Politisi China Tersandung Kasus Korupsi

0
1295

Pihak berwenang China mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki seorang politisi papan atas yang pernah dipandang sebagai kandidat untuk jajaran kepemimpinan tertinggi.

Sun Zhengcai adalah kepala Partai Komunis sebuah kota metropolitan besar, Chongqing.

Sebelum pengangkatannya yang tiba-tiba  awal bulan ini, dia adalah pesaing kuat untuk naik ke komite tujuh anggota elit yang memerintah China.

Tapi sekarang badan anti-korupsi China mengatakan bahwa pihaknya menginvestigasi dia karena pelanggaran disiplin yang serius.

Langkah tersebut dilakukan menjelang pertemuan Partai Komunis di musim gugur ketika mereka diperkirakan akan menggantikan presiden dan perdana menteri saat ini – yang menurut konvensi akan mengundurkan diri pada 2022 setelah 10 tahun berkuasa – diperkirakan akan diungkap.

Pembunuhan di Lucky Holiday Hotel

Sun adalah anggota termuda dari Politbiro, badan beranggota 25 orang tersebut hanya beranggotakan tujuh orang anggota Komite Tetap.

Dia adalah anggota Politbiro pertama yang diselidiki sejak Bo Xilai, seorang pamflet karismatik yang juga menjabat sebagai kepala partai Chongqing sampai dia dipenjara karena korupsi pada tahun 2013 di tengah skandal pembunuhan seorang pengusaha Inggris.

‘Shadowy World’ – Analisis oleh Celia Hatton

Salah satu pemilihan paling penting di dunia sedang terjadi saat ini, di balik pintu tertutup.

Dalam beberapa bulan, China diharapkan bisa mengungkap generasi penerus pemimpinnya. Sampai minggu lalu, Sun Zhengcai diperkirakan akan menjadi salah satu dari mereka tapi kemudian dia segera dikeluarkan dari pekerjaannya dan sekarang, dia sedang diselidiki.

Beberapa minggu yang lalu, Sun secara terbuka mengakui kesetiaannya kepada Presiden China Xi Jinping. Mungkin Xi mempertanyakan bahwa kesetiaan, atau intrik politik lainnya bisa menyebabkan kejatuhan mengejutkan Sun Zhengcai.

Tapi dua hal yang jelas: pertama, perebutan kepemimpinan terbukti lebih bergolak dari yang diperkirakan. Dan juga, di dunia bayangan politik China, apapun bisa terjadi sebelum pengumuman resmi dibuat.

Sun ditunjuk menjadi pemimpin partai di Chongqing pada November 2012, setelah sebelumnya menjabat sebagai sekretaris partai di provinsi Jilin dan sebagai menteri pertanian dari tahun 2006-2009.

Dia sekarang telah diganti di Chongqing oleh Chen Min’er, yang dipandang sebagai anak didik Presiden Xi.

Sejak mengambil alih kekuasaan di tahun 2012, Xi telah melancarkan tindakan keras terhadap korupsi yang telah menjatuhkan beberapa pejabat senior dan, kata koresponden, dia diyakini menggunakannya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan menjelang pertemuan partai di musim gugur.