MariaDB Menawarkan Kotak Alat Transaksional yang Lebih Besar

0
128

minggu lalu mengumumkan ketersediaan MariaDB TX 2.0, solusi database transaksional open source yang berfungsi penuh untuk pengembangan aplikasi modern dan kasus penggunaan perusahaan.

MariaDB TX menawarkan paket teknologi dan layanan yang komprehensif, termasuk rilis baru yang kaya fitur dari MariaDB Server dan MariaDB MaxScale, yang menutup kesenjangan fungsional antara penawaran open source dan proprietary. Ini adalah bagian dari upaya MariaDB yang lebih besar untuk menawarkan solusi lengkap untuk mendukung kebutuhan beban kerja tertentu, baik transaksional, analitis atau pengembang.

Peluncuran TX 2.0 memenuhi kebutuhan teknologi bisnis untuk peningkatan ketangkasan, skalabilitas dan keamanan. Ini memberi pengembang solusi database terbuka dan dapat diperluas yang memungkinkan mereka mengembangkan berbagai jenis aplikasi dengan mudah.

Rilis ini memperkenalkan dukungan JSON dan mesin penyimpanan MyRocks (alpha).

Ini juga menawarkan penyembunyian data untuk melindungi data sensitif, dan mengakibatkan pembatasan untuk perlindungan penolakan layanan, kata juru bicara MariaDB, Shane Johnson.

“Ini memastikan permintaan yang akan mengembalikan terlalu banyak data dan dampak layanan / ketersediaan database diblokir,” katanya.

Beberapa Pilihan

MariaDB adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang menargetkan kebutuhan database pelanggan bisnis untuk pemrosesan transaksi online dan analisis data.

Pertanyaan tentang kesesuaian terutama berkaitan dengan apakah sebuah organisasi lebih memilih open source untuk solusi proprietary seperti Oracle DB, IBM DB2 dan Microsoft SQ, mengamati Charles King, analis utama di Pund-IT .

“Alternatif server atau open source, termasuk MariaDB, Postgres dan MySQL, semuanya memiliki poin kuat dan lemah,” ┬ánamun MariaDB tampaknya menarik lebih banyak pengembang dan tumbuh lebih cepat daripada proyek DB open source lainnya. “

Kesuksesan itu sebagian disebabkan oleh kekuatan fitur inti MariaDB, dan juga pengembangan solusi perusahaan pelengkap seperti MariaDB MaxScale dan MariaDB ColumnStore, King menambahkan.

Bahan utama

Dukungan JSON dan penambahan Data Masking dan Result Set Limiting untuk keamanan yang ditingkatkan adalah dua perbaikan penting yang membuat MariaDB TX 2.0 layak dipertimbangkan, menurut perusahaan. Mereka mencakup jangkauan terluas dari kasus penggunaan baru dan yang sudah ada.

JSON adalah standar yang muncul untuk pengembang yang membuat aplikasi Web, seluler, dan IoT. Namun, database NoSQL yang dibangun untuk mendukung JSON terlalu terbatas secara fungsional untuk mendukung mayoritas kasus penggunaan perusahaan, kata MariaDB.

Database relasional cenderung terlalu lambat untuk memberikan dukungan JSON lengkap, perusahaan mencatat. MariaDB TX 2.0 menambahkan satu set lengkap 24 fungsi JSON untuk memanfaatkan peningkatan fleksibilitas dan kecepatan JSON. Ini menggabungkan kehandalan dan keamanan yang datang dengan menggunakan database relasional.

Perkembangan cybertreats yang semakin canggih menuntut investasi yang terus berlanjut dalam keamanan database, namun vendor open source telah gagal memberikan solusi yang memberikan keamanan tingkat perusahaan yang kuat, menurut MariaDB.

MariaDB TX 2.0 menambahkan perangkat tambahan keamanan baru yang sebelumnya hanya tersedia dalam penawaran eksklusif. Sebagai contoh, penyaringan data MariaDB menyembunyikan data sensitif sebelum mengembalikan hasil query. Ini melindungi data yang diklasifikasikan sebagai persyaratan identitas pribadi, sensitif pribadi atau sensitif secara komersial – persyaratan umum untuk kepatuhan HIPAA / PCI.

Hasilnya membatasi fitur mencegah serangan denial-of-service. Ini menentukan jumlah maksimum atau baris atau data yang dapat dikembalikan dalam kueri, pernyataan disiapkan atau prosedur tersimpan untuk mencegah gangguan layanan.

Peningkatan Kinerja

Fitur lain yang berpusat pada pengembang adalah pengenalan dukungan beta untuk teknologi MyRocks Facebook. MyRocks adalah mesin penyimpanan transaksional yang dioptimalkan untuk penyimpanan flash. Aplikasi yang dibangun di atas MariaDB TX 2.0 dapat memanfaatkan MyRocks untuk kompresi yang lebih baik, replikasi dan pemuatan data lebih cepat.

Kompatibilitas SQL dengan Common Table Expressions dan Fungsi Window meningkatkan fungsionalitas query. Ini termasuk ekspresi tabel umum dan fungsi jendela.

Ekspresi tabel yang umum membuat kueri kompleks lebih mudah dibaca dan lebih mudah dipelihara dengan memecahkan kueri ke dalam blok bangunan sederhana. Fungsi jendela menghilangkan subkueri dan self-join yang mahal. Hal ini membuat kueri lebih mudah dibaca dan meningkatkan kinerja kueri secara keseluruhan.

Kesenjangan telah ada antara fungsionalitas database berpemilik tinggi dan arsitektur database open source yang terjangkau dan terjangkau, kata Roger Bodamer, chief product officer di MariaDB.

“MariaDB TX 2.0 menghilangkan tradeoff ini dengan menghadirkan sebuah database open source dan extensible yang dibangun di atas beberapa dekade investasi teknik. Dengan banyak fitur baru, termasuk dukungan untuk MyRocks, JSON dan penyembunyian data, MariaDB sekarang adalah open open yang paling fungsional. Sumber solusi database yang tersedia, “pungkasnya.

Perbedaan Transaksional

MariaDB TX adalah solusi database tujuan umum untuk beban kerja transaksional atau operasional dalam pengertian tradisional. Dengan kata lain, memproses banyak pertanyaan yang mengakses sedikit data, dicatat MariaDB’s Johnson. Tidak seperti database NoSQL, ia mendukung transaksi multi-statement dan jaminan ACID penuh.

“Meskipun database relasional, MariaDB mendukung JSON melalui fungsi SQL, dan berbagai mesin penyimpanan mendukung model data yang berbeda,” katanya. “Sebagai contoh, MariaDB AX, database data warehouse / analytical kami, memperluas MariaDB TX dengan ColumnStore, mesin penyimpanan kolumnar terdistribusi yang direkayasa untuk beban kerja analitis – lebih sedikit kueri yang mengakses banyak data.”

Pengguna dapat menyebarkan database pada server bare-metal, mesin virtual, kontainer, dan infrastruktur awan publik atau swasta. Ini tersedia di AWS dan Microsoft Azure, dan merupakan database yang paling banyak digunakan di OpenStack, katanya, mengutip sebuah survei baru-baru ini.

Struktur Penentuan Harga

MariaDB sangat cocok untuk infrastruktur awan, baik dari segi teknologi maupun harga, menurut Johnson. Langganan perusahaan untuk MariaDB TX mencakup lisensi dan dukungan.

Ini adalah harga per database instance atau node, dan tersedia dengan atau tanpa dukungan clustering.

Faktor Mengemudi

“Saya rasa popularitas MariaDB berasal dari komitmen kami terhadap anggota masyarakat dan pelanggan perusahaan Kami percaya pada open source dan dalam berkolaborasi dengan masyarakat, dan bersama-sama, kami dapat berinovasi lebih cepat daripada vendor tradisional,” kata Johnson.

Rangkaian fitur MariaDB ditujukan untuk pelanggan perusahaan.

Pada kuartal pertama tahun ini, OutboundEngine mengeluarkan lebih dari 600.000 pos sosial untuk pelanggan SMB-nya.

“Seiring bisnis kami terus berkembang, MariaDB memberi kami ketersediaan dan skalabilitas tinggi yang dibutuhkan untuk mengelola sejumlah data,” kata Darin Sleyster, administrator database senior di OutboundEngine. “Kami sangat antusias dengan fitur baru seperti Result Set Limiting dan Dynamic Server Configuration yang dapat membantu mencegah pemadaman produksi dan membuat bisnis kita berjalan dengan lancar.”

Jalan kemenangan

Proyek MariaDB adalah contoh menarik tentang apa yang bisa terjadi ketika orang-orang yang “salah” mengambil alih sebuah proyek open source, kata Raja Pundit. Dalam kasus ini, akuisisi 2010 dari Microsoft untuk Microsoft menempatkan MySQL (bersama dengan aset SW Sun lainnya) ke dalam kantong vendor DB komersial terbesar di dunia.

“Itu menyebabkan lebih dari sedikit perselisihan antara pengembang dan pendukung MySQL, banyak di antaranya mulai mempertimbangkan alternatif, termasuk pendiri MySQL, yang pada akhirnya meluncurkan MariaDB,” katanya.

Perusahaan memanfaatkan pengalaman mendalamnya dalam teknologi basis data dan pengembangan komunitas open source. Hasilnya sukses besar dalam menarik pendukungnya, catat King. Diantaranya adalah European Investment Bank, yang awal bulan ini mengumumkan dana 25million euros untuk MariaDB.