Tidak ada akhir yang terlihat dalam perang antara Apple dan Samsung. Kemungkinan besar, persaingan antara keduanya akan lebih sehat dari tahun ini, berkat kebangkitan iPhone 8 dan Galaxy Note 8 yang tidak meledak.

Tapi meski tidak ada perusahaan yang tertatih-tatih di ambang batas, Apple paling pasti memenangkan pertarungan saat ini. Penghasilannya untuk musim liburan yang penting berada di atas ekspektasi, dan satu analis telah mematok Apple dalam memperluas jarak di mana hal itu paling penting.
Menurut data dari Pulp Pasar Bulanan Counterpoint, Apple telah secara signifikan meningkatkan keunggulannya atas Samsung di pasar smartphone premium ($ 400 +) sejak diluncurkannya iPhone 7. Selama musim panas, Apple menjual lebih dari 50% dari smartphone premium global. , Dan Samsung hanya menjual di bawah 25%. Pada Desember 2016, angka tersebut masing-masing meningkat menjadi 70% dan 17%. Meskipun smartphone premium merupakan minoritas penjualan smartphone global dengan volume, mereka menyediakan sebagian besar keuntungan. Alasan mengapa Apple menghasilkan banyak uang dari smartphone adalah karena masing-masing iPhone menghasilkan biaya sekitar $ 200 untuk membuat, dan dijual seharga lebih dari $ 600. Margin keuntungan jauh lebih baik untuk smartphone premium daripada hampir semua segmen elektronik lainnya, sehingga Apple akhirnya menghasilkan lebih banyak uang untuk iPhone seharga $ 600 daripada MacBook $ 2.000.
Itulah mengapa sangat penting bahwa Apple memperlebar celah pada Samsung dengan smartphone premium. Selama lima tahun terakhir, Samsung telah menjadi satu-satunya perusahaan smartphone lain yang memberi Apple persaingan nyata di pasar smartphone premium. Produsen Android lainnya telah membuat flagships besar, namun belum terjual dengan baik, dan penjualan smartphone seharga $ 300 belum cukup untuk mendukung HTC, Sony, atau Motorola. Satu-satunya hal yang membedakan Samsung Electronics dari daftar cucian perusahaan smartphone yang gagal adalah perangkat premium. Samsung tidak bisa mendapatkan dengan menjual S6 Mini seharga $ 250 yang dibuka untuk sekelompok remaja. Diperlukan orang membeli Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 bukan iPhone 8, atau keuntungannya akan layu dan mati. Menurut Counterpoint, ini benar-benar sebuah pertempuran untuk bertahan hidup antara Samsung dan Apple. Penjualan smartphone premium masing-masing adalah permainan "zero-sum"; ketika satu perusahaan kehilangan pangsa penjualan smartphone yang menguntungkan, keuntungan lainnya. Samsung berada pada titik terendah setelah kegagalan Catatan 7, dan akan menghadapi 2017 besar untuk menantang Apple secara serius

Apple is destroying Samsung where it really matters