Lengan Robot 3D-Cetak Ini Dibangun Untuk Bahasa Isyarat

0
131

Meskipun biasanya kita melihat robotika yang diterapkan pada aplikasi industri atau penelitian, ada banyak cara untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari juga: panduan otonom untuk orang buta, misalnya, atau bot dapur yang membantu orang cacat memasak.Atau – dan yang ini nyata – lengan robot yang bisa melakukan bahasa isyarat rudimenter.

Ini adalah bagian dari tesis master dari mahasiswa pascasarjana di University of Antwerp yang ingin menangani kebutuhan tuna rungu dan tuna rungu. Di ruang kelas, pengadilan dan di rumah, orang-orang ini sering membutuhkan juru bahasa – yang tidak selalu tersedia.

Solusi mereka adalah “Antwerp’s Sign Language Actuating Node,” atau ASLAN . Ini adalah tangan robot dan lengan bawah yang bisa melakukan tanda huruf dan angka. Ini dirancang dari awal dan dibangun dari 25 bagian cetak 3D, dengan 16 servos yang dikontrol oleh dewan Arduino. Ini diajarkan gerak tubuh dengan menggunakan sarung tangan khusus, dan tim juga mempertimbangkan untuk mengenali mereka melalui webcam.

Saat ini, hanya ada satu tangan – sangat jelas gerak dua tangan dan isyarat dari ekspresi wajah yang memperkaya bahasa isyarat tidak mungkin dilakukan. Tapi tangan koordinasi kedua dan wajah robot emotif adalah dua proyek berikutnya yang tim tuju untuk diatasi.

Idenya bukan untuk menggantikan penafsir, yang nuansanya hampir tidak bisa direplikasi, tapi untuk memastikan selalu ada pilihan bagi siapa saja di seluruh dunia yang membutuhkan layanan bahasa isyarat. Ini juga bisa digunakan untuk membantu mengajarkan bahasa isyarat – robot tidak bosan mengulangi isyarat agar Anda bisa belajar.

 

Mengapa tidak hanya menggunakan virtual hand? Pertanyaan bagus. Aplikasi atau bahkan program ucapan-ke-teks akan menyelesaikan banyak hal yang sama. Tapi sulit untuk memikirkan lebih sedikit proyek ASLAN; Mengambil teknologi bantu dari layar dan meletakkannya di dunia nyata, di mana ia dapat berinteraksi dengan, dilihat dari banyak sudut, dan jika tidak berbagi ruang fisik orang yang disukainya, adalah tujuan yang terpuji.

ASLAN diciptakan oleh Guy Fierens, Stijn Huys dan Jasper Slaets. Masih dalam bentuk prototipe, tapi begitu selesai sumber disainnya akan  terbuka .