Tugas Softskill. Ulasan Xiaomi Redmi Note 3

0
205

Apa itu Xiaomi Redmi Note 3?

The Redmi Note 3 adalah layar lebar terbaru, telepon murah dari pembuat handset China Xiaomi – perusahaan yang sering disebut sebagai “Apple dari Timur”, berkat posisinya yang dominan di bagian dunia tertentu.

Seri Redmi Note perusahaan secara tradisional telah difokuskan pada tingkat rendah pasar – bahkan lebih dari penawaran berharga lain milik Xiaomi, seperti seri Mi5 unggulan. Namun, ia menawarkan fitur premium seperti bodywork logam, pemindai sidik jari, layar IPS 5,5 inci dan prosesor MediaTek Helio X10 yang sangat cepat – semuanya berukuran sekitar £ 130 untuk model dasarnya.

Xiaomi Redmi Note 3 – Desain

Catatan Redmi Note 2 tentu tidak membungkuk saat membangun kualitas, tapi masih menjadi telepon plastik dan terasa sedikit murah saat dipasang di samping ponsel Xiaomi lainnya, seperti Mi4 yang ramping. Catatan Redmi 3 tidak meninggalkan apapun secara kebetulan dan dilengkapi dengan chassis logam yang kuat yang memberi seluruh handset kesan menyenangkan tentang bobot.

Ini tidak seluruhnya terbuat dari logam, meskipun – bagian atas dan bawahnya terbuat dari plastik, yang menyatu dengan desain yang lain – tapi ini pasti terasa seperti berada di kelas di atas kebanyakan blower anggaran. Konstruksinya juga kokoh, tanpa gerakan mencolok saat digenggam kencang
Kuala Lumpur, Malaysia - April 7, 2016: Xiaomi Redmi Note 3 smartphone developed by Xiaomi Inc. Xiaomi is privately owned Chinese electronic company, the world's 5th largest smartphone maker in 2015
Tepi yang membulat membuat Catatan Redmi 3 nyaman dipegang, dan ini ditekankan oleh fakta bahwa Xiaomi telah dengan jelas memasukkan banyak pemikiran ke dalam ergonomi dan apa yang harus dilakukan di mana.

Kontrol daya dan volume berada di sisi kanan, jatuh tepat di bawah jempol Anda. Namun, bintang sungguhan di sini adalah pemindai sidik jari, yang berada di bagian belakang perangkat, tepat di bawah kamera 13 megapiksel. Ini adalah lokasi yang sama dengan yang dipilih LG untuk pemindai di Nexus 5X dan LG G5, dan hampir tidak mudah dijangkau.

Sebenarnya, saat Anda merogoh telepon dari atas meja atau mengangkatnya dari saku Anda, jari telunjuk Anda secara alami akan menempel di pemindai, memungkinkan Anda membangunkan telepon dan membukanya dalam satu gerakan. Kelemahan dari memiliki pemindai di bagian belakang telepon adalah Anda tidak dapat mengaksesnya saat gagang telepon berada di atas meja, menghadap ke atas.

Di sepanjang tepi atas Catatan Redmi 3 Anda akan menemukan soket headphone 3.5mm dan blaster IR, sesuatu yang cukup umum pada ponsel yang ditujukan untuk pasar China. Meskipun mungkin terlihat seperti tambahan yang tak terbatas, karena dapat mengubah saluran TV atau menyesuaikan volume pada stereo Anda dengan menggunakan telepon Anda tidak pernah menjadi tua dan saya secara pribadi ingin melihatnya tampil di handset yang lebih banyak.

Di tepi bawah handset Anda akan menemukan port pengisian daya dan data micro-USB yang berada di samping mikrofon dalam panggilan. Sementara Xiaomi telah memeluk USB Type-C dengan Mi4C dan Mi5-nya, Redmi Note 3 menempel dengan standar koneksi yang lebih lama – seperti Samsung pada Galaxy S7-nya.

Sayangnya, tidak ada NFC termasuk di sini, meskipun Xiaomi baru saja mengubah sikapnya yang sebelumnya meremehkan teknologi dengan menggabungkannya dengan Mi5. Akibatnya, Anda tidak akan dapat menggunakan telepon untuk melakukan pembayaran tanpa kontak menggunakan Android Pay, yang baru saja diluncurkan di Inggris.

Xiaomi Redmi Note 3 – Tampilan

Rentang Catatan Redmi – seperti namanya – senjata tradisional untuk sektor “lempeng” di pasar, dan penawaran ketiga ini tidak terkecuali. Ini menggunakan layar IPS 5.5 inci yang besar dengan resolusi 1.920 x 1.080 – hampir tidak menghancurkan bumi, namun masih bisa diterima di telepon yang harganya sedikit. Kepadatan piksel 403ppi juga layak, dan tidak mungkin memilih piksel individual kecuali Anda menekan hidung ke kaca.

Kuala Lumpur, Malaysia - April 20, 2016: Xiaomi smartphone with MIUI user interface and firmware. MIUI is developed by Xiaomi Tech,a stock firmware for smartphones and tablet based on Google Android
Replikasi warna dan kontras sebenarnya bisa sedikit lebih baik menurut pendapat saya – kecuali layar pada tingkat kecerahan yang cukup tinggi, benda-benda cenderung tampak sedikit dicuci – dan terkadang sulit dilihat pada sinar matahari yang benar-benar cerah.

Layarnya juga tidak dilapisi Corning Gorilla Glass, namun Xiaomi menegaskan bahwa ia telah menggunakan kaca yang menawarkan tingkat perlindungan yang sama – dan bahkan mengemudikan mobil di atas Catatan Redmi 3 untuk membuktikannya.

Xiaomi Redmi Note 3 – Kinerja, Speaker & Kualitas Panggilan

Catatan Redmi 3 tersedia dalam dua rasa – versi MediaTek Helio X10 dan versi Qualcomm Snapdragon 650 yang lebih baru. Versi yang saya miliki untuk review adalah yang pertama. Anda juga memiliki pilihan penyimpanan yang berbeda, dengan pengiriman edisi 16GB dengan RAM 2GB, sedangkan versi 32GB roomier memiliki RAM 3GB.

MIUI adalah UI yang sangat cepat, namun demikian, prosesor MediaTek berhasil mengatasi beban berat. Bahkan dengan beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan, saya tidak mengalami gangguan atau tersentak – meskipun ada kalanya pesan “Hanya sebentar” akan muncul, yang menyarankan agar handset memuat ulang menu Beranda setelah beberapa pekerjaan intensif.

Seperti banyak perangkat Xiaomi lainnya, Redmi Note 3 hadir dengan berbagai mode yang dimaksudkan untuk menghemat masa pakai baterai, dan beralih ke mode “Performance” yang lebih menuntut secara alami memberikan hasil yang lebih mengesankan dengan mengorbankan stamina.
Kuala Lumpur, Malaysia - April 13, 2016: Xiaomi Redmi Note 3 smartphone developed by Xiaomi Inc. Xiaomi is privately owned Chinese electronic company, the world's 5th largest smartphone maker in 2015
Menurut benchmark Geekbench 3 – yang saya jalankan dalam mode “Performance” – rating multi-core Redmi Note 3 adalah 4.658, mengalahkan Samsung Galaxy S6, yang menghasilkan skor 4,108. Dalam uji coba single-core Geekbench, ponsel ini lebih sesuai dengan Nexus asli 5. Resolusi layar yang relatif rendah tentu membantu, namun handset Xiaomi jelas tidak membungkuk dalam hal performa keseluruhan.

Speaker Redmi Note 3 terletak di bagian belakang telepon dan cukup keras dan mudah didengar, bahkan di lingkungan yang penuh sesak. Ada kekurangan bass biasa yang diasosiasikan dengan speaker telepon mono, dan suaranya cukup nyaring dan tidak menyenangkan. Ada potongan kecil plastik di sebelah speaker, yang – bila telepon menghadap ke atas pada permukaan yang rata – memastikan speaker tidak teredam atau tertutup.

Kualitas panggilan lumayan, dengan audio terdengar sejernih kristal. Mikrofon penghapus suara terletak di tepi atas – di samping soket headphone 3.5mm – dan menjaga agar audio latar tetap minimum, sementara penempatan mic telepon di tepi kiri bawah berarti tidak mungkin dikaburkan oleh Anda. Tangan di tengah panggilan

The Redmi Note 3 mendukung jaringan 4G, namun hanya band 3 dan 7 di Inggris. Itu berarti jika O2 adalah penyedia jaringan Anda – atau Anda menggunakan perusahaan yang menggunakan tiang O2, seperti Giffgaff – maka Anda akan terbatas pada 3G. Seperti sejumlah handset China, perangkat ini menawarkan dukungan dual-SIM, walaupun perlu dicatat bahwa ia menggunakan micro-SIM; Bukan format nano-SIM yang lebih baru.

Xiaomi Redmi Catatan 3 – Perangkat lunak

Ponsel Xiaomi semuanya berbasis OS Google Android, namun mereka menggunakan kulit kustom yang mungkin merupakan salah satu contoh paling drastis di sektor Android. MIUI memamerkan banyak kesamaan visual dengan iOS Apple, dan bahkan berjalan sejauh menghapus keseluruhan laci aplikasi Android merek dagang, namun menempatkan semua aplikasi yang tersedia di layar awal Anda. MIUI versi 7 dimuat di Redmi Note 3 dan berbasis Android Lollipop.

Namun, Xiaomi telah berusaha lebih keras daripada kebanyakan pembuat perangkat keras, memastikan MIUI menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dengan stok Android.

Misalnya, Anda dapat mengaktifkan fitur di OS yang memberi Anda wallpaper lockscreen yang berbeda setiap hari. Ini juga memungkinkan untuk mendownload dan menginstal berbagai tema agar sistem menu ponsel Anda terlihat sama sekali berbeda – ponsel Android lain memiliki fitur ini, namun tidak sampai tingkat yang menakjubkan terlihat di sini; Ada ribuan tema untuk dipilih, beberapa di antaranya termasuk lockscreens animasi.

Ada banyak perbaikan kecil dan perangkat tambahan lainnya, yang membuat Redmi Note 3 terasa sangat berbeda dari perangkat Android biasa Anda.
Kuala Lumpur, Malaysia - April 20, 2016: Xiaomi smartphone with MIUI user interface and firmware. MIUI is developed by Xiaomi Tech,a stock firmware for smartphones and tablet based on Google Android
Karena tidak dimaksudkan untuk dijual di luar China, Catatan Redmi 3 tidak disertakan dengan aplikasi Google apa pun sebagai standar – untuk pertama kalinya tidak meminta Anda memasukkan detail akun Google Anda, namun meminta “Akun Mi” Anda – sistem login Xiaomi sendiri.

Ini didukung oleh serangkaian fitur termasuk toko aplikasi yang sudah matang (dalam bahasa China), alat cadangan dan bahkan alokasi penyimpanan awan. Banyak reseller akan menginstal aplikasi Google di perangkat Xiaomi, namun ROM “custom” ini sering kali disertai dengan bloatware yang mengganggu.

Sementara MIUI yang “stabil” dari unit peninjau kami memiliki dukungan bahasa Inggris penuh, Xiaomi menawarkan ROM “global” untuk perangkatnya yang menampilkan aplikasi Google dan lebih banyak pilihan bahasa – namun memperbarui telepon Anda lebih rumit daripada yang dibutuhkan. Jadilah, dengan permintaan buka bootloader yang dibutuhkan sebelum Anda dapat flash software baru.

MIUI adalah salah satu skin Android yang paling dikenali dan menarik di luar sana, namun Anda harus sadar bahwa itu adalah ladang ranjau jika Anda menggunakan telepon di luar China. Anda mungkin harus berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan kepuasan Anda, namun karena ribuan penggemar Xiaomi di luar China akan memberi tahu Anda, ini lebih berharga daripada cangkok kerasnya.

Xiaomi Redmi Note 3 – Kamera


Dengan kakap 13-megapiksel, Redmi Note 3 sangat banyak di mid-range ketika menyangkut kehebatan fotografi. Menawarkan aperture f / 2.2, autofocus fase-deteksi dan lampu kilat dual-LED, menghasilkan tembakan yang dapat diterima namun tidak memiliki faktor “wow” yang Anda kaitkan dengan ponsel Android terbaru.
Action camera in waterproof cover
Rinciannya renyah, dengan warna yang bagus
Penangkapan gambar dengan cahaya yang bagus sangat cepat, tapi di lingkungan yang lebih gelap ada jeda sejenak sebelum foto diperoleh. Menghidupkan HDR juga memicu waktu pengambilan yang lebih lama lagi, namun mode ini diperlukan dalam situasi tertentu di mana Anda memiliki kontras pencahayaan tinggi; Seperti begitu banyak ponsel kamera, Redini Note 3 berjuang dengan segera memukul titik pemaparan yang tepat.
Shenzhen, China - January 18, 2016: Interior of the HQ Mart one of the biggest mall selling electronic devices in Shenzhen.
Tembakan cahaya rendah ok, tapi ada banyak slow-down di aplikasi
Pengambilan video dibatasi hingga 1080p pada 30fps, yang cukup banyak standar pada perangkat anggaran, namun kualitas video sedikit mengecewakan. Bagi pecandu jagoan, ada kakap 5 megapiksel yang menghadap ke depan yang cukup baik untuk menebak usia subjek, menyebabkan banyak saat malu – dan terutama contoh dorongan ego yang meningkat.

Seperti banyak antarmuka MIUI, Xiaomi telah membuat aplikasi kamera khusus untuk perangkatnya. Ini menawarkan mode manual untuk Anda yang suka menjadi sedikit lebih banyak hands-on dengan pencitraan Anda, serta mode panorama, kecantikan dan timer yang biasa.
Xiaomi Redmi Note 3 – Battery Life

Dengan baterai 4,000 mAh yang tebal, Redmi Note 3 lebih dari mampu membuatnya melalui penggunaan moderat. Tes baterai kami – yang melibatkan streaming video HD dari Netflix selama satu jam dengan kecerahan layar secara penuh dan volume menyala – menghabiskan baterai Redmi Note 3 sekitar 9%. Sayangnya, pengisian cepat tidak disertakan, namun ukuran baterai berarti Anda tidak perlu melengkapinya sepanjang hari.
Kuala Lumpur, Malaysia - April 7, 2016: Xiaomi Redmi Note 3 smartphone developed by Xiaomi Inc. Xiaomi is privately owned Chinese electronic company, the world's 5th largest smartphone maker in 2015
Catatan Redmi 3 hadir dalam pilihan penyimpanan 16 dan 32GB, namun tidak ada cara untuk menambah jumlah itu karena tidak memiliki slot kartu microSD. Mengingat bahwa model kapasitas yang lebih besar memiliki RAM 3GB, bukan 2GB, disarankan untuk memilihnya jika Anda mampu membelinya.
Haruskah saya membeli Xiaomi Redmi Note 3?

Meskipun tidak begitu mengesankan seperti stablemate-nya, Xiaomi Mi5, Catatan Redmi 3 tetap mengalahkan hampir semua telepon lain dalam kisaran harga.

Tidak adanya NFC dan layar dan kamera yang sedikit lemah adalah kekecewaan, namun hampir tidak dapat dianggap sebagai deal-breaker saat Anda memperhitungkan titik harga anggaran.

Bodywork  logam telepon dan prosesor yang mahir meminjamkan perangkat ini ke nuansa premium yang lebih dari sekadar kekurangan, dan sementara antarmuka pengguna MIUI khusus milik Xiaomi memiliki kelebihan, juga dilengkapi dengan fitur unik yang membedakannya dari perangkat Android lainnya, sambil tetap mempertahankannya. Kompatibilitas penuh dengan ekosistem aplikasi Android yang cukup besar.

Putusan
Kualitas build yang bagus, prosesor nippy dan pemindai sidik jari yang cepat membuat anggaran ini menawarkan satu untuk dipertimbangkan

Sumber : http://www.trustedreviews.com/xiaomi-redmi-note-3-review

Nama   : Rama Nauli Noor

NPM   : 17113228

Kelas   : 4KA14