Justin Bieber Dilarang di China Karena ‘Perilaku Buruk’

0
1446

Bintang pop Kanada Justin Bieber dilarang tampil di China, kata Biro Kebudayaan Beijing.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut mengatakan bahwa tidak pantas mengizinkan bintang hiburan yang telah terlibat dalam “perilaku buruk”.

“Justin Bieber adalah penyanyi berbakat, tapi dia juga seorang penyanyi asing yang kontroversial,” tambahnya.

Pernyataan tersebut dikeluarkan untuk menanggapi sebuah pertanyaan yang baru-baru ini diajukan oleh pengguna situs web biro tersebut.

“Kami berharap bahwa saat Justin Bieber dewasa, dia dapat terus memperbaiki kata-kata dan tindakannya sendiri, dan benar-benar menjadi penyanyi yang dicintai oleh publik,” kata pernyataan tersebut.

Berita tersebut muncul dalam sebuah pernyataan dari biro budaya kota Beijing, menjawab pertanyaan dari seorang penggemar tentang ada apa dengan penyanyi tersebut, yang akan memulai tur di seluruh Asia, tapi tidak ada tempat yang dijadwalkan di daratan China.

Justin Bieber memang “berbakat menyanyi” jawabannya, tapi tetap saja tidak pantas membiarkannya tampil, karena apa yang disebutnya sebagai insiden “perilaku buruk”. Tidak dijelaskan secara tepat tentang pelanggaran Mr. Bieber dengan undang-undang yang dimaksudnya.

Bintang pop, yang diizinkan untuk tur ke China pada tahun 2013, bergabung dengan daftar panjang musisi yang telah masuk ‘blacklist’. Sebagian besar, seperti band Inggris Oasis dan grup AS Maroon 5, karena pernyataan politik, bukan atas dasar perilaku buruk.

Ini bukan kali pertama penyanyi Sorry menyulut kontroversi di Asia.

Pada tahun 2014, Bieber membuat marah pada media sosial setelah dia memposting foto dirinya mengunjungi Kuil Yasukuni yang kontroversial di Tokyo.

Tempat suci tersebut menghormati para pejuang yang gugur dan memberikan penghormatan kepada penjahat perang yang dihukum, tetapi di China dan Korea Selatan, tempat suci tersebut dipandang sebagai simbol Jepang uang tidak mempercayai masa lalu kekaisarannya.

Tapi meski penyanyi tersebut menghapus foto dan meminta maaf, orang-orang China sangat marah. Juru bicara menteri luar negeri mereka mengatakan bahwa dia berharap penyanyi tersebut telah meninggalkan Yasukuni dengan “pemahaman yang jelas tentang sejarah invasi dan militerisme Jepang, dan sumber militerisme Jepang”.

Justin Bieber akan tampil di Asia sebagai bagian dari Purpose World Tour-nya dari bulan September, dan akan diputar di Jepang, Hong Kong, Filipina, Singapura dan Indonesia.