6 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita

0
136

Masalah kesehatan perempuan sedikit berbeda dengan masalah pria. Jika Anda seorang wanita, tip ini akan membuat Anda merasa bugar dan energik.

Untuk melihat dan merasakan yang terbaik di setiap zaman, penting untuk membuat pilihan gaya hidup dan kesehatan yang cerdas. Berikut adalah enam hal sederhana yang dapat dilakukan wanita setiap hari (atau keteraturan) untuk memastikan kesehatan yang baik:

Tip Kesehatan # 1: Makan makanan yang sehat. “Anda ingin makan sedekat mungkin dengan makanan alami yang Anda bisa,” kata Donald Novey, MD, seorang dokter kedokteran integratif dengan Advocate Medical Group di Park Ridge, Illinois. Itu berarti berbagai buah dan sayuran segar dan lebih sedikit diproses. Makanan. Makan biji-bijian dan makanan berserat tinggi dan pilih potongan daging, ikan, dan unggas yang lebih ramping. Sertakan produk susu rendah lemak dalam makanan Anda juga – tergantung pada usia Anda, Anda memerlukan antara 800 dan 1.500 miligram kalsium setiap hari untuk membantu mencegah osteoporosis, Dr. Novey mengatakan. Hindari makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak.

Makan sehat akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang tepat untuk tinggi badan Anda, yang penting karena kelebihan berat badan dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Mencari camilan sehat? Cobalah beberapa sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, atau zucchini dengan saus yang dibuat dari yogurt rendah lemak.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dalam makanan Anda, Anda mungkin ingin mengkonsumsi multivitamin dan suplemen kalsium untuk memastikan Anda menjaga kesehatan dengan baik.

Tip Kesehatan # 2: Latihan. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita di Amerika, namun banyak olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Anda ingin berolahraga minimal 30 menit sehari, lima hari seminggu, jika tidak setiap hari. Latihan aerobik (berjalan, berenang, joging, bersepeda, menari) sangat baik untuk kesehatan wanita secara umum dan terutama untuk jantung Anda, kata Sabrena Merrill, MS, dari Lawrence, Kan., Instruktur kebugaran dan instruktur kebugaran pribadi bersertifikat dan juru bicara untuk American Council on Exercise.

Tip Kesehatan # 3: Hindari kebiasaan berisiko. Jauhi rokok dan orang yang merokok. Jangan gunakan narkoba. Jika Anda minum alkohol, lakukanlah dengan secukupnya. Sebagian besar penelitian kesehatan wanita menunjukkan bahwa wanita dapat dengan aman mengkonsumsi satu gelas sehari. Minuman dianggap sekitar 12 sampai 14 gram alkohol, yang setara dengan 12 ons bir (4,5 persen alkohol); 5 ons anggur (12,9 persen alkohol); Atau 1,5 ons roh (minuman keras seperti gin atau whisky, 80-bukti).

Tip Kesehatan # 4: Mengelola stres. Tidak peduli apa tahap hidupnya – anak perempuan, ibu, nenek – seorang wanita sering memakai banyak topi dan berurusan dengan banyak tekanan dan tekanan. “Luangkan beberapa menit setiap hari hanya untuk bersantai dan mengembalikan pandangan Anda lagi,” kata Novey. “Tidak butuh waktu lama, dan kesehatan mental penting bagi kesehatan fisik Anda.” Anda juga bisa mengatur stres dengan olahraga, teknik relaksasi, atau meditasi.

Tip Kesehatan # 5: Sun aman. Paparan sinar matahari yang berbahaya dapat menyebabkan kanker kulit, yang bisa mematikan. Untuk melindungi dari kanker kulit, kenakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 15 jika Anda akan berada di luar ruangan selama lebih dari beberapa menit. Bahkan jika Anda memakai tabir surya dengan setia, Anda harus memeriksa secara teratur tanda-tanda kanker kulit. Tanda peringatan mencakup perubahan ukuran, bentuk, warna, atau nuansa tanda lahir, tahi lalat, atau bintik-bintik, atau area kulit baru, pembesaran, berpigmen, atau merah. Jika Anda melihat ada perubahan atau Anda menemukan Anda memiliki luka yang tidak sembuh, konsultasikan dengan dokter Anda.

Tip Kesehatan # 6: Periksa kanker payudara. American Cancer Society tidak lagi merekomendasikan pemeriksaan payudara bulanan untuk wanita. Namun, masih menunjukkan mereka sebagai “pilihan” bagi wanita, dimulai pada usia 20-an. Anda harus waspada terhadap perubahan payudara Anda dan laporkan masalah pada dokter Anda. Semua wanita berusia 40 dan lebih tua harus mendapatkan mammogram tahunan sebagai mammogram adalah cara paling efektif untuk mendeteksi kanker pada tahap paling awal, saat ini paling bisa diobati.

Kesehatan wanita perlu berubah seiring bertambahnya usia, namun dasar kesehatan wanita tetap sama. Jika Anda mengikuti enam tip hidup sehat sederhana ini, Anda akan memperbaiki kualitas hidup Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.