O2 untuk membatalkan biaya roaming Eropa

0
212

LONDON, ENGLAND - MARCH 1st, 2017: O2 business logo, sign, Harrow, London, UK.

Dari tanggal 15 Juni, pelanggan Bayar Bulanan dan Bisnis O2 akan dapat menggunakan rencana Inggris mereka di luar negeri – di 47 negara Eropa – tanpa biaya tambahan.

Langkah tersebut menggemakan penghapusan biaya roaming di tempat yang sama dengan EE, Three dan Vodafone.

Ini bertepatan dengan penghentian masuknya biaya tersebut oleh Uni Eropa pada tanggal 15 Juni.

Pelanggan O2 juga dapat mengambil rencana Inggris mereka ke beberapa negara non-UE.

Ini termasuk Islandia, Swiss dan Monaco.

Saat bepergian di Zona Eropa di luar Inggris, pelanggan O2 dengan rencana yang tepat akan dapat melakukan panggilan dan mengirim teks ke negara lain di zona tanpa biaya tambahan.

Menerima panggilan dan teks – dan menggunakan rencana data – juga disertakan.

Operator seluler menambahkan bahwa pelanggan tidak perlu mengambil tindakan apapun untuk menikmati manfaat dari perubahan tersebut.

Sementara langkah tersebut tentu akan menguntungkan beberapa pelanggan, hal itu tidak berjalan melampaui apa yang harus dilakukan operator berdasarkan peraturan UE yang baru, kata Kester Mann, seorang analis telekomunikasi di CCS Insight.
Bom waktu Brexit?

Mr Mann menambahkan bahwa operator Inggris mungkin merasa sulit untuk memperkenalkan kembali biaya roaming begitu Inggris meninggalkan UE dalam waktu dua tahun.

“Saya pikir itu akan turun sangat, sangat buruk dengan pelanggan – ini akan menjadi pilihan yang sangat berani dan mungkin sangat bodoh,” katanya kepada BBC.

“Akan sangat sulit bagi mereka untuk melakukan itu hanya karena Inggris adalah pasar yang kompetitif dan kami telah bergerak sedemikian jauh untuk berkeliaran.”

Tentu saja, operator seluler telah mengambil “pukulan finansial” karena tidak dapat mengenakan biaya roaming seperti sebelumnya, kata Mann.

Sebaliknya, mereka semakin berusaha untuk menutup pendapatan itu melalui cara lain, tambahnya.

Misalnya, beberapa telah menciptakan paket akhir yang lebih tinggi yang menawarkan jelajah tanpa biaya tambahan di lebih banyak tujuan di luar negeri.

 

Penulis: Resa Oktafian (17113422 – 4KA14)

Sumber Artikel: http://www.bbc.com/news/technology-39856384

Sumber Gambar: https://www.shutterstock.com/image-photo/london-england-march-1st-2017-o2-598986527?src=mNcgZ4_I3e07X-maPEOWfA-1-14