Dinosaurus ‘Sleeping Dragon’ Memakai Kamuflase untuk Menghindari Predator

Sisa-sisa seekor dinosaurus seukuran 110 juta tahun – sangat terpelihara dengan baik sehingga seorang preparator museum mengatakan bahwa patung itu seperti patung naga yang sedang tidur – menunjukkan bahwa makhluk menakutkan ini ditutupi oleh armor dan paku. Namun, terlepas dari “surat rantai” alami ini, dino tersebut perlu menyamarkan diri dari predator potensial, menurut sebuah studi baru.

Dinosaurus – seekor nodosaurus, kerabat lapis baja dari ankylosaur – memiliki bentuk kamuflase yang dikenal sebagai penghitung, yang berarti memiliki bagian belakang berwarna gelap dan bagian bawah yang ringan, kata para periset.

“Jika hal itu dilakukan, pasti ada tekanan selektif untuk kamuflase itu, yang berarti bahwa itu secara aktif diburu oleh pemangsa visual,” kata peneliti utama studi Caleb Brown, seorang ahli postdoctoral di Royal Tyrrell Museum of Palaeontology di Kanada. “Ini hanya menunjukkan betapa buruknya, seberapa kuat predasi itu kembali ke Kapur.”

Fosil berwarna

Pecinta dinosaurus merayakan musim semi yang lalu ini ketika ahli paleontologi Kanada mengungkapkan bahwa mereka telah menemukan dinosaurus lapis baja terlengkap yang tercatat. Nenek itu ditemukan di tambang Alberta pada bulan Maret 2011.

Para peneliti menamai dinosaurus Borealopelta 18 kaki (5,5 meter): nama genus berarti “perisai utara,” sebagai “borealis” adalah bahasa Latin untuk “utara” dan “pelta” adalah bahasa Yunani untuk “perisai”. Nama spesies menghormati teknisi Royal Tyrrell Museum Mark Mitchell, yang menghabiskan lebih dari 7.000 jam (sekitar 5,5 tahun) untuk mengungkapkan fosil yang halus dan menutupinya dengan lem untuk melestarikannya.

Persiapan Mitchell yang hati-hati meluncurkan selubung hitam yang menutupi bagian 3.000 lb. (1.360 kilogram) spesimen. Selubung ini, menurut para peneliti, mengandung sisa-sisa kulit dinosaurus.

Setelah bergabung dengan rekan peneliti Jakob Vinther, ahli paleobiologi molekuler di University of Bristol di Inggris, para peneliti menggunakan analisis geokimia untuk menemukan bahwa film hitam tersebut memiliki produk sampingan dari pheomelanin, pigmen kemerahan yang memberi rambut merah pada rambut mereka. warna.

Produk sampingan ini menunjukkan bahwa B. markmitchelli berwarna coklat kecoklatan. Tapi karena kulit herbivora telah terdegradasi karena panas, waktu dan tekanan, sisa-sisanya telah meleleh menjadi lumpur, kata Brown.

“Tapi kita dapat melihat bahwa ada lebih banyak konsentrasi bahan organik ini di bagian belakang hewan, dan saat kita beralih ke perut, itu menjadi kurang umum dan akhirnya hilang,” kata Brown. Pola ini menunjukkan dinosaurus memiliki penghitungan ulang, katanya.

Countershading “sangat umum saat ini sebagai bentuk kamuflase,” dan terlihat, misalnya, di rusa, rusa dan hiu. Sebaliknya, hewan yang lebih besar, seperti gajah, badak dan bison, tidak memiliki penghitungan ulang, kemungkinan karena mereka memiliki sedikit predator.

Mungkin penghitung nodosaurus ini membantunya bersembunyi dari predator besar, seperti tyrannosaur Acrocanthosaurus, kata Brown.

Bioralopelta marka monyet nodus memiliki armor, paku dan kamuflase, tapi kemungkinan masih menjadi mangsa binatang yang lebih besar, seperti tyrannosaurus Acrocanthosaurus.
Kredit: Robert Nicholls / Museum Hak Cipta Royal Tyrrell

B. markmitchelli bukanlah satu-satunya dinosaurus yang tercatat dengan penghitungan yang diketahui: Psittacosaurus, seorang Triceratops berusia 120 juta tahun, juga memiliki bagian belakang berwarna gelap dan bagian bawah yang terang, menurut sebuah studi tahun 2016 di jurnal Current Biology .