Mengapa Kucing dan Anjing menyukai Sentuhan di Bagian Kepala?

0
132
kucing-dipegang-kepalanya

Mengapa beberapa kucing dan anjing menyukai sentuhan di bagian kepala?

Jawabannya berbeda untuk Fluffy daripada untuk Fido, meskipun mereka berbagi beberapa alasan mengapa mereka tenggelam dalam kebahagiaan lengkap setiap kali kepala kecil berbulu mereka dipijat.

Misalnya, membelai seekor kucing atau seekor anjing di kepala memberi perhatian pada hewan, yang mungkin dikehendakinya, kata Dr. Nicholas Dodman, seorang profesor emeritus di Cummings School of Veterinary Medicine di Tufts University. Selain itu, sulit bagi kucing dan anjing untuk menyentuh bagian atas kepala mereka dengan cakar mereka, dan tidak mungkin mereka menjilatnya dengan lidah mereka.

“Ini adalah area yang relatif tidak terjangkau yang dapat Anda jangkau untuk mereka, jadi Anda membantu mereka dalam hal ini,” Dodman mengatakan kepada Live Science.

Dari situ, alasan kucing dan anjing seperti kepala yang baik menggosok menyimpang. Bagi kucing, belaian ramah di kepala, pipi atau dagu mungkin mengingatkan mereka akan rutinitas perawatan mereka, saat mereka menjilat punggung kaki mereka dan menggosok kepala mereka. Kepala goresan juga bisa mengingatkan ibu mereka, yang menjilati puncak kepala mereka saat masih anak-anak kucing, kata Dodman, yang adalah penulis “Pets on the Couch: Anjing Neurotik, Kucing Kompulsif, Burung yang Aneh, dan Ilmu Pengetahuan Baru Dari Animal Psychiatry “(Atria Books, 2016).

Jadi, kucing mungkin menganggap goresan kepala sebagai “layanan perawatan pribadi yang disediakan oleh pemiliknya,” atau melihat pemiliknya sebagai ibu mereka, karena “itulah yang dilakukan kucing mumi,” kata Dodman.

Selain itu, sementara kucing memiliki kelenjar bau di sekujur tubuh mereka, kelenjar ini terkonsentrasi di dahi, pipi dan dagu, kata Mikel Delgado, kandidat doktor bidang psikologi di University of California, Berkeley, yang juga merupakan kucing bersertifikat. konsultan.

“Ketika mereka menggosok barang – barang itu, tangan Anda, sudut dinding atau kucing lain – mereka menyebarkan aroma mereka,” kata Delgado. “Membiarkan aroma adalah cara mereka menandai wilayah mereka, dan kami percaya bahwa itu memiliki beberapa efek menenangkan bagi mereka.”

Tapi satu kepala rub berdiri di atas yang lain. Ketika seekor kucing mengusap keningnya pada manusia – sebuah perilaku sosial yang ramah dikenal sebagai bunting – “itu adalah isyarat yang sangat penuh kasih,” kata Delgado. Perilaku ini menunjukkan bahwa menggosok kepala berfungsi ganda untuk kucing: Ini menandai wilayah mereka, dan mengungkapkan perasaan ramah, katanya.

Anjing pun demikian

Sama seperti membungkuk pada kucing, anjing mungkin mengganggu pemiliknya dengan kepala mereka. Ini biasanya tanda kasih sayang dan ikatan, kata Leni Kaplan, seorang dosen dan dokter di Departemen Ilmu Klinis di Cornell University College of Veterinary Medicine di Ithaca, New York.

Namun, tidak semua anjing menikmati tepukan kepala. “Beberapa anjing tidak suka kepala mereka tergores (atau mendekati mereka dari atas), karena ini bisa tampak sebagai gerakan yang mendominasi,” Kaplan mencatat. Misalnya, di taman anjing, beberapa anjing mencoba untuk mendominasi anjing lain dengan meletakkan kaki mereka di atas mereka, dan mereka mungkin merasakan tepukan kepala dari manusia sebagai gerakan yang mendominasi, kata Dodman. [Kegelisahan Mei Memberi Anjing Gray Hair]

Namun, “Saya menemukan bahwa kebanyakan anjing (terutama saat pemiliknya menangani mereka), mencintai kepala dan telinga mereka tergores – ini adalah tanda kasih sayang, ikatan dan perhatian,” kata Kaplan.

Anjing yang tidak disosialisasikan dengan baik, atau cenderung takut pada orang atau situasi baru, mungkin tidak ingin kepalanya tergores, kata Kaplan. Ini juga berlaku untuk anjing yang tertidur di kepala sebagai bentuk hukuman, tambahnya.

Secara keseluruhan, sebaiknya baca bahasa tubuh hewan untuk melihat apa yang diinginkannya, terutama jika hewan itu terlihat seperti menggaruk atau menggigit Anda, kata para ahli.

Untuk hewan peliharaan yang menikmati goresan kepala yang baik, ingat bahwa anjing atau kucing Anda mungkin hanya memiliki rasa gatal yang tidak dapat dijangkau – indikasi bahwa kucing atau anjing mungkin perlu pemeriksaan kesehatan untuk kemungkinan alergi atau kulit merah yang teriritasi.

“Saya selalu bercanda, ‘Apakah itu cinta, atau hanya gatal?'” Kata Delgado.