Indonesia Berhasil Merebut Mendali Perunggu dalam Ajang Sepak bola SEA Games 2017

0
131

Timnas nasional (Timnas) U-22 Indonesia menyabet medali perunggu pada pagelaraan SEA Games 2017. Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion MPS Selayang, Malaysia, Selasa (29/8/2017), pasukan Luis Milla menang 3-1 atas Myanmar.

Hasil ini menjadi pelipur lara Tim Asuhan Luis Milla setelah kegagalan menembus partai final usai kalah 0-1 dari Malaysia pada laga semifinal. Kemenangan ini juga diwarnai aksi comeback yang heroik setelah tertinggal 0-1 pada paruh pertama.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Evan Dimas pada menit ke-57, disusul Septian David Maulana (59′) dan Rezaldi Hehanusa (77′). Sementara itu gol Myanmar tercipta pada menit ke-22 melalui aksi Than Paing.

Than Paing dengan jeli memanfaatkan umpan silang Si Thu Aung dari sisi kiri pertahanan Garuda Muda. Tanpa kawalan ketat, pemain nomor punggung 15 ini melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Timnas U-22.

Setelah gol tersebut, Myanmar terus mengendalikan permainan. Sayang, usaha mereka tidak memberikan gol tambahan karena selain aksi gemilang Satria Tama, tercatat ada tiga peluang Myanmar yang digagalkan oleh tiang gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Timnas U-22 menaikkan tempo permainan untuk mengejar ketinggalan. Usaha yang dilancarkan Evan Dimas dkk membuahkan hasil pada menit ke-57 lewat gol Evan Dimas.

Umpan lambung Febri Hariyadi ke kotak penalti Myanmar mengenai kaki lawan. Bola pantulan mengarah ke Evan Dimas yang sempat melewati satu pemain Myanmar sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola berubah arah setelah mengenai kaki bek Myanmar sehingga tercipta gol untuk membuat skor menjadi 1-1.

Timnas U-22 tidak membutuhkan waktu lama untuk berbalik unggul. Mereka hanya membutuhkan waktu dua menit untuk kembali menjebol gawang Myanmar. Kali ini Septian David Maulana yang mencetak gol setelah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Menit ke-77, Timnas U-22 menjauh karena mencetak gol ketiga. Kali ini giliran Rezaldi Hehanusa yang mencetak gol indah dengan kaki kiri, juga dari luar kotak penalti. Pemain bernomor punggung 28 itu melesakkan si kulit bulat ke pojok kanan atas gawang Myanmar.

Alih-alih mencetak gol untuk mengejar ketinggalan, Myanmar justru harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-90. Nan Wai Min mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar Ezra Walian. Laga berakhir dengan skor 3-1.