Hewan Tercepat di Dunia

0
163

Hewan darat tercepat (sprinter)

Di Olimpiade hewan, cheetah (Acinonyx jubatus) akan mendominasi kategori sprinter. Kucing besar ini adalah hewan darat tercepat yang jaraknya pendek, mampu berlari hingga 64,8 mph (29 meter per detik). Satu cheetah dari Kebun Binatang Cincinnati bernama Sarah telah tercatat berlari dasbor 100 meter dalam 5,95 detik. Manusia tercepat, pelari Usain Bolt, bisa menempuh jarak yang sama dalam waktu 9,58 detik.

Antilocapra Americana

Hewan darat tercepat (marathoner)

Dalam jarak jauh, cheetah terbakar habis. Tapi antelop pronghorn (Antilocapra Americana) terus mengemudikan truk. Ungulates kecil ini bisa mencapai kecepatan tertinggi 55 mph (89 km / jam) namun dapat mempertahankan kecepatan 30 mph (48 km / jam) mil. Kemampuan pelari maraton ini sangat berguna untuk migrasi hewan yang panjang, yang membentang sejauh 300 mil (483 km) antara Upper River Basin Wyoming dan Taman Nasional Grand Teton, menurut National Wildlife Federation.

Burung tercepat (sprinter)
Kredit: Shutterstock

Peregrine falcon (Falco peregrinus) sangat aneh. Pemburu udara ini bisa mencapai kecepatan hingga 220 mph (354 km / jam) saat menyelam. Kecepatan jelajahnya yang biasa berkisar antara kecepatan 40 mph dan 60 mph (64 sampai 97 km / jam). Menurut blog biolocomotion Universitas Boston, falcons disesuaikan untuk kecepatan dengan sayap runcing dan ramping, tulang dada besar untuk keterikatan otot yang kuat dan bulu kaku yang mengurangi hambatan.

Burung tercepat (marathoner)
Kredit: Shutterstock

Seekor burung yang jauh lebih sederhana mengambil rekaman teratas untuk kecepatan jarak jauh. The Great Snipe (media Gallinago) bermigrasi jarak jauh dari Eropa timur laut ke Afrika tengah setiap tahun – sampai 4.200 mil (6.760 km), menurut EarthSky. Untuk sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di jurnal Biology Letters, para peneliti melengkapi beberapa migran mungil ini dengan perangkat pelacakan dan menemukan bahwa mereka dapat melakukan perjalanan luar biasa ini dalam waktu hanya 48 sampai 96 jam. Untuk menariknya, burung-burung terbang dengan kecepatan hingga 60 mph (97 km / jam), tanpa bantuan tailwinds, para peneliti menemukan.

sailfish

Ikan tercepat
Kredit: Shutterstock

Bergerak melalui air lebih sulit daripada bergerak melalui udara, berkat viskositas ekstra. Itu tidak masalah bagi ikan layar (Istiophorus), yang bisa berenang dengan kecepatan di atas 68 mph (110 km / jam), menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Namun, judul ikan raksasa ini bisa berbahaya, karena Pusat Penelitian Pelagics Besar di Coucester, Massachusetts, telah mencatat seekor tuna sirip biru melakukan pendinginan 144 mph (232 km / jam), meskipun sulit untuk mengatakan berapa lama atau seberapa jauh – percepatan ikan itu membuat tag pelacakan menjadi dua.

Mamalia laut tercepat
Kredit: Shutterstock

Mereka memanggilnya Flipper! Sirip! Lebih cepat dari petir … lagu tema TV lama hanya semacam benar. Lumba-lumba botol (Tursiops truncates) memang cepat, tapi mereka akan kalah dalam perlombaan dengan kerabat mereka, lumba-lumba umum (Delphinus delphis dan Delphinus capensis). Lumba-lumba yang umum tinggal di seberang lautan di perairan beriklim sedang dan tropis, dan mereka dapat mencapai kecepatan hingga 40 mph (64 km / jam).

Reptil tercepat
Kredit: Shutterstock

Iguana ekor berduri (genus Ctenosaura) adalah kadal tercepat di buku. Penduduk asli Amerika Tengah yang kecil ini dikenal karena punggung runcing dan ekspresi tenang mereka. Pada tahun 1984, seorang peneliti mencatat satu pukulan pada treadmill dengan kecepatan tertinggi 21,5 mph (35 km / jam).

Moluska tercepat
Kredit: Shutterstock

Filum Mollusca mencakup makhluk mungil dan mantap seperti siput dan siput serta binatang-binatang yang tidak banyak bergerak seperti kerang dan tiram. Tapi moluska beragam, dan beberapa telah berevolusi untuk bergerak. Squid adalah yang paling cepat dari moluska, dengan cumi Jumbo dan Humboldt yang mampu berenang hingga 15 mph (24 km / jam).

Serangga tercepat
Kredit: Shutterstock

Vrooom! Kumbang harimau Australia (Cicindela hudsoni) tidak berantakan. Kumbang kecil berwarna permata ini tidak bisa terbang, tapi bisa berlari hingga 5,6 mph (9 km / jam), berukuran 8 kaki (2,5 m) dalam satu detik, menurut BBC Earth. Kerabat dekatnya, kumbang harimau Australia lainnya (Cincindela eburneola) sedikit lebih lambat pada 4,2 mph (6,8 km / jam) namun lebih cepat dalam hal panjang tubuh – dapat menempuh 171 panjang tubuh per detik, para periset menemukan pada penelitian tahun 1999, dibandingkan Untuk 120 panjang tubuh per detik untuk C. hudsoni yang sedikit lebih besar. Sebagai perbandingan, cheetah menutupi 16 panjang tubuh per detik.