Sisi Gelap dan Terang Teknologi Drone Terbaru

0
185

Drones, mesin terbang kecil yang membawa kamera, telah menjadi berkat modern dan kutukan bagi penegak hukum dan ilmuwan.

“Hal yang bisa membuat Anda tertidur di malam hari adalah seseorang menggunakannya untuk menyakiti orang lain. Kami sudah pernah melihatnya, “kata Larry Satterwhite, asisten kepala kepolisian Houston mengenai keamanan dalam negeri.

Drones telah menjadi mudah diakses oleh konsumen dengan biaya yang relatif rendah. Aparat penegak hukum dan peneliti mengatakan orang-orang menggunakannya untuk menyakiti orang lain.

“Ada kasus aktual di Amerika Serikat dan di tempat lain di mana orang telah membawa obat terlarang atau senjata ke penjara dan menjatuhkan mereka ke tahanan. Di wilayah tertentu di Timur Tengah sekarang, mereka menggunakannya sebagai senjata dan menjatuhkan ledakan kecil ke orang-orang, “kata Richard Lusk, direktur Unmanned Aerial Systems Research Center di Oak Ridge National Laboratory.

“Teknologi seperti apa adanya, berjalan begitu cepat. Kita sering mendapati diri kita bermain dengan teknologi yang ada di luar sana, “kata Satterwhite.

Ada cara untuk mencegah ancaman yang ditimbulkan oleh pesawat tak berawak dengan menyerang peralatan elektronik di dalam mesin.

“Perangkat dasarnya adalah perangkat elektronik yang mengandalkan GPS. Jadi, jika Anda memikirkannya, Anda bisa menipu sistem GPS. Anda dapat menggunakan pulsa EMP (elektromagnetik) atau pulsa RF (radiofrequency) untuk mengganggu komunikasi mereka dari pengemudi atau benar-benar elektronik onboard dan kemudian pada dasarnya menggoreng barang elektronik, “kata Lusk.

Drones sebagai lifesavers

Di sisi lain, drone juga bisa memiliki manfaat menyelamatkan nyawa.

“Seperti teknologi apapun ada yin dan Yang. Ada yang gelap dan terang, “kata Lusk.

Di industri kimia, pesawat tak berawak digunakan untuk memeriksa struktur untuk menggantikan orang dalam melakukan pekerjaan berbahaya. Shell, Deer Park Refinery dekat Houston mulai menggunakan pesawat tak berawak pada tahun lalu.

“Di situs besar seperti saya, di mana kita memiliki struktur super yang hampir 400 kaki di udara, saya tidak perlu membuat seseorang terangkat. Saya bisa memasang pesawat tak berawak itu ke sana dan mendapatkan gambaran visual yang hebat tentang apa yang perlu dilakukan dan kemudian memutuskan bagaimana kita merespons kejadian itu, “kata Gary Scheibe, manajer keamanan kilang Shell Deer Park.

Mata ekstra

Semakin banyak badan penegak hukum A.S. menggunakan pesawat tak berawak untuk menyelidiki dan membebaskan jalur bebas lebih cepat. Drones juga dapat membantu dalam kasus pencarian dan penyelamatan.

“Anda bisa melihat panas tubuh mungkin pada anak kecil, sementara orang yang berjalan melintasi lapangan mungkin tidak pernah melihat mereka dan ini telah terbukti beberapa kali di seluruh dunia,” kata Lusk.

Teknologi ini terus maju. Sensor canggih seperti night vision, detektor metana dan kemampuan sinar-X dapat ditempatkan pada pesawat tak berawak. Periset bahkan melihat drone seukuran capung.

“Mungkin di sepanjang garis dari beberapa Departemen Pertahanan dan penelitian kelas atas adalah membuat mereka meniru serangga berukuran kecil, oleh karena itu Anda tidak memperhatikan serangga di luar sehingga Anda tidak akan memperhatikan [drone] itu,” Kata Lusk.

Periset Drone mengatakan akan menjadi perlombaan senjata untuk mengembangkan metode mencegah pesawat tak berawak, karena orang terus menggunakan mesin ini untuk kebaikan.