Makanan penyebab jerawat

0
8257

Makanan yang Menyebabkan Jerawat. Jerawat adalah salah satu musuh yang paling dibenci oleh semua orang, terutama wanita. Jerawat tidak termasuk penyakit berbahaya. Namun kehadirannya sangat menyebalkan, meski jerawat tidak berbahaya tapi sebaiknya kita merawat dan menangani dengan baik. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat karena kelenjar minyak yang terlalu aktif. Meski banyak ahli medis yang membantah adanya hubungan antara jerawat dengan makanan yang kita makan, tak ada salahnya menghindari beberapa makanan yang konon bisa memicu jerawat. Berikut beberapa makanan yang bisa menyebabkan jerawat:
1. Gula dan Coklat Cokelat bisa jadi salah satu makanan yang paling memicu jerawat. Arsip Dermatologi menerbitkan sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa makanan tersebut memiliki skala Indeks Glikemik tinggi, biasanya dalam karbohidrat olahan seperti gula dapat menyebabkan munculnya jerawat akibat kenaikan kadar hormon.
2 . Susu Beberapa penelitian menunjukkan asupan susu yang tinggi dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat. Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih dari dua porsi sehari lebih mungkin menderita jerawat parah. Itu karena kenaikan hormon pertumbuhan yang menyebabkan kelenjar sebaceous di kulit menjadi tersumbat.
3. Yodium Yodium bisa jadi salah satu faktor munculnya jerawat, seperti kelenjar minyak kulit yang bisa mengiritasi kulit yang rawan jerawat. Yodium dapat ditemukan pada ikan dan kerang karena air laut mengandung yodium. Selain itu sumber lain berasal dari garam beryodium yang merupakan komponen dari beberapa jenis makanan kalengan.
4. Kafein dan Alkohol Kafein dianggap memicu munculnya jerawat karena bisa mempengaruhi kadar hormon yang dihasilkan tubuh. Beberapa sumber kafein adalah kopi, teh, minuman ringan, dan coklat. Selain itu, alkohol juga menyebabkan peningkatan hormon, terutama testosteron yang dapat menyebabkan jerawat lebih sering.
5. Pemicu Alergi Makanan Masalah kulit sering timbul karena alergi makanan, terutama susu dan telur. Jerawat muncul karena sistem kekebalan tubuh mencoba melawan racun yang dirasakan. Seorang ahli alergi telah mendiagnosis dan mengkonfirmasi hubungan alergi makanan dengan jerawat parah.
6. Buah dan Sayuran yang Secara Karakteristik Asam Beberapa buah dan sayuran yang bersifat asam bisa menyebabkan munculnya jerawat, seperti wortel, mentimun, jeruk, dan selada. Keasaman tubuh bisa menyebabkan munculnya jerawat, karena harus dihindari. Itu adalah beberapa makanan yang bisa memicu timbulnya Jerawat.
Sumber : http://artikel-bahasainggris.blogspot.co.id/2012/04/foods-that-cause-acne.html?m=1