Lithium Dalam Air Keran Bisa Mengurangi Demensia

0
157
hand pouring a glass of water from filter tap, blue background

Lithium secara alami ditemukan di air keran, meski jumlahnya bervariasi.

Temuan tersebut, berdasarkan penelitian terhadap 800.000 orang, tidak jelas. Tingkat tertinggi mengurangi risiko penyakit, namun tingkat sedang lebih buruk daripada tingkat terendah.

Para ahli menyatakan ini sebuah penelitian yang menarik dan menggembirakan yang mengisyaratkan cara untuk mencegah penyakit ini.

Studi tersebut, di University of Copenhagen, melihat catatan medis 73.731 orang Denmark dengan demensia dan 733.653 tanpa penyakit ini.

Air ledeng kemudian diuji di 151 wilayah negara tersebut.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam JAMA Psychiatry, menunjukkan tingkat litium sedang (antara 5,1 dan 10 mikrogram per liter) meningkatkan risiko demensia sebesar 22% dibandingkan dengan tingkat rendah (di bawah lima mikrogram per liter).

Namun, mereka yang minum air dengan kadar litium tertinggi (di atas 15 mikrogram per liter) memiliki penurunan risiko 17%.

Para peneliti mengatakan: “Ini adalah penelitian pertama, sepengetahuan kami, untuk menyelidiki hubungan antara lithium dalam air minum dan penyakit demensia.

“Paparan lithium jangka panjang yang lebih tinggi dari air minum dapat dikaitkan dengan kejadian demensia yang lebih rendah.”

Mengubah otak

Lithium diketahui memiliki efek pada otak dan digunakan sebagai pengobatan dalam gangguan bipolar.

Namun, lithium dalam air keran berada pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada yang digunakan secara medis.

Percobaan telah menunjukkan unsur tersebut mengubah berbagai proses biologis di otak.

Prof Simon Lovestone, dari departemen psikiatri di Universitas Oxford, mengatakan: “Ini adalah studi yang sangat menarik.

“Lithium digunakan untuk mengobati orang dengan gangguan bipolar dan beberapa penelitian menyarankan bahwa orang yang menggunakan lithium mungkin juga terlindungi dari penyakit Alzheimer.”

Dia mengatakan bahwa sekarang harus ada penelitian untuk melihat apakah dosis lithium dalam dosis kecil dapat mencegah timbulnya demensia.