Peluncuran Android Nouget

0
162

 

Android “Nougat” (nama kode Android N selama pengembangan) adalah versi ketujuh dari sistem operasi Android. Pertama kali dirilis sebagai versi uji alfa pada tanggal 9 Maret 2016, diluncurkan secara resmi pada tanggal 22 Agustus 2016, dengan perangkat Nexus menjadi yang pertama menerima pembaruan. LG V20 adalah smartphone baru pertama yang diluncurkan dengan Nougat.

Nougat memperkenalkan perubahan penting pada sistem operasi dan platform pengembangannya, termasuk kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam tampilan layar terpisah, mendukung jawaban bawaan untuk pemberitahuan, dan mode penghematan daya “Doze” yang diperluas. Membatasi fungsionalitas perangkat setelah layar dimatikan untuk jangka waktu tertentu. Selain itu, platform beralih ke lingkungan Java berbasis OpenJDK, dan mendapat dukungan untuk API rendering grafis Vulkan, dan pembaruan sistem “mulus” pada perangkat yang didukung.

Nougat mendapat ulasan positif. Format notifikasi aplikasi baru mendapat pujian khusus, sementara antarmuka multitasking dipandang sebagai perubahan positif, namun pengulas mengalami aplikasi yang tidak kompatibel. Kritikus memiliki pengalaman yang beragam dengan mode hemat daya Doze, namun pemasangan aplikasi yang lebih cepat dan “tweak” ke antarmuka pengguna juga ditinjau secara positif.

Pada bulan Mei 2017, 7,1% perangkat yang mengakses Google Play menjalankan Nougat, dengan 6,6% di Android 7.0 dan 0,5% di Android 7.1.

 

Penulis: Muhammad Rezha (16113092 – 4KA14)

Sumber Artikel: https://en.wikipedia.org/wiki/Android_Nougat

Sumber Gambar: https://www.shutterstock.com/g/asifislam