Menghirup Cokelat Diklaim Dapat Meningkatkan Energi: Apakah Ini Aman?

0
139
Cokelat ini bukan untuk pencuci mulut: Produk coklat “snortable” (yang dapat dihirup) baru bernama Coco Loko dipasarkan sebagai cara bebas obat untuk merasa berenergi. Namun beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa mereka waspada terhadap efek menghirup coklat melalui lubang hidung Anda.

“Biasanya bukan ide bagus untuk memasukkan sesuatu ke hidung Anda yang tidak ada di sana” atau tidak diresepkan oleh dokter, kata Dr. David Hiltzik, direktur otolaringologi di Staten Island University Hospital di New York. “Sudah cukup jelas bahwa, setidaknya secara empiris, cokelat tidak termasuk dalam hidung Anda.”

Produk ini mengandung bubuk coklat mentah beserta bahan lainnya, termasuk taurine dan guarana, yang sering terlihat pada minuman energi, menurut The Washington Post. Perusahaan di balik produk tersebut, Legal Lean, mengatakan bahwa mendengus Coco Loko “akan memberi Anda semangat dan motivasi euforia yang mantap.” Sekarang tersedia untuk pembelian di Amerika Serikat dan harganya $ 24,99 untuk sebuah wadah berisi 10 porsi.

Efek kesehatan spesifik dari produk ini tidak diketahui, karena belum ada penelitian mengenai efek jangka pendek atau jangka panjangnya, kata Hiltzik. Namun, biasanya bukan ide bagus untuk mendengus zat, termasuk bedak, melalui hidung Anda, karena bisa menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru, kata Hiltzik.

Tidak jelas juga, jika produk terserap ke aliran darah setelah dihirup, katanya. Tapi zat yang diserap ke dalam darah melalui hidung cenderung berefek lebih cepat dari pada yang dicerna, kata Hiltzik. (Minuman energi, yang mengandung kafein tingkat tinggi dan bahan-bahan seperti taurine dan guarana, telah dikaitkan dengan efek kesehatan yang berpotensi berbahaya, termasuk peningkatan denyut jantung dan tekanan darah tinggi.)

Ini bukan pertama kalinya ada yang memukuli mendengus coklat. Lebih dari 10 tahun yang lalu, chocolatier Belgia Dominique Persoone menemukan sebuah alat pelontar kecil yang disebut “penembak coklat” untuk mendengus bubuk coklat. Selama wawancara tahun 2015 tentang produk itu, Dr. Jordan Josephson, spesialis sinus dan telinga, hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Lenox Hill di New York, mengatakan kepada Live Science bahwa mendengkur semua jenis bubuk dapat merusak rambut mungil di hidung, juga. Sebagai membran hidung. “Menempatkan benda asing – termasuk asap, kokain dan / atau bubuk coklat – [di hidung Anda] tidak aman dan tidak disarankan,” katanya.

Akhirnya, kata Hiltzik, dia tidak akan menganggap Coco Loko aman sampai ada lebih banyak informasi yang tersedia. Dia juga mencatat bahwa ada persepsi bahwa produk “alami” aman, tapi ini tidak selalu terjadi.

Legal Lean tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang dampak kesehatan produknya. Di situsnya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa produknya “dapat mengganggu kemampuan Anda mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.” Perusahaan juga mengatakan pernyataan mereka belum dievaluasi oleh Food and Drug Administration.