Ketua Parlemen Indonesia Terlibat dalam Skandal Korupsi

0
145

Ketua parlemen Indonesia telah ditunjuk sebagai tersangka dalam skandal korupsi multi juta dolar yang melibatkan penerapan kartu identitas elektronik nasional.

Kepala Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo, mengatakan Senin bahwa ada cukup bukti bahwa Ketua Setya Novanto berpartisipasi dalam skema untuk menggelapkan sebanyak 170 juta dolar antara tahun 2011 dan 2012, sekitar sepertiga dari $ 440 juta yang dialokasikan untuk proyek tersebut. .

Rahardjo mengatakan Novanto, yang juga menjabat sebagai ketua partai Golkar, diyakini telah menyalahgunakan kekuasaannya dengan memperkaya dirinya dan orang lain.

Novanto membantah tuduhan tersebut pada hari Selasa saat konferensi pers.

Beberapa tokoh politik senior Indonesia lainnya terlibat dalam skandal tersebut, termasuk menteri kehakiman dan mantan menteri dalam negeri. Dua pejabat pemerintah saat ini diadili sehubungan dengan kasus tersebut, yang dapat menguji kemauan Presiden Joko Widodo untuk mengambil garis keras melawan korupsi resmi.

Indonesia berada di peringkat 90 dari 176 negara dalam daftar pemerintah paling korup di dunia yang disusun oleh kelompok pengawas Transparency International.