Kabar kemunculan smartphone flagship terbaru besutan Xiaomi Mi 6 sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Tetapi baru beberapa hari terakhir kemunculannya kian menarik antusiasme publik sejak bocoran desain Mi 6 bertebaran di internet.

Situs Gizmochina mengungkap sketsa Mi 6 pada Sabtu, 11 Maret lalu. Sketsa tersebut mengungkap banyak hal misalnya Xiaomi akan menempatkan pemindai sidik jari di bagian depan yang juga berfungsi sebagai tombol Home.

Selain itu ada beragam fakta menarik dari Xiaomi Mi 6, apa saja?

Sudah menggunakan bezel super tipis

Keluhan yang sering terlontar dari pengguna Xiaomi hampir pasti terkait bezel yang terlalu mencolok, mengurangi sisi estetika bagian depan smartphone. Tetapi pada (bocoran desain) Mi 6 dapat dipastikan jarak antara layar dengan sisi tepi sangat tipis. Apalagi jika disandingkan dengan warna hitam, membuatnya tampak elegan.

Dilengkapi 2 kamera belakang demi menangkap foto bokeh

Vendor smartphone flagship dua tahun terakhir mulai tertarik mengaplikasikan kamera ganda di sisi belakang. Tujuannya agar pengguna smartphone dapat mengatur fokus lebih leluasa, tentunya demi mendapatkan foto bokeh yang dramatis. Kehadiran kamera ganda dinilai akan menarik penggemar fotografi untuk mendapatkan Mi 6.

Semakin menjanjikan berkat jeroan sensor kamera terbaik dari Sony

Informasi atau lebih tepatnya bocoran dari internal perusahaan mengklaim Xiaomi Mi 6 akan ditopang sensor Sony IMX400 yang merupakan terbaik di kelasnya. Sensor ini memungkinkan pemotretan 960 frame per detik dan bekerja 4 kali lebih cepat dari generasi pendahulunya.

Bodi dari keramik, terlihat mewah sekaligus tahan goresan

Analisis bernama Kevin Wang dalam akun microblogging Weibo miliknya menyebut Xiaomi Mi 6 edisi spesial akan dilapisi bahan keramik. Sebelumnya Xiaomi Mi5 juga telah memakai bahan keramik, tetapi Mi 6 mengalami improvisasi yang membuatnya lebih kuat terhadap goresan.

Nantinya akan ada 3 versi, dari yang ekonomis hingga premium

Varian yang paling murah dihargai sekitar Rp 3.8 juta dan dibekali chipset Helio X30. Kemudian di level medium dirumorkan menggunakan Qualcomm Snapdragon 835, kemungkinan dihargai Rp 4.8 juta. Sementara yang paling mahal juga ditanamkan Snapdragon 835, tetapi memiliki fitur layar lengkung ala Samsung Galaxy S7 Edge. Varian ini akan dihargai Rp 5.8 juta.

Masing-masing varian memiliki basis yang sama, perbedaan hanya terletak di chipset, RAM, kapasitas internal, jenis layar, dan resolusi layar.

Sebenarnya kehadiran Snapdragon 835 di Mi 6 masih mencemaskan

Belum lama ini beredar rumor bahwa Snapdragon 835 tidak akan hadir dalam dua varian Xiaomi Mi 6. Alasannya proses fabrikasi dengan teknologi 10 nm yang lambat membuat jumlah chipset ini tidak sebanyak yang diharapkan. Di saat yang sama Samsung Galaxy S8 sudah lebih dulu mem-booking Snapdragon 835.

Ditambah lagi perilisan Galaxy S8 pun tidak jauh beda dengan Mi 6. Namun Qualcomm tentu condong kepada Samsung mengingat perusahaan ini juga ambil bagian dalam pengembangan Snapdragon 835. Terlepas dari itu, informasi ini hanyalah rumor yang kepastiannya baru jelas jika Xiaomi mau angkat bicara.

Belum dirilis tapi sudah dapat gelar tertinggi AnTuTu benchmark

Seorang pengguna Weibo memposting foto score benchmark AnTuTu dari Mi 6. Ia mengatakan score tersebut didapat temannya yang telah menjajal Mi 6 secara langsung. Raihannya mencapai 210.329 poin, mengalahkan iPhone 7 di level 181.807 poin. Jika memang benar demikian maka Xiaomi sukses menepatkan dirinya sebagai smartphone dengan performa tertinggi di AnTuTu.

Harap bersabar, rilis Xiaomi Mi 6 ditunda

Jika mengacu pada bocoran sebelumnya, Xiaomi Mi 6 akan dirilis pada bulan Maret 2017. Tetapi Xiaomi menjelaskan perilisan smartphone terbarunya tersebut baru akan terjadi pada April mendatang. Namun terjadi penundaan hingga bulan Mei.

Penundaan ini disebut-sebut demi mengakomodasi perilisan Samsung Galaxy S8. Lebih spesifik lagi, Xiaomi mengundur waktu perilisannya supaya mendapat jatah Snapdragon 835. Lantas hal ini sekaligus akan menjawab hadir tidaknya chipset tersebut pada Mi 6.

Sebagian informasi yang terlampir di sini adalah rumor yang berasal dari sumber-sumber non-resmi. Tetapi jika melihat ke belakang, apa yang tampil ketika rilis tak jauh beda dengan bocoran yang beredar sebelumnya.

Sumber : Klik Disini

Nama : Dimas Wahyu Setiaji

Npm  : 12113526

Kelas : 4KA14