Mantan Operasional Al-Qaida Luncurkan Grup Militan Baru di Pakistan

0
54

Kelompok militan terinspirasi al-Qaida yang baru, yang baru-baru ini muncul di kota pelabuhan Pakistan selatan, Karachi, mengklaim bertindak sebagai platform bagi militan yang telah merasa tidak puas dengan kelompok militan Islam (IS) di negara tersebut.

Kelompok tersebut, Ansar al-Sharia Pakistan, dilaporkan dibentuk oleh dua mantan anggota al-Qaida yang telah memutuskan hubungan dengan organisasi tersebut pada awal 2017. Sejak itu, kelompok tersebut telah terlibat dalam beberapa serangan di Karachi, menurut pihak berwenang kontraterorisme Pakistan.

Kelompok Ansar al-Sharia memulai pembunuhan di Karachi sejak awal tahun ini dan mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan seorang perwira militer di Jalan Raya Faisal [di Karachi], “Mayor Jenderal Mohammad Saeed, kepala pasukan keamanan paramiliter Rangers di Karachi, mengatakan media lokal Dia menambahkan bahwa kelompok tersebut telah memfokuskan serangan terhadap “polisi saja.”

Kelompok tersebut diduga dibuat untuk beroperasi sebagai platform bagi militan yang telah berpisah dengan IS di negara tersebut, katanya dalam sebuah pernyataan online. Ini diklaim bisa aktif di beberapa bagian negara.

“Kami memberikan kabar gembira kepada umat Islam bahwa sejumlah besar mujahidin dari Karachi, Punjab dan daerah kesukuan meninggalkan jajaran IS dan mengumumkan disassociation dengan mereka,” kata kelompok tersebut dalam sebuah pengumuman melalui sebuah akun Twitter, menambahkan bahwa IS telah “Menyebarkan perbedaan” dan “memisahkan diri bukan kesatuan.”

Kelompok tersebut telah berjanji untuk melanjutkan perjuangannya melalui “jihad” melawan “orang kafir dan murtad.”

Meskipun kelompok yang baru muncul tersebut menegaskan tidak ada afiliasi resmi dengan al-Qaida dan organisasi militan asing lainnya, kelompok tersebut mengatakan bahwa ideologinya terinspirasi oleh Osama bin Laden, pendiri setia al-Qaida.

VOA tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian akun Twitter.

Menurut departemen kontraterorisme polisi Karachi, Ansar al-Syariah hadir di wilayah antara provinsi Sindh dan Baluchistan.

“Sayangnya, sesuai dengan nama yang muncul dalam penyelidikan, tim pembunuh mereka memiliki tiga pemuda yang memiliki gelar master dalam fisika terapan,” Mayor Jenderal Saeed mengatakan.

Media Pakistan melaporkan bahwa pakaian teror juga memiliki anggota perempuan. Polisi dilaporkan telah menangkap empat wanita, termasuk seorang dokter, yang diduga menjadi anggota kelompok tersebut.

Pihak berwenang Pakistan telah bersumpah untuk menangkap anggota kelompok tersebut di negara tersebut, termasuk di Karachi.

Seorang perwira polisi dilaporkan telah ditangkap karena berhubungan dengan seorang anggota Ansar-al-Syariah di Karachi, media Pakistan melaporkan.

Cabang Al-Qaida di Asia Selatan, yang dikenal sebagai al-Qaida di benua India (AQIS), telah aktif di wilayah ini. Beberapa kelompok militan di Pakistan yang memiliki hubungan ideologis dengan bin Laden al-Qaida, telah berjanji setia kepada AQIS.

Sebagian besar kekuatan AQIS terkonsentrasi di Karachi dan IS juga mengklaim kehadirannya di kota terbesar di Pakistan.