Penemuan Genetik Baru Mungkin Akhirnya Akhiri Kelahiran Prematur

Periset telah menemukan mutasi genetik yang mempengaruhi apakah seorang wanita cenderung melahirkan bayinya atau membawanya ke masa penuh.

Bahkan bayi prematur yang terlambat lahir, yang lahir antara 34 dan 36 minggu masa kehamilan, lebih mungkin meninggal atau mengalami masalah, walaupun ukuran dan berat beberapa bayi penuh lahir lahir setelah 37 sampai 41 minggu di rahim.

Kelahiran prematur adalah penyebab utama kematian pada anak-anak di bawah 5 di seluruh dunia. Bayi-bayi ini memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi bahkan sampai masa remaja dan seterusnya.

Beberapa penelitian menunjukkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan persalinan preterm berlanjut sampai dewasa, masalah seperti penyakit paru kronis, cacat perkembangan, penglihatan dan gangguan pendengaran. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa setiap tahun, diperkirakan 15 juta bayi lahir lebih awal, dan jumlah ini meningkat. Sampai sekarang, sedikit yang diketahui tentang penyebabnya, namun temuan ini bisa membantu memecahkan misteri tersebut.

Awal sebuah perjalanan

Dr. Louis Muglia mengkoordinasikan studi tentang DNA lebih dari 50.000 wanita hamil. Studi tersebut mengidentifikasi enam wilayah gen, yang mempengaruhi lamanya kehamilan dan waktu kelahiran. Sementara studi tersebut tidak memberikan informasi tentang bagaimana mencegah prematuritas, Muglia mengatakan bahwa pada akhirnya dapat melakukan hal itu.

“Itu baru permulaan perjalanan, tapi setidaknya kita tahu sekarang, apa dasarnya,” katanya.

Muglia adalah co-director dari Perinatal Institute, yang berfokus pada bayi prematur, di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center. Dia juga penyidik ​​utama salah satu dari lima pusat penelitian prematuritas di bulan Maret. March of Dimes membantu membayar studi ini bersama dengan National Institutes of Health, Bill and Melinda Gates Foundation dan lembaga penelitian medis lainnya.

Muglia mengatakan para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kelahiran prematur adalah kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Penelitian ini menunjukkan gen yang terlibat berasal dari ibu.

“Untuk pertama kalinya, kami memiliki gagasan tentang jaringan apa yang ada di ibu adalah kemungkinan yang mendorong seseorang melahirkan prematur,” kata Muglia.

Selenium

Salah satu gen yang diidentifikasi terlibat dalam bagaimana tubuh menggunakan selenium, mineral umum yang disediakan dalam makanan atau suplemen, namun saat ini tidak termasuk dalam vitamin yang biasa dikonsumsi wanita saat hamil. Suplemen selenium harganya murah, dan jika hasilnya dikonfirmasi, suplemen ini bisa menyelamatkan jutaan nyawa. Suplemen termasuk asam folat telah terbukti sangat mengurangi cacat lahir, begitu banyak sehingga makanan di banyak negara diperkaya dengan vitamin B ini.

Gen lain menunjukkan bahwa sel yang melapisi rahim memainkan peran yang lebih besar dari perkiraan pada masa kehamilan.

Para peneliti berasal dari A.S. dan dari Norwegia, Denmark, Finlandia dan Swedia. Mereka hanya menguji wanita keturunan Eropa, jadi lebih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan melibatkan wanita dari ras lain dan asal etnis.

Tetapi penelitian mereka membuka area untuk meneliti tes diagnostik potensial, obat baru, suplemen diet yang lebih baik atau perubahan lainnya yang dapat membantu lebih banyak wanita memiliki kehamilan jangka panjang, semua area yang memerlukan beberapa tahun studi lebih lanjut.