Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

0
2046

Berurusan dengan ejakulasi dini? Kamu tidak sendiri. Sekitar 20 sampai 30 persen pria mengalami ejakulasi dini, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2016 di Drug Discovery Today. Dan masalah seksual yang sering memalukan ini bisa mempengaruhi pria berapapun usia.

“Ejakulasi dini lebih sering terjadi daripada yang dipikirkan kebanyakan orang,” kata Andrew C. Kramer, MD, seorang ahli urologi dan profesor bedah di University of Maryland School of Medicine di Baltimore. “Hal ini dapat menyebabkan masalah tekanan dan emosional dan psikologis serta masalah harga diri.”

Sekeras mungkin untuk mengatasi masalah dengan pasangan Anda atau bahkan dokter Anda, berbicara tentang ejakulasi dini adalah kunci untuk mengatasinya. Baca terus untuk mengetahui persis apa itu ejeksi dini, dan bagaimana Anda bisa mengobatinya.

Apa itu Ejakulasi Dini?

Dalam istilah yang paling sederhana, ejakulasi dini terjadi saat pria tidak memiliki kontrol terhadap ejakulasi, dan akibatnya, dia dan pasangannya tidak puas secara seksual, kata Dr. Kramer. Ejakulasi dini bisa terjadi dalam waktu 30 detik sampai satu menit, dan bahkan mungkin terjadi sebelum penetrasi. Berlawanan dengan penggambaran yang tidak realistis yang terlihat dalam film porno, waktu rata-rata yang diperlukan sebelum seorang pria berejakulasi selama hubungan intim sekitar empat sampai lima menit, kata Kramer.

Ejakulasi dini bisa terjadi bersamaan dengan disfungsi ereksi (DE), tapi tidak selalu. “ED bisa terjadi pada pria dari segala umur, tapi pada pria muda, biasanya ejakulasi dini terjadi,” kata Kramer. “Untuk pria berusia enam puluhan dan tujuh puluhan, biasanya ada beberapa tingkat DE. Terkadang penisnya hanya berejakulasi saat lembek. ”

Apa Penyebab Ejakulasi Dini?

Penyebab pasti ejakulasi dini tidak diketahui, tapi sering berakar pada masalah fisik, psikologis, atau emosional. “Banyak yang bersifat psikologis,” jelas Kramer. “Saat bekerja dengan pasien, saya mungkin bertanya, ‘Apakah Anda merasa nyaman dengan pasangan Anda? Atau apakah Anda merasa cemas dengan pasangan Anda? ‘”

Kecemasan, serta faktor emosional dan psikologis lainnya seperti stres atau depresi, juga bisa menyebabkan ejakulasi dini.

Bagaimana Ejakulasi Dini Bisa Diobati?

Dokter sering merekomendasikan konseling untuk mengobati ejakulasi dini. Itu bisa termasuk psikoterapi, dan juga cara belajar berkomunikasi dengan pasangan Anda tentang disfungsi seksual.

Strategi lain yang efektif adalah bekerja sama dengan pasangan Anda atau melalui masturbasi untuk melatih tubuh Anda menunda ejakulasi, kata Kramer. “Anda sampai pada titik di mana Anda akan ejakulasi dan kemudian berhenti dan berpikir tentang olahraga atau sesuatu yang lain untuk menenangkan diri,” ia menjelaskan. “Ini akan membantu melatih tubuh Anda untuk menguasai respons itu saat Anda bersama pasangan Anda.”

Pilihan pengobatan lain untuk ejakulasi dini termasuk obat yang digunakan untuk mengobati depresi, seperti Paxil (paroxetine), Zoloft (sertraline), dan Prozac (fluoxetine), mencatat Kramer. Pilihan lainnya adalah menggunakan krim numbing seperti lidocaine atau Emla (lidocaine dan prilocaine) langsung pada alat kelamin untuk membantu mengendalikan ejakulasi dini.

Terapi ini dapat digunakan bersamaan dalam kombinasi yang berbeda untuk mengobati ejakulasi dini, dan pada gilirannya meningkatkan harga diri dan kehidupan seks Anda.