Olahraga Sederhana Membuat Tubuh Anda ‘Lebih Muda’

0
196

Olahraga teratur dapat membantu memperlambat penuaan sel tubuh Anda, sebuah studi baru menemukan.

Dibandingkan dengan orang-orang dalam penelitian yang sama sekali tidak berolahraga, orang-orang yang sangat aktif memiliki “usia biologis” yang berusia sembilan tahun lebih muda, kata penulis studi Larry Tucker, seorang profesor ilmu pengetahuan di Brigham Young University di Utah.

Untuk menuai manfaat latihan ini, Anda perlu menghabiskan 30 sampai 40 menit berlari, lima hari seminggu, menurut penelitian ini.

Dalam studi tersebut, Tucker melihat data pada lebih dari 5.800 orang berusia 20 sampai 84 tahun yang telah mengambil bagian dalam survei kesehatan yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention. Survei yang disebut National Health and Nutrition Examination Survey ini bertujuan untuk mengumpulkan data tentang gaya hidup, kesehatan, aktivitas fisik dan nutrisi masyarakat. [Bagaimana Melompati Rutin Latihan Anda di Tahun 2017]

Selain mengisi kuesioner, orang-orang yang mengikuti survei tersebut memiliki sampel DNA mereka yang dikumpulkan oleh penyidik ​​CDC antara tahun 1999 dan 2002.

Tujuan pengumpulan DNA ini adalah untuk mengukur panjang telomere orang, yang merupakan “topi” molekuler yang ditemukan di ujung kromosom yang melindungi struktur genetik dari kerusakan. Telomeres semakin pendek dari waktu ke waktu, namun tingkat pemendekan ini bervariasi dari orang ke orang. Oleh karena itu, telomere dianggap sebagai penanda “usia biologis” seseorang, yang mengacu pada usia sel orang tersebut dan bukan usia kronologisnya.

Meskipun survei CDC memiliki data tentang tingkat aktivitas fisik dan panjang telomere, hubungan antara keduanya belum dianalisis.

Dalam studi tersebut, Tucker meneliti hubungan ini, dan menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat aktivitas fisik tinggi memiliki telomere yang jauh lebih lama daripada orang-orang yang tidak berolahraga sama sekali dan orang-orang yang berolahraga lebih jarang dan kurang intens.

Secara khusus, pria dalam penelitian yang berolahraga dengan intensitas dan durasi setara dengan 40 menit berlari lima hari dalam seminggu, dan wanita yang berolahraga setara 30 menit berlari lima hari dalam seminggu, memiliki telomer yang panjangnya menyarankan mereka. Sel sembilan tahun lebih muda dari sel-sel orang yang tidak berolahraga sama sekali.

Tucker juga membandingkan panjang telomere orang-orang dalam kelompok yang sangat aktif dengan panjang telomere orang-orang yang juga berolahraga namun pada tingkat yang lebih rendah. Dalam kasus ini, ia menemukan bahwa perbedaan penuaan seluler antara kedua kelompok adalah tujuh tahun.

Temuan ini menunjukkan bahwa “untuk telomer, membawanya ke tingkat aktivitas berikutnya nampaknya penting,” kata Tucker kepada Live Science.

Dengan kata lain, “Jika Anda ingin melihat perbedaan nyata dalam memperlambat penuaan biologis Anda, tampaknya sedikit latihan tidak akan memotongnya,” kata Tucker dalam sebuah pernyataan. “Anda harus berolahraga secara teratur pada tingkat tinggi.”

Tidak jelas mengapa menjadi sangat aktif dikaitkan dengan memiliki telomer yang lebih lama, namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya telah terlibat dalam pemendekan telomeres yang lebih cepat, kata Tucker.

Sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa atlet profesional memiliki tingkat aktivasi enzim yang lebih tinggi yang disebut telomerase, yang menstabilkan telomere, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.