300 Drone Intel Menari di Langit Monas Sambut Asian Games 2018

0
110
Indonesia di tahun 2018 nanti akan menjadi tuan rumah kompetisi olahraga Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang tahun 2018. Untuk menyambut kehadirannya, pemerintah Indonesia menggelar sebuah acara hitung mundur bertajuk Countdown Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, dengan menghadirkan sejumlah pertunjukkan hiburan. Salah satu pertunjukkan yang paling memikat dan terbilang baru, adalah menarinya 300 drone di Monas selama kurang lebih enam menit. Drone yang disediakan oleh perusahaan teknologi Intel ini membentuk sejumlah koreografi serta menampilkan warna-warni yang berubah-ubah mengundang decak kagum. Beberapa koreografi yang dibentuk drone ini adalah teks bertulisan Asian dan Games, kemudian membentuk formasi menggambarkan seseorang menyalakan obor, membentuk Garuda Pancasila, dan ada juga bentuk bendera Merah Putih. Tim kumparan (kumparan.com) yang berada di Monas sempat merekam sejumlah formasi yang dibentuk oleh 300 drone tersebut.
Robot drone Intel yang diberi nama Shooting Star ini dirakit dengan material styrofoam dan plastik berbobot ringan, serta terpasang lampu light emitting diodes (LED). Semua drone tersebut dikendalikan oleh satu komputer dan operator dan bisa menciptakan lebih dari 4 miliar kombinasi warna, dengan sistem algoritma yang dapat mengendalikan koreografi dan jalur penerbangan.

Countdown Asian Games 2018 di Monas

Countdown Asian Games 2018 di Monas (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Pertunjukkan drone ini bukan kali pertama dilakukan oleh Intel. Sebelumnya mereka sudah pernah menerbangkannya pada puncak acara kejuaraan sepak bola Amerika Serikat, National Football League (NFL), atau populer disebut Super Bowl, pada Februari 2017. Waktu itu drone Intel mencuri perhatian 160 juta penonton Super Bowl dengan memperlihatkan pertunjukan cahaya kelap-kelip dari 300 unit robot quadcopter yang diterbangkan secara bersamaan di awal pertunjukkan saat Lady Gaga bernyanyi. Drone itu membentuk logo Pepsi selaku sponsor, dan tentu saja logo Intel. Perusahaan asal Santa Clara itu sebelumnya pernah menerbangkan sebanyak 500 unit Shooting Star, sekaligus memecahkan rekor dunia sebagai drone terbanyak yang pernah diterbangkannya pada tahun lalu.

Drone Shooting Star Intel

Drone Shooting Star (Foto: Intel)