Kacamata Gerhana Matahari Palsu Membanjiri Pasar: Bagaimana Tetap Aman

0
105

Gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017, akan melintasi Amerika Serikat yang bersebelahan. Totalitas hanya akan terlihat bagi pengamat dalam jarak 70 mil (113 kilometer) yang ditunjukkan, memuncak pada 2 menit dan 42 detik di dekat Carbondale, Illinois.
Kredit: Great American Eclipse

Update: Federal Trade Commission telah merilis sebuah pernyataan dengan guideline keselamatan untuk kacamata melihat matahari.

Jika Anda berencana untuk melihat gerhana matahari total pada 21 Agustus, pastikan Anda memiliki perlengkapan keselamatan yang tepat.

Kaca ganas palsu saat ini membanjiri pasar, menurut American Astronomical Society (AAS). Perangkat palsu ini secara salah mengklaim memenuhi standar internasional untuk penayangan matahari yang aman, yang dikenal sebagai ISO 12312-2 (juga ditulis sebagai ISO 12312-2: 2015).

Jadi, bagaimana Anda tahu bahwa kacamata gerhana Anda atau pemirsa genggam Anda aman? Anda tidak bisa benar-benar memeriksanya sendiri; Dengan melakukan itu membutuhkan peralatan laboratorium berteknologi tinggi yang cantik. Tapi AAS telah melakukan kerja keras semacam itu untuk Anda dan mengidentifikasi sejumlah pemasok terkemuka, termasuk (namun tidak terbatas pada) American Paper Optics, Rainbow Symphony, Celestron dan Daystar. Anda juga dapat mempercayai bisnis dan organisasi lain yang menjual peralatan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan ini, kata perwakilan AAS. (Ada banyak pengecer semacam itu, termasuk Wal-Mart, Lowes dan Toys R Us.) [Perlengkapan Bersertifikasi ISO Terbaik untuk Melihat Gerhana Matahari 2017]
Beli Eclipse Glasses oleh American Paper Optics on Amazon.com

Anda dapat melihat daftar lengkap pemasok dan vendor terpercaya dari AAS di sini. NASA juga memiliki informasi tentang kacamata gerhana dan tampilan matahari yang aman; Temukan di sini

Juga, jika Anda belum mendapatkan perlengkapan penampakan Anda, Anda mungkin ingin melakukannya. Sudah cukup larut dalam permainan bahwa beberapa toko online tidak dapat menjamin pengiriman sampai setelah 21 Agustus. (Tapi Anda dapat membeli kacamata atau pemirsa secara langsung, di salah satu pengecer yang disetujui yang terdaftar oleh AAS.)

Pengingat: Anda memerlukan peralatan khusus untuk melihat matahari yang belum ditutup atau sebagian hilang; Kacamata hitam run-of-the-mill, bahkan yang ekstra gelap, tidak akan memotongnya. Jika Anda melihat matahari tanpa peralatan keselamatan bersertifikat, kerusakan mata serius dan permanen bisa terjadi. (Aman untuk melihat matahari yang benar-benar hening dengan mata telanjang. Tapi Anda masih perlu berolahraga; totalitas hanya berlangsung beberapa menit, jadi pastikan Anda menentukan waktunya dengan tepat.)

Bahkan jika kacamata gerhana Anda bersertifikat, sebaiknya Anda tidak menggunakannya jika lensa mereka rusak atau tidak terpasang dengan kencang pada bingkai mereka, perwakilan AAS menekankan. (Juga, jangan pernah menggunakan kacamata atau pemirsa genggam dengan teropong atau teleskop; instrumen semacam itu memerlukan filter khusus untuk pengamatan matahari yang aman.)

Ini bukan kejutan besar bahwa peralatan palsu telah datang di tempat kejadian, mengingat buzz yang mengelilingi acara 21 Agustus – ini adalah gerhana matahari total pertama yang terlihat dari daratan Amerika Serikat sejak tahun 1979.

Pada 21 Agustus, bulan akan benar-benar menghapus cakram surya di 14 negara bagian, dari Oregon sampai South Carolina. “Jalan totalitas” hanya berjarak 70 mil (113 kilometer); Sisa Amerika Utara akan diperlakukan sebagai gerhana parsial, seperti juga sebagian wilayah Amerika Selatan, Eropa dan Afrika.

Sekitar 200 juta orang hidup dalam satu hari berkendara dari jalan totalitas, menurut kolumnis Skyline Space.com Joe Rao. Tetapi bahkan orang yang tidak melakukan perjalanan masih bisa menyaksikan acara secara online, berkat webcast yang direncanakan oleh berbagai organisasi. Dan jika peristiwa 21 Agustus berhasil melewatimu, jangan khawatir: Gerhana matahari total lainnya masuk ke daratan A.S. pada tanggal 8 April 2024.