Yogurt Bagus untuk Tulang

0
217

Makan yogurt bisa membuat tulang lebih kuat.

Periset melacak 4.310 orang dewasa Irlandia berusia 60 dan lebih tua, mengumpulkan informasi tentang diet dan gaya hidup dengan kuesioner. Mereka mengukur kepadatan tulang dan kerusakan sendi dengan sinar-X dan M.R.I., dan menguji kemampuan fisik peserta. Penelitian ini dilakukan di Osteoporosis International.

Setelah disesuaikan dengan usia, aktivitas fisik, merokok, konsumsi alkohol dan karakteristik kesehatan dan perilaku lainnya, mereka menemukan bahwa dibandingkan dengan mereka yang bukan pemakan yogurt, orang yang mengonsumsi yoghurt setiap hari memiliki peningkatan kepadatan mineral tulang sebesar 3 persen sampai 4 persen.

Mengonsumsi yogurt setiap hari dikaitkan dengan risiko osteoporosis 39 persen lebih rendah pada wanita dan 52 persen lebih rendah risiko pada pria dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt. Pemakan yoghurt juga tampil lebih baik dalam tes kebugaran fisik.

Penulis utama, Eamon J. Laird, seorang peneliti di Trinity College Dublin, mengatakan bahwa penelitian tersebut bersifat observasional sehingga tidak dapat membuktikan sebab dan akibat.

Namun, dia berkata, “Pesan utamanya adalah yogurt adalah sumber nutrisi mikronutrien, vitamin D, B, dan kalsium – dan protein dan probiotik yang baik. Kami pikir itu bisa menjadi kombinasi dari hal-hal yang memiliki efek menguntungkan. ”

Dia mencatat bahwa produk susu lainnya tidak menghasilkan efek yang sama dan memperingatkan bahwa beberapa yogurt mengandung gula tinggi, “jadi kami harus berhati-hati mengenai hal itu.”