Garmin Vivosmart 3, Gelang Pintar Pelacak Aktivitas Harian

0
169

Jakarta, CNN Indonesia — Garmin meluncurkan gelang pemantau kesehatan, Garmin Vivosmart 3 yang berisi sensor untuk mendeteksi berbagai kegiatan penggunanya.

Sebagai perangkat pelacak aktivitas, Garmin Vivosmart 3 dirancang sederhana. Tampilan perangkat ini terdiri dari sebuah layar sentuh berteknologi OLED dengan warna monokrom. Gelangnya sendiri berbahan karet.

“Kalau di perangkat lain mereka menyebutnya activity tracker,” jelas Engelhard Sundoro, Managing Director South Asia/ India Region, di pameran Teknopolis di Jakarta, Jumat (9/6).

Saat digunakan, perangkat ini terasa ringan dan bentuknya cukup ramping, pun untuk tangan perempuan. Ringan karena bebannya hanya 20,4 – 21,5 gram, tergantung ukuran.

Untuk sensor, perangkat ini dilengkapi dengan sensor pendeteksi detak jantung Garrmin Elevate, accelerometer, sensor cahaya, dan dilengkapi juga dengan barometer dan altimeter.

Fungsi deteksi jantung

Dari pendeteksian detak jantung, Vivosmart 3 bisa menerjemah beragam informasi, mulai dari kadar stres, seberapa nyenyak tidur pengguna, hingga memberitahukan umur tubuh pengguna berdasarkan tingkat kebugarannya.

Untuk menentukan kadar stres pengguna, alat ini bekerja berdasarkan detak jantung pengguna. Ketika bekerja terlalu cepat, pengguna akan diminta untuk melakukan relaksasi. Pengguna lantas diminta menarik dan menahan napas untuk beberapa saatserta dilakukan berulang selama beberapa menit.

Hasilnya, jantung pengguna berdetak lebih santai setelahnya. Pendeteksi yang sama, digunakan juga untuk menentukan tingkat kelelapan tidur pengguna dan jumlah banyak kalori yang terbakar saat beraktivitas.

Begitupula jika pengguna terlalu lama duduk. Gelang pintar ini akan memberikan peringatan berupa getaran. Saat bergetar, artinya pengguna mesti setidaknya berdiri dan bergerak sejenak.

Pelacak ayunan

Tak cuma mendeteksi detak jantung, Vivosmart 3 juga dilengkapi akselerometer untuk menghitung ayunan langkah kaki hingga tangan pengguna.

Bukan sekedar untuk mengitung jumlah langkah, fungsi ini juga digunakan untuk menghitung seberapa banyak repetisi yang sudah dilakukan pengguna saat melakukan angkat beban, misalnya. Gabungan deteksi detak jantung dan langkah membuat perangkat ini bisa memberitahukan pengguna soal seberapa bugar mereka. “Jadi, setelah latihan, ia bisa memberitahukan berapa umur tubuh kita,” jelas pria yang akrab disapa Al itu lagi. Ia lantas mencontohkan, bisa jadi umur pengguna 35 tahun, namun karena tingkat kebugarannya buruk membuatnya seperti memiliki kebugaran orang yang berumur 40 tahun. Ini ada dalam fitur VO2 Max.

VO2 Max sebelumnya hanya tersedia di perangkat wearable Garmin kelas premium. Hasil yang dicatat di wearable ini bisa disinkronisasi ke aplikasi di ponsel pengguna. Selanjutnya aplikasi tersebut akan memberikan analisa yang lebih detil.

Selain itu, pengguna juga jadi bisa memiliki catatan mengenai kesehatannya. Sehingga, pengguna bisa memperkirakan penyebab kebugarannya menurun.

Al mencontohkan, jika pengguna bisa lari 5 km dalam 15 menit dalam satu waktu, namun tidak demikian dengan hari berikutnya dan terasa lebih melelahkan maka alat ini juga bisa mendeteksinya. “Itu bisa dilacak, apa karena kurang tidur, atau hal lainnya,” jelasnya.

Fungsi tambahan 

Sebagai perangkat yang digunakan 24 jam, baterai Garmin Vivosmart 3 diklaim tahan untuk digunakan tanpa henti selama 5 hari. Untuk mengisi penuh baterainya hanya dibutuhkan waktu 30 menit saja. Memori iinternal perangkat mampu menyimpan hingga 7 kali aktivitas selama 14 hari pelacakan aktivitas. Untuk penyimpanan secara berkelanjutan, pengguna mesti lakukan sinkronisasi dengan aplikasi di ponsel cerdas.

Perangkat ini juga sudah memiliki sertifikasi tahan air. Ia bisa digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 50 meter (50 ATM). “Saya bahkan menggunakannya saat mandi. Sekalian saya sabunin, karena dipakai terus seharian, kan. Jadi biar sekalian bersih,” ujar Al.

Selain bisa digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai pendamping ponsel cerdas. Ia akan menampilkan pemberitahuan untuk pesan masuk melalui aplikasi atau media sosial .

Begitupula dengan pemberitahuan telepon, pengingat kalender, hingga mengatur musik yang dimainkan. Sayangnya, Vivosmart 3 hanya bisa mengaktifkan fitur ini dengan perangkat tertentu saja.

Gelang pintar ini tersedia dalam tiga ukuran yakni kecil, sedang, dan besar dengan pilihan warna hitam, biru, dan ungu. Untuk ukuran besar, hanya tersedia warna hitam saja.

Sumber : CNNINDONESIA