Masjid Paling Menakjubkan di Seluruh Dunia

0
269

Oleh Alexandra E. Petri
Kira-kira seperempat dari penduduk dunia adalah umat Muslim. Dengan fasad berpakaian mosaik, marmer bercahaya, puncak kubah, dan menara spiral, masjid mereka sangat menakjubkan bila dilihat dari luar. Lihatlah lebih dalam ke interior indah, menonjolkan karpet megah Persia atau lembah chandelier.

Juga dikenal sebagai masjid dalam bahasa Arab, masjid adalah tempat sholat dan ibadah bagi agama Islam, tapi juga berfungsi lebih banyak lagi. Seringkali mereka melayani sebagai pusat komunitas dengan kelas atau tempat sosial menyelenggarakan acara dan liburan, seperti Ramadhan.

Berbicara secara historis, masjid tidak selalu seperti kita lihat beberapa dekade lalu, sekarang masjid sudah seperti Masjid Sheikh Zayed yang terkenal di Abu Dhabi. Sebenarnya, masjid pertama adalah rumah Nabi Muhammad di Madinah, Arab Saudi. Muhammad akan berdiri di depan tembok pekarangannya yang menghadap Mekah dan akan berkhotbah kepada para pengikut yang berkumpul untuk mendengarkannya.

Sejak saat itu, penyebaran Islam dari Timur Tengah telah mendorong berkembangnya masjid di seluruh dunia. Reflektif dari tempat dan kapan mereka dibangun, masjid menampilkan gaya atau desain yang berbeda, namun para pelancong harus mencari beberapa karakteristik utama: aula doa dengan area berwudhu, di mana jamaah dapat membersihkan diri mereka sebelum berdoa; Mihrab, atau setengah lingkaran di dinding masjid yang menunjukkan arah Mekah; Menara, atau menara dari mana panggilan untuk sholat diumumkan lima kali per hari; Dan kubah yang berada di atas struktur yang luar biasa.

Dari Timbuktu ke Washington D.C., keajaiban suci ini memberikan komentar sejarah, budaya, dan agama yang luar biasa, yang menggambarkan identitas kota di dalam dunia Muslim dan sebagai tujuan tersendiri. Membaca dengan teliti melalui foto-foto ini dari seluruh dunia, dan bila mungkin, pastikan untuk berhenti di dalam masjid di perjalanan Anda berikutnya.

MosqueNews