Kanker Tiroid: Gejala, Diagnosis & Pengobatan

0
265

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang membungkus tenggorokan dan merupakan bagian dari sistem endokrin tubuh. Antara tahun 1975 dan 2013, kasus kanker tiroid yang didiagnosis setiap tahunnya memiliki lebih dari tiga kali lipat, menurut sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA).

“Sementara overdiagnosis mungkin merupakan komponen penting untuk epidemi yang diamati ini, jelas sekali tidak menjelaskan keseluruhan cerita,” kata Dr. Julie Sosa, salah satu penulis studi baru dan kepala operasi endokrin di Duke University di North Carolina.

American Cancer Society memperkirakan akan ada 56.870 kasus baru kanker tiroid (42.470 wanita dan 14.400 laki-laki) di Amerika Serikat pada 2017, dan sekitar 2.010 kematian. Sampai 60 persen orang dengan penyakit tiroid tidak menyadari ada masalah, namun menurut American Thyroid Association.

Jenis

Menurut National Cancer Institute, ada empat jenis kanker tiroid: papiler, folikel, meduler dan anaplastik.

Kanker papiler adalah bentuk paling umum dari kanker tiroid, diikuti oleh kanker folikel. Namun, kanker folikel dianggap lebih ganas, atau agresif, dibanding papiler, menurut EndocrineWeb. Kedua tipe tersebut terbentuk di sel folikel tiroid. Sebagian besar jaringan tiroid terdiri dari sel folikel, yang mensekresi tiroksin tiroksin tiroid tiroid (T4) dan triiodothyronine (T3), menurut Johns Hopkins Medicine.

Kanker medullary terbentuk di sel C tiroid, yang membuat hormon kalsitonin. Sementara jenis kanker tiroid lainnya cenderung membentuk lambat, anaplastik adalah bentuk langka dari kanker agresif di tiroid.

Penyebab & gejala

Penyebab kanker tiroid bervariasi. Hal ini dapat ditularkan secara genetis, atau dapat disebabkan oleh radiasi ke kepala atau tenggorokan saat kecil, menurut National Cancer Institute.

“Wanita sangat berisiko mengalami tiroid,” kata Dr. Jerome M. Hershman, seorang profesor kedokteran di David Geffen School of Medicine di UCLA dan penulis bagian tiroid dari Merck Manual. “Satu dari delapan wanita akan mengalami kelainan tiroid selama hidup mereka – itu lima sampai delapan kali tingkat pada pria.”

Sebuah kerusakan pada tiroid, seperti tumor dari kanker, dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh manusia.

“Hormon tiroid mempengaruhi sejumlah fungsi tubuh vital, termasuk detak jantung, perawatan kulit, pertumbuhan, regulasi suhu, kesuburan dan pencernaan,” kata Hershman.

Beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh kanker tiroid adalah nyeri leher, suara serak dan kelenjar getah bening yang membesar. Bengkak di daerah atau benjolan belum tentu merupakan tanda kanker.

“Sampai 70 persen wanita usia menengah dan 40 sampai 50 persen pria usia menengah memiliki nodul tiroid, kata Dr. Melanie Goldfarb, seorang ahli bedah endokrin dan direktur Program Tumor Endokrin di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, dan asisten profesor pembedahan di John Wayne Cancer Institute di Santa Monica. “Anda juga bisa dilahirkan dengan potongan ekstra di manapun setinggi lidah Anda.”


Seorang wanita mendapat ultrasound kelenjar tiroidnya.
Kredit: Alexander Raths shutterstock

Diagnosa

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dokter untuk mendiagnosis kanker tiroid. Biasanya, pemeriksaan fisik akan menjadi langkah awal. Profesional medis akan mencari perubahan kelenjar dan bertanya tentang riwayat keluarga dan paparan radiasi. Selanjutnya, tes darah mungkin diperintahkan untuk melihat apakah tiroid berfungsi dengan baik. Tes biopsi, pencitraan dan tes kelainan genetik dapat diperintahkan untuk mengkonfirmasi diagnosis, menurut Mayo Clinic.

Pengobatan

Dalam banyak kasus, pengobatan untuk kanker tiroid melibatkan pengangkatan seluruh kelenjar melalui pembedahan. Terkadang, profesional medis akan memilih untuk menghapus hanya sebagian kelenjar. Pengangkatan kelenjar tiroid sepenuhnya atau sebagian disebut tiroidektomi.

Kelenjar getah bening juga bisa dilepas untuk memeriksa infeksi mereka, menurut Mayo Clinic. Yodium radioaktif, terapi radiasi, suntikan kanker dengan alkohol, terapi obat atau kemoterapi juga dapat dipesan sebagai pengobatan.

Jika tiroid diangkat, pasien akan diberi resep obat hormon tiroid yang disebut levothyroxine. Ini biasanya pil kecil yang diminum setiap hari selama sisa hidup seseorang. Levothyroxine menyediakan hormon tiroid yang akan diproduksi jika masih utuh. Ini juga menekan produksi hormon perangsang tiroid (TSH) yang berasal dari kelenjar pituitari. Hal ini penting karena kadar TSH yang tinggi dapat merangsang sel kanker yang tersisa untuk tumbuh.