Tentara Afghanistan menyerang tentara AS di Camp Sheheen

0
74
Iraqi airmen fire AK-47s during firing drills March 29, 2011. Members of the 447th Expeditionary Security Forces Squadron trained Iraqi security forces airmen ensuring weapons qualification and teaching defensive tactics, vehicle searches and other force protection measures. (U.S. Air Force photo/Staff Sgt. Levi Riendeau)

Seorang tentara Afghanistan telah menyerang tentara AS di sebuah pangkalan militer, penyerangan juga melukai tujuh lainnya.

Tentara AS dievakuasi setelah “serangan orang dalam” di provinsi Balkh utara pada hari Sabtu, kata seorang juru bicara komando militer AS.

Nato-led Resolute Support mission mengatakan seorang tentara Afghanistan tewas dan satu lainnya terluka dalam insiden di Camp Shaheen, di kota Mazar-e Sharif.

Namun, laporan sebelumnya tentang tentara Amerika yang tewas dihentikan.

Tidak jelas apakah tentara yang terbunuh itu seorang juga penyerang.

Taliban mengatakan bahwa penembakan tersebut dilakukan oleh seorang pria yang setia kepada mereka, menurut Reuters.

Resolute Support mengatakan serangan tersebut, yang berlangsung sekitar pukul 14:00 (17/06/2017) waktu setempat (09:30 GMT), sedang diselidiki.

Ini terjadi seminggu setelah seorang komando tentara Afghanistan menembak mati tiga tentara pasukan khusus AS di Afghanistan timur.

Taliban mengklaim mereka berada di balik serangan tersebut.

Taliban juga mengatakan bahwa mereka berada di belakang serangan lain di Mazar-e Sharif pada bulan April, ketika lebih dari 100 tentara Afghanistan terbunuh atau terluka di markas tersebut, merupakan rumah bagi Korps ke-209 Afghanistan.

Tentara mengatakan bahwa pemberontak menargetkan mereka yang meninggalkan sholat Jum’at di masjid dasar dan yang lainnya di sebuah kantin.