Menjelajahi Kerajaan Bhutan

0
3061

Bhutan adalah negara yang penuh dengan Buddhisme Mahayana, mitos dan legenda, dengan pemandangan megah dan pegunungan yang megah. Bhutan adalah sebuah kerajaan kecil yang terjepit di antara dua negara besar, India dan China, di bawah bayang-bayang pegunungan Himalaya. Ini adalah sebuah negara yang penuh dengan Buddhisme Mahayana, mitos dan legenda di bawah pemerintahan kedaulatan Dinasti Wangchuck. Pemandangan yang indah adalah gambar yang sempurna dengan pegunungan megah yang menyapu lembah subur yang diukir oleh sungai yang mengalir.

Penduduk setempat masih mengenakan kostum nasional karena pakaian sehari-hari mereka dengan bangga dan sukses diukur melalui indeks Kebahagiaan Nasional Bruto karena di sini kesejahteraan rakyat sangat penting. Bhutan tidak pernah besar dalam pariwisata dan lambat maju. Internet hanya sampai di sini pada tahun 1999 dan infrastrukturnya masih dalam proses.

 

Thimphu – ibu kota Bhutan

Thimphu ibu kota tidak memiliki gedung pencakar langit atau lalu lintas untuk menghancurkan pemandangan kota. Bundaran mini adalah sebuah paviliun dengan patung dewi sementara polisi secara fisik melakukan lalu lintas, bukan lampu lalu lintas. Ada beberapa petunjuk modernitas yang merayap perlahan dengan bangunan baru tapi ini dikontrol ketat oleh pemerintah yang bersikeras agar mereka masuk dalam tradisi Bhutan.

Di sebuah bukit yang menghadap ke kota, patung Buddha Dordenma kolosal 51,5m tinggi yang dilemparkan ke dalam perunggu dan disepuh emas sama seperti suar spiritual bagi masyarakat. Dzong (sejenis benteng), yang ditemukan di mana-mana di negara ini, dibangun pada zaman kuno sebagai benteng dan biara. Saat ini mereka digunakan sebagai vihara dan juga kantor administrasi pemerintahan.

 

Distrik Punakha – jantung Bhutan

Bepergian ke Punakha, ibu kota tua, jantung Bhutan, sedang mengguncang jalan yang belum selesai dipahat dari lereng gunung. Pemandangannya adalah keindahan alam yang terangkat dari rahang yang terbentang di setiap belokan jalan. Bendera doa dipasang dimana-mana untuk mengirim sholat ke alam semesta. Punakha Dzong, juga dikenal sebagai Istana Kebahagiaan Agung, dibangun pada tahun 1637 oleh Zhabdrung Ngawang Namgyal. Dia adalah seorang Tibet Lama, yang mempersatukan Bhutan sebagai negara-bangsa dan menanamkan identitas budaya yang unik. Benteng yang kuat ini memiliki lukisan dinding alga yang indah, karya seni dan ukiran yang rumit, dan rumah-rumah peninggalan paling suci yang dikenal sebagai Ranjung Karsapani dan tempat peristirahatan Zhubdrung yang terbalsem.

Kuil paling esoteris di Distrik Punakha adalah kuil kesuburan Chimi Lhakhang dimana simbol lingga disembah terutama oleh wanita untuk melahirkan anak. Kami berjalan melewati desa di tengah sawah dimana setiap rumah memiliki gambar lingga yang dilukis di dinding untuk keberuntungan. Toko suvenir menjual talisman penis untuk kesuburan banyak hiburan wisatawan.

 

Lembah Phobijkha – penerbangan dari crane

Lembah Phobjikha adalah pemandangan yang memukau dimana lembah-lembah luas diapit oleh pegunungan tinggi. Ini adalah lahan basah yang luas yang menyambut migrasi musim dingin tahunan dari Crane Black-Necked langka dan terancam punah dimana ratusan orang berkumpul dari Dataran Tinggi Tibet pada akhir Oktober sampai pertengahan Februari untuk bertengger musim dingin mereka.

Keajaiban alam ini dirayakan dengan Black-Necked Crane Festival pada bulan November setiap tahunnya dengan tarian bertema crane, lagu rakyat dan pertunjukan drama di Biara Gangtey. Biara kuno itu berada di puncak sebuah pemandangan yang menghadap ke lembah yang menakjubkan dan menjadi tempat bagi sebuah sekolah Buddhis dan ikonografi religius yang menonjol. Dikatakan bahwa crane mengelilingi tiga kali dalam penerbangan mereka melintasi vihara pada setiap kedatangan sebelum mendarat di lahan basah di dekatnya dan melakukan hal yang sama pada penerbangan pulang mereka seolah-olah harus menghormati Biara Gangtey.

 

Terikat untuk Bumthang

Distrik Bumthang di Bhutan Tengah adalah jantung agama bangsa dan rumah bagi beberapa kuil tertua dan Dzong di negara ini. Jakar, sebuah pemukiman kecil yang terbentang di atas lembah yang luas adalah rumah bagi Jambay Lhakhang, salah satu kuil tertua di negara yang dibangun pada abad ke-7 yang didedikasikan untuk Maitreya Buddha.

 

Trek ke Sarang Harimau

Pendakian ke Taktsang Lhakhang, Sarang Harimau, yang dipuja sebagai situs paling suci di negara ini dan tengara ikonik adalah klimaks sebagian besar pengunjung Bhutan. Legenda mengatakan bahwa santa Guru Rinpoche mereka yang paling dihormati, terbang ke pegunungan di belakang seekor harimau sesawi di abad ke 7 pada saat wilayah itu penuh dengan setan untuk menyakiti orang lain.

Dia bermeditasi di gua selama tiga tahun, tiga bulan dan tiga hari untuk menundukkan roh jahat yang tinggal di gua. Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1692 untuk menguduskan tempat suci tersebut dan sejak itu menjadi tempat ziarah bagi orang-orang kudus, biarawan, pemuja, dan objek wisata utama Buddha.

Gunung ini tingginya lebih dari 3.120 m dan candi ini berjarak 900 meter dari tempat parkir. Jalannya bervariasi dalam kecuraman di sepanjang jalan, memeluk langkan gunung yang menghadap ke lembah pinus biru dan rhododendron yang indah. Setelah kafetaria setengah jalan, bentangan tebing curam mencapai titik pandang di mana tangga panjang mengarah ke jembatan besi dengan air terjun dan kemudian langkah-langkah lain yang berliku membawa Anda ke kompleks kuil. Jalannya penuh dengan bendera doa berwarna-warni berkibar tertiup angin. Seperti di semua Dzong dan kuil, sepatu harus dilepas sebelum masuk dan fotografi dilarang keras. Kamera dan telepon harus diserahkan ke pos pemeriksaan keamanan di pintu masuk kuil.

Bhutan adalah, setelah-semua, tentang perjalanan spiritual dan trekking di medan liar dengan mistik Shangri-La.

File fakta

Bhutan hanya dapat dikunjungi dengan pengaturan sebelumnya dengan operator tur dengan paket minimal dari US $ 200 per hari yang mencakup hotel, pemandu, transportasi darat dan makan.

Sumber:   http://www.thetravelmagazine.net/exploring-the-kingdom-of-bhutan.html (Diterjemahkan Oleh Google Translate)