Organisme Kecil Mengubah Turquoise Laut Hitam di Foto Bumi NASA yang Menakjubkan

0
290
organisme

Turquoise berputar-putar di Laut Hitam – yang disebabkan oleh fitoplankton yang membawa arus air lokal – bersinar terang dalam citra baru dari satelit Aqua NASA.

Fitoplankton adalah organisme kecil yang memberi makan sinar matahari dan nutrisi terlarut. Gambar tersebut menunjukkan sungai Danube dan Dnieper membawa nutrisi ini ke Laut Hitam, tempat fitoplankton memberi makan mereka, kata pejabat NASA dalam sebuah pernyataan. Pada gilirannya, organisme kecil ini dimakan oleh hewan yang lebih besar seperti ikan dan kerang. [Bumi dari Luar Angkasa: Foto yang Lebih Menakjubkan]

Khususnya di Laut Hitam, jenis komunitas fitoplankton yang disebut coccolithophores terlihat dari jauh karena lempeng kalsium karbonat putih yang melindungi tubuh mereka, kata pernyataan tersebut. Putih mudah terlihat dari luar angkasa dan tampak seperti susu di dalam air. Diatom, di sisi lain – jenis fitoplankton lain yang ditemukan di Laut Hitam – dapat membuat air terlihat agak gelap.

Dalam pernyataan tersebut, NASA mengatakan bahwa reflektifitas dari fitoplankton di Laut Hitam muncul bersamaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika mekar fitoplankton terlalu besar, ini bisa menyebabkan eutrofikasi, bila oksigen hilang dari air dan membunuh kehidupan laut.