Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Resiko dan Fakta Nutrisi

0
253

Semangka sebagian besar air – sekitar 92 persen – namun buah menyegarkan ini direndam dengan nutrisi. Setiap gigitan juicy memiliki kadar vitamin A, B6 dan C yang signifikan, banyak lycopene, antioksidan dan asam amino. Bahkan ada sejumlah potassium. Plus, kudapan musim panas klasik ini bebas lemak, sangat rendah sodium dan hanya memiliki 40 kalori per cangkir.

“Makanan yang mengandung antioksidan dan asam amino tinggi memungkinkan tubuh Anda berfungsi optimal,” kata Angela Lemond, ahli gizi ahli diet dan ahli gizi terdaftar Plano, Texas yang berbasis di Academy of Nutrition and Dietetics. “Antioksidan membantu mencegah kerusakan, dan kanker. Asam amino adalah blok bangunan dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir semua fungsi vital di tubuh.”

Para ilmuwan telah memperhatikan kadar lycopene semangka yang tinggi – sekitar 15 sampai 20 miligram per porsi 2 gelas, menurut Dewan Promosi Semangka Nasional – beberapa tingkat tertinggi dari semua jenis produk segar. Lycopene adalah fitonutrien, yang merupakan senyawa alami dalam buah dan sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia untuk memicu reaksi yang sehat. Ini juga pigmen merah yang memberi semangka, tomat, grapefruits merah dan jambu warna mereka.

Likopen telah dikaitkan dengan kesehatan jantung, kesehatan tulang dan pencegahan kanker prostat. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, menurut Victoria Jarzabkowski, seorang ahli gizi di Institut Kebugaran Texas di The University of Texas di Austin.

Untuk benar-benar memaksimalkan asupan lycopene Anda, biarkan semangka Anda matang sepenuhnya. Semakin merah semangka Anda, semakin tinggi konsentrasi likopen. Beta-karoten dan kandungan antioksidan fenolik juga meningkat saat semangka matang. “Beta karoten adalah antioksidan yang ditemukan pada buah dan sayuran merah-oranye. Ini membantu dengan kekebalan, kulit, mata dan pencegahan kanker,” kata Lemond.

Sebuah studi 2011 di Journal of Food Composition and Analysis yang menyelidiki lima jenis semangka pada empat tahap pemasakan menemukan bahwa semangka murni dengan daging putih hampir memiliki beta karoten hampir nol. Pada saat warnanya merah, buah telah menjadi sumber fitonutrien yang sangat baik.

Itu tidak berarti bagian merah adalah satu-satunya yang bagus. “Semua bagian semangka itu bagus. Ada banyak nutrisi di seluruh,” kata Jarzabkowski. Ini termasuk daging putih yang terdekat dengan kulit, yang mengandung lebih banyak asam amino citrulline daripada daging, menurut sebuah studi tahun 2005 di Journal of Chromatography.

Citrulline adalah asam amino yang berharga yang mengubah asam amino menjadi arginin. Asam amino ini meningkatkan aliran darah, yang menyebabkan kesehatan kardiovaskular, sirkulasi yang lebih baik, dan menurut penelitian di Texas A & M University, perbaikan disfungsi ereksi (Anda mungkin harus makan banyak buah untuk mendapatkan efek mirip Viagra) .

Studi terbaru menemukan bahwa biji semangka juga sangat bergizi, terutama jika tumbuh dan dikupas. Mereka kaya protein, magnesium, vitamin B dan lemak baik, menurut sebuah analisis oleh International Journal of Nutrition and Food Sciences.

Berikut adalah fakta gizi untuk semangka, menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S., yang mengatur pelabelan makanan melalui National Labeling and Education Act:

Fakta nutrisi

Ukuran porsi: 2 cangkir potong dadu (10 oz / 280 g)
Kalori: 80 (Kalori dari Lemak 0)

Jumlah per porsi (dan% DV *)
* Persen Nilai Harian (% DV) didasarkan pada diet 2.000 kalori.

Total Lemak: 0g (0%)

Total Karbohidrat: 21g (7%)
Serat makanan: 1 g (4%)
Gula: 20g

Kolesterol: 0mg (0%)
Sodium: 0mg (0%)
Kalium: 270mg (8%)
Protein: 1g

Vitamin A: (30%)
Vitamin C: (25%)
Kalsium: (2%)
Besi: (4%)

Keuntungan sehat

Kesehatan jantung

Lycopene tingkat tinggi semangka sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurut sebuah studi di Universitas Purdue. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa obesitas.

Semangka mungkin sangat penting bagi wanita yang lebih tua. Sebuah studi yang diterbitkan di Menopause menemukan bahwa wanita pascamenopause, kelompok yang diketahui mengalami peningkatan kekakuan aorta, yang mengkonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu mengalami penurunan tekanan darah dan kekakuan arteri dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi ekstrak semangka. Penulis penelitian ini menghubungkan manfaat citrulline dan arginine.

Arginine dapat membantu memperbaiki aliran darah dan dapat membantu mengurangi akumulasi lemak berlebih.

Sifat anti-inflamasi

“Likopen dalam semangka membuatnya menjadi buah anti-inflamasi,” kata Jarzabkowski. Lycopene adalah penghambat berbagai proses inflamasi dan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralkan radikal bebas. Selain itu, semangka mengandung kolin, yang membantu menjaga peradangan kronis turun, menurut sebuah artikel tahun 2006 yang diterbitkan di jurnal medis Shock.

Mengurangi peradangan tidak hanya baik untuk orang yang menderita radang sendi. “Bila Anda sakit, Anda mengalami kerusakan sel, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk stres, merokok, polusi, penyakit, dan tubuh Anda menjadi meradang,” kata Jarzabkowski. “Ini disebut ‘peradangan sistemik.'” Dengan cara ini, makanan anti-inflamasi dapat membantu kekebalan keseluruhan dan kesehatan umum.

Hidrasi

“Semangka membantu hidrasi keseluruhan, dan itu adalah hal yang hebat,” kata Lemond. “Mereka mengatakan bahwa kita bisa mendapatkan 20-30 persen kebutuhan cairan kita melalui makanan kita sendiri, dan makanan seperti ini tentu membantu.” Selain itu, jus mereka penuh dengan elektrolit yang baik. Ini bahkan bisa membantu mencegah sengatan panas.

Pencernaan

Semangka mengandung serat, yang mendorong saluran pencernaan yang sehat dan membantu Anda tetap teratur.

Manfaat kulit dan rambut

Vitamin A adalah bintang untuk kulit Anda, dan hanya secangkir semangka mengandung hampir seperempat dari asupan harian yang Anda anjurkan. Vitamin A membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab, dan ini juga mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat, menurut Klinik Cleveland. Vitamin C juga bermanfaat dalam hal ini, karena mempromosikan kolagen sehat.

sumber : www.livescience.com