Strike Meteor Kuno Memicu Letusan yang berlangsung sampai satu juta tahun

0
1185

Strike Meteor Kuno Memicu Letusan yang berlangsung sampai satu juta tahun

https://www.shutterstock.com/image-photo/conjunction-comet-c2014-q2-star-cluster-248097727?src=iU-7z98-7zwWQqQ6yvSy-g-4-13

     Dampak meteor raksasa di Bumi hampir 2 miliar tahun yang lalu memicu letusan gunung berapi yang lebih eksplosif dan panjang daripada yang diperkirakan sebelumnya, sebuah penelitian baru menemukan. Temuan ini menyoroti bagaimana pemboman meteor secara dramatis membentuk evolusi awal Bumi, kata periset dalam studi baru tersebut. Serangan meteor telah meninggalkan kawah raksasa di seluruh Bumi. Misalnya, dampak kosmis yang diperkirakan para ilmuwan mengakhiri usia dinosaurus sekitar 66 juta tahun yang lalu meninggalkan kawah yang luasnya lebih dari 110 mil (180 kilometer) di dekat kota Chicxulub (CHEEK-sheh-loob) di Meksiko. [Dalam Foto: Kawah Dampak Amerika Utara]. Kawah raksasa juga terlihat macet di seluruh tata surya. Studi terbaru tentang kawah dampak seperti di bulan, Merkurius, Venus dan Mars menunjukkan bahwa serangan meteor dapat memicu aktivitas vulkanik.

       Namun, selama jutaan tahun, aktivitas geologi telah membasmi sebagian besar kawah dampak purba di Bumi. Ini memiliki penelitian yang terbatas mengenai apakah serangan meteor juga bisa memicu gunung berapi di Bumi, kata penulis senior studi Balz Kamber, ahli geokimia di Trinity College Dublin di Irlandia, dan rekan-rekannya. Untuk melihat dampak yang mungkin timbul dari dampak raksasa di permukaan Bumi, para periset menganalisis salah satu kawah meteor tertua di planet ini, boks Sudbury berusia 1.85 miliar tahun di Kanada. Ini juga merupakan kawah terbesar kedua dan terawat terbaik di Bumi, berukuran sekitar 93 sampai 161 mil (150 sampai 260 km) dengan diameter. Sebuah studi tahun 2015 memperkirakan bahwa kawah tersebut mungkin telah diciptakan oleh komet sekitar 9,3 mil (15 km).

       Dari tahun 2013 sampai 2014, para ilmuwan dalam studi ini mengumpulkan sampel dari lapisan batu setinggi 0,93 mil (1,5 km) yang memenuhi kawah Sudbury. Meskipun kawah itu mudah bagi para peneliti untuk sampai ke sana, “Ada banyak dan banyak lalat hitam di musim semi, dan kemudian nyamuk, dan di musim panas, ada banyak blueberry, dan begitu banyak beruang hitam,” kata Kamber. Para ilmuwan memeriksa 139 sampel dari 15 lokasi di kawah tersebut. Analisis mereka menunjukkan bahwa bahan ini tidak hanya terdiri dari batu yang telah meleleh akibat panasnya benturan, namun juga dibumbui dengan fragmen kecil batuan vulkanik.

       Para peneliti mencatat bahwa batuan vulkanik ini sering memiliki bentuk sudut yang sangat khas menyerupai cakar kepiting. Bentuk-bentuk ini terbentuk ketika gelembung gas melebar di batuan cair yang kemudian meledak secara dahsyat, sebuah ciri letusan dahsyat yang melibatkan air, seperti yang terlihat di bawah gletser di Islandia, para peneliti menjelaskan. Mereka mengatakan batuan vulkanik Sudbury sudut ini kemungkinan muncul saat air laut membanjiri lantai kawah, entah secara bertahap atau tiba-tiba. Selain itu, para ilmuwan menemukan bahwa komposisi fragmen vulkanik-batu ini bervariasi di alam, dengan beberapa berasal dari kerak cair dan lainnya dari “sumber magma yang lebih dalam,” kata Kamber. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik yang menciptakan batuan ini berubah seiring berjalannya waktu dan oleh karena itu berkepanjangan, katanya.        Berapa lama vulkanisme yang dipicu meteor ini telah berlangsung? “Saya pikir 1 juta tahun akan menjadi batas atas,” kata Kamber. “Ratusan ribu tahun merupakan perkiraan yang lebih masuk akal.”Temuan ini menjelaskan bagaimana meteor dapat mempengaruhi evolusi awal Bumi, kata Kamber. “Sekitar 3,8 miliar sampai 4 miliar tahun yang lalu, kita tahu bahwa tata surya bagian dalam mengalami pemboman berat dari benturan,” kata Kamber. Batuan tertua di planet ini bertepatan dengan puncak terakhir pemboman ini, menunjukkan bahwa “batu-batu tua di Bumi entah bagaimana dihancurkan oleh pemboman ini,” katanya. “Pemboman itu sendiri tidak akan melakukan kerusakan yang cukup untuk menyebabkan hilangnya batuan primordial yang menyeluruh di Bumi, namun jika pemboman tersebut juga memicu letusan tambahan, itu bisa saja mengubur batuan primordial dan membajaknya kembali ke dalam mantel.”        Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka sekarang menyelidiki apakah magma dalam yang terdeteksi di kawah berasal dari kerak dalam atau dari lapisan mantel tepat di bawah kerak bumi. Mereka merinci temuan mereka pada 22 April di Journal of Geophysical Research: Planet.

Artikel asli tentang Live Science.

http://www.livescience.com/58983-ancient-meteor-strike-triggered-explosive-eruptions.html