Apa yang Harus Dikonsumsi Untuk Terlihat Bercahaya dan Awet Muda

0
1234

1. Diet kulit yang hebat
Mencari rahasia kulit yang sehat dan bercahaya? Lihatlah tidak lebih dari dapur Anda. Ketika datang untuk mendapatkan cahaya yang indah, makanan yang Anda makan sama pentingnya dengan krim atau lotion yang Anda kenakan di wajah Anda, kata Anthony Youn, MD, seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Troy, Michigan. Dan nutrisi tertentu bisa membantu Anda menyelamatkan wajah lebih dari yang lain. “Antioksidan sangat penting dalam menjaga cahaya muda,” katanya. “Mereka melawan kerusakan radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.”

Penabung kulit lainnya termasuk vitamin A, lycopene, dan serat. Untungnya, mereka mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda. Baca terus untuk mengetahui makanan mana yang akan membuat Anda bersinar dari dalam ke luar.

2. Teh Hijau
Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau adalah beberapa antioksidan paling kuat di luar sana, menurut Dr. Youn. Untuk mendapatkan asupan polifenol Anda, cobalah untuk mengganti secangkir kopi pagi Anda untuk teh hijau, yang mengandung 24 sampai 45 miligram kafein per 8 ons (oz) cangkir. Atau tuangkan teh hijau ke atas es untuk mendapatkan alternatif sehat untuk soda atau jus.

3. Madu Manuka
Semua madu menawarkan beberapa manfaat untuk kulit Anda, tapi madu manuka, diproduksi oleh lebah di Selandia Baru yang menyerbuki semak manuka, mungkin yang terbaik. “Antioksidan pada madu manuka sangat baik untuk mengikat radikal bebas dan menguranginya,” kata Mona Gohara, MD, associate professor klinis di Yale School of Medicine di New Haven, Connecticut. “Dan itu penting karena radikal bebas yang berasal dari matahari menghancurkan kolagen dan elastin, yang menjaga kulit tetap halus dan kenyal.” Manuka madu dapat ditemukan di sebagian besar pasar makanan alami. Untuk menuai manfaatnya, aduk ke dalam secangkir teh hijau, atau gerimis ke yogurt biasa.

4. Mentimun
Mentimun adalah 96 persen air – salah satu sayuran tertinggi – yang berarti mereka hebat dalam menjaga agar tidak terhidrasi. “Saya selalu mengambil irisan mentimun dengan saya di pesawat sehingga saya bisa memakannya saat berada di udara yang kering dan tinggi,” kata Josie Maran, pendiri Josie Maran Cosmetics. “Mereka membantu kulit saya mempertahankan kelembaban sehingga tetap sehat dan terhidrasi.” Ketimun mudah dimasukkan ke dalam makanan: Cukup tambahkan beberapa irisan ke salad, sandwich, dan bungkus untuk dorongan yang menghidrasi.

5. Tomat
Tomat dikemas dengan lycopene, yang bekerja seperti pelindung internal untuk membantu melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari dan efek penuaan yang menyertai paparan sinar matahari. Untuk mengolah lebih banyak tomat ke dalam makanan Anda, cobalah memasak saus zesty yang dibuat dengan tomat segar, bawang putih, dan kemangi (sendok di atas spageti utuh atau labu spaghetti panggang). Anda juga bisa memanggang sejumlah tomat anggur yang disiram dengan minyak zaitun untuk hidangan sampingan yang sederhana namun lezat.

6. Ikan salmon
Lemak tak jenuh ditemukan pada ikan, yang disebut asam lemak omega-3, mengurangi peradangan dan membuat kulit Anda terlihat lebih jelas dan lebih banyak lagi, kata Dr. Gohara. Mereka juga mengurangi risiko kondisi kulit yang terkait dengan peradangan, seperti rosacea dan eksim, yang menyebabkan kemerahan dan kekeringan. American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa memakan dua porsi ikan, yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, ikan trout, dan ikan haring, seminggu sekali. Jika Anda vegan atau bukan penggemar ikan, meraih kenari, yang juga dikemas dengan omega-3.

7. Ubi jalar
Inilah alasan untuk menambahkan makanan pokok Thanksgiving ini ke menu Anda sepanjang tahun: “Kentang manis adalah sumber beta karoten yang hebat, yang tubuh kita ubah menjadi vitamin A – antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan bersifat anti-inflamasi,” kata Youn. Satu porsi kentang manis mengandung sekitar 4 gram serat dan 377 persen kekalahan kebutuhan vitamin A harian Anda, menurut USDA. Cobalah mereka dipanggang dan diatapi sesendok yogurt Yunani yang dikemas dengan protein, saran Alexis Wolfer, pendiri TheBeautyBean.com dan penulis The Recipe For Radiance: Temukan Rahasia Terbaik untuk Kecantikan di Dapur Anda.

8. Berries
Blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan, polifenol, dan flavanoid, yang membantu menetralisir radikal bebas dari tubuh Anda, membantu memperlambat proses penuaan, kata Gohara. Simpan mangkuk di meja kerja atau meja dapur Anda untuk mendorong ngemil sehat sepanjang hari, atau campurkan buah beri beku ke dalam smoothie pagi Anda.

9. air
Menghabiskan banyak H2O membuat kulit Anda terhidrasi, membuatnya tampak lebih halus dan lebih kenyal. Jika Anda berjuang untuk minum cukup atau tidak menyukai rasanya, cobalah bumbu air Anda dengan buah atau sayuran. “Saya memasukkan air saya dengan blueberry, mentimun, basil, dan stroberi, dan ini membantu saya untuk minum lebih banyak air sepanjang hari,” kata Moran. Rekomendasi untuk asupan air harian tergantung pada jenis kelamin, ukuran tubuh, tingkat aktivitas, suhu, dan kondisi kesehatan Anda. Secara umum, kebanyakan orang melakukannya dengan baik dengan kira-kira 73 ons untuk wanita dan 100 ons untuk pria per hari. Cara yang bagus untuk memastikan Anda cukup minum adalah dengan memeriksa warna urin Anda: Warna limun terang menunjukkan bahwa Anda terhidrasi dengan baik. Anda harus selalu minum lebih banyak saat sedang panas atau saat berolahraga.

10. Dan Yang Harus Dihindari: Gula
Mengkonsumsi terlalu banyak gula halus (dari soda, permen, atau permen lainnya) dapat memicu proses penggilingan, dimana molekul gula mengikat serat kolagen di kulit Anda, membuat mereka kaku dan cacat, kata Youn. “Ini menciptakan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs), yang merusak kulit Anda dan menyebabkannya menua sebelum waktunya prematur,” ia menjelaskan. Jadi untuk menjaga kulit Anda terlihat awet muda, oleskan gula olahan dan tempelkan pada jenis alami yang ditemukan pada buah-buahan