Donald Trump membela pengampunan kontroversial ‘patriot’ Joe Arpaio

0
181

Donald Trump telah membela keputusannya yang paling dikutuk untuk mengampuni Joe Arpaio, menyebut mantan sheriff di Arizona sebagai “patriot” dan meluncurkan serangan balik atas pengampunan presiden masa lalu.

Trump telah menerima kritik bipartisan karena membebaskan Arpaio, salah satu tokoh penegak hukum yang paling memecah belah di AS, kemungkinan hukuman penjara karena menentang perintah pengadilan untuk menghentikan pembuatan profil orang-orang Latino secara rasial.

Selama konferensi pers bersama dengan presiden Finlandia yang berkunjung, Trump bersikeras kepada Arpaio: “Dia telah melakukan pekerjaan yang hebat untuk orang-orang Arizona Dia sangat kuat di perbatasan, sangat kuat dalam imigrasi ilegal Dia dicintai di Arizona Saya pikir dia diperlakukan dengan luar biasa tidak adil ketika mereka turun dengan keputusan besar mereka untuk mendapatkan dia tepat sebelum pemungutan suara pemilihan dimulai. ”

November lalu, Arpaio, seorang garis keras imigrasi ilegal, kehilangan tawarannya untuk masa jabatan ketujuh sebagai sheriff Maricopa County, yang berisi Phoenix, karena banyak pemilih Latino mendukung lawannya.

Lima tindakan grasi paling kontroversial oleh presiden AS
Ketika Trump mengampuni dia minggu lalu, Gedung Putih hanya merilis dua paragraf dengan penjelasan. Pada konferensi pers, presiden sepertinya menyiratkan bahwa suara yang dihasilkan oleh pendukungnya merupakan faktor dalam pemikirannya. “Ketika saya menyebutkan kepadanya kerumunan besar yang kami miliki,” katanya, merujuk pada sebuah demonstrasi di Phoenix pada hari Selasa yang lalu. “Orang-orang menjadi gila saat saya berkata, ‘Apa pendapat Anda tentang Sheriff Joe?’ Atau sesuatu untuk efek itu. ”

Trump mengatakan bahwa dia telah mengantisipasi pertanyaan hari Senin dan mulai membaca, dari beberapa catatan yang telah disiapkan sebelumnya, daftar pengampunan dan penghinaan yang kontroversial oleh presiden sebelumnya. Ini mencakup pengampunan pedagang komoditas Bill Clinton dan buronan Marc Rich, yang dicari karena penggelapan pajak dan mantan istrinya yang disumbangkan ke Clintons, dan “penjahat berbahaya” sebagai pembom Cuaca di bawah tanah Susan Rosenberg.

Dia melanjutkan: “Anda pernah mendengar kata leaker Presiden Obama mengubah hukuman Chelsea Manning, yang membocorkan dokumen sensitif dan rahasia yang tak terhitung jumlahnya ke WikiLeaks, mungkin dan lain-lain.Tapi mengerikan, mengerikan yang dia lakukan, mengganti kalimat dan mungkin diampuni . ”

Pengampunan Arpaio dikonfirmasi Jumat malam lalu saat Badai Harvey ditutup di Texas dengan angin kencang dan banjir parah. Tapi Trump menolak tuduhan bahwa dia berharap bisa mengubur berita tersebut, malah mengklaim bahwa dia mengatakan pengampunan itu karena dia tahu orang akan menonton.

“Di tengah badai, meskipun pada hari Jumat petang, saya menganggap peringkat akan jauh lebih tinggi daripada biasanya,” katanya.

Trump juga terus mendesak agar Meksiko membayar tembok perbatasannya yang telah lama dijanjikan. “Salah satu cara atau yang lain Meksiko akan membayar untuk dinding,” katanya, dengan alasan bahwa, sementara proyek awalnya dapat didanai oleh pembayar pajak AS, “pada akhirnya” Meksiko akan membayar melalui penggantian.

Mengapa Donald Trump mengampuni Joe Arpaio yang tak terampuni
Lawrence Douglas
Trump baru-baru ini mengancam akan memaksa pemadaman pemerintah federal kecuali Kongres memberikan dana untuk temboknya. Dia berkata: “Saya harap itu tidak perlu. Kalau perlu, kita harus melihat. ”

Sekali lagi ia tampak enggan mengkritik Rusia, yang berbatasan dengan Finlandia. Ketika ditanya apakah Rusia menimbulkan ancaman keamanan, dia menjawab: “Saya menganggap banyak negara sebagai ancaman keamanan.” Dia mengulangi komentar sebelumnya dengan harapan bahwa Washington pada akhirnya bisa “akur” dengan Moskow.

Menghadapi bencana alam utama yang pertama dari masa kepresidenannya, Trump mengatakan bahwa dia akan mengunjungi Texas pada hari Selasa dan kembali pada hari Sabtu. “Mungkin tidak pernah ada yang seperti ini.” Dia menjanjikan sebuah paket bantuan untuk pemulihan akan segera “cepat”, dan menambahkan: “Jumlah sebenarnya, yang akan bernilai miliaran dolar, akan melalui Kongres.”

Pada satu titik dalam konferensi pers hari Senin di Ruang Timur Gedung Putih, presiden Sauli Niinist√∂ menyetujui sebuah pertanyaan dari seorang wartawan Finlandia yang menurut dugaan Trump telah memintanya. Trump berkata, “Sekali lagi? Anda akan memberinya yang sama? “Niinist√∂ menjawab:” Tidak, dia bukan wanita yang sama, mereka duduk berdampingan. “Wartawan itu menyela:” Kami memiliki banyak wanita berambut pirang di Finlandia. “