. Meskipun menyimpan barang-barang Anda aman, itu memang mewakili pendekatan santai yang diambil bagian pulau ini.
Pasangan Koh Chang

Kai Bae sangat ideal untuk pasangan yang menginginkan sedikit variasi. Meski tidak semarak Lonely Beach, ternyata juga tidak membosankan. Ada bar kecil semarak yang menarik bagi sebagian besar, dan pilihan masakan murah hati dengan pilihan Asia dan Eropa.

Pantai Kai Bae memiliki hamparan sempit tapi sempit sepanjang 1 km yang menarik pembaca buku dan berjemur. Dengan berjalan di jalur jalan utama Kai Bae, Anda dapat berjalan-jalan 30 menit melalui hutan menuju Air Terjun Kae Bae melewati kamp gajah untuk sedikit kunjungan tambahan.

Kepulauan Alternatif

Koh Mak sangat populer untuk pasangan dan keluarga dan pulau ini berjarak hanya 30km dari Koh Chang. Dibutuhkan 3 jam melalui perahu kayu atau 1 jam via speedboat. Pulau ini cukup rata, jadi sangat ideal untuk berkeliaran lewat skuter. Banyak orang datang ke sini untuk bersantai, makan dan penjelajahan yang aneh. Anda dapat mengunjungi kuil Buddha, sudut pandang dan pantai tersembunyi. Koh Mak adalah sebuah pulau yang sepi dengan beberapa restoran yang dipenuhi area terang, tapi jangan berharap pesta besar disini.

Koh Kood memiliki populasi terendah di seluruh Thailand yang memberi Anda wawasan tentang bagaimana segala sesuatu bekerja di sini. Tidak ada kehidupan malam, tapi banyak tempat tinggal, dan meski penduduknya sedikit, ada lebih banyak fasilitas daripada yang dibutuhkan. Namun, Koh Kood adalah permata dari tempat yang menawarkan pemandangan pantai, fun scuba diving dan air terjun tersembunyi. Tak jauh dari Koh Chang, seperti Koh Mak di sini Anda akan merasa lebih ideal jika Anda bepergian dengan pasangan atau keluarga.

Cara Menuju Ke Sana

Lewat jalan: Tangkap pelatih dari Jalan Khao San di Bangkok. Perjalanan dimulai jam 8 pagi dan tiba sekitar pukul 15.30, sehingga akan memakan waktu sekitar 7 jam total mencapai Pulau Koh Chang. Biaya: 450 baht termasuk tiket feri. Begitu sampai di pulau ini, 150-200 baht per orang di taksi bersama ke tempat tujuan yang Anda inginkan di Koh Chang.

Jika Anda menggunakan bus mini bersama dari hotel Anda, harganya sedikit lebih mahal, sekitar 950 baht termasuk tiket feri. Waktu biasanya bervariasi mulai pukul 8:00 pagi sampai 10:30 pagi. Perjalanan bus mini biasanya sedikit lebih cepat mengambil sekitar 5-6 jam dari pintu ke pintu.

Terbang ke Bangkok: Penerbangan langsung ke Bangkok dioperasikan oleh Thai Airways. Maskapai lain terbang tapi biasanya melibatkan stop off di antaranya.

Sekali di Bangkok Anda bisa terbang ke Trat dari bandara BKK yang memakan waktu 1 jam dengan tepat. Ini dioperasikan oleh Bangkok Airways, 3 kali per hari; Dua kali di pagi hari dan satu di malam hari. Silakan lihat di bawah untuk kali ini: AM: 8:20 + 11:20 | PM: 17:00

Penerbangan dengan satu cara biasanya menghabiskan biaya sekitar 2.000-4,000baht yang setara dengan kira-kira £ 45-90 GBP.

Setelah mendarat: Untuk sampai ke Koh Chang dari Bandara Trat, Anda harus mengatur bus mini atau transfer pribadi. Termasuk dalam perjalanan ini Anda perlu naik feri. Perjalanan ke dermaga sekitar 30 menit, dan perjalanan feri sekitar 45 menit.

Bus mini bersama adalah yang termurah, meski harganya sedikit mahal untuk harga Thailand, dengan biaya sekitar 500 baht (£ 12).

Transfer pribadi dapat dikenakan biaya sekitar tanda 2.000 baht, sama dengan biaya penerbangan itu sendiri.

Sumber : http://www.thetravelmagazine.net/koh-chang-the-alternative-thai-island-to-visit.html (diterjemahkan dengan Google Translate)