Sebuah Sekolah Australia Mendiskriminasikan Anak Laki-laki yang Memakai Sorban

0
1096

Sebuah sekolah Australia mendiskriminasi anak laki-laki Sikh berusia lima tahun, sekolah mencegah pendaftaran karena dia memakai sorban, menurut sebuah pengadilan.

Kebijakan seragam Melton Christian School di Melbourne melarang penutup kepala non-Kristen untuk anak laki-laki.

Tapi ayah anak laki-laki itu, Sagardeep Singh Arora, berpendapat bahwa tidak membiarkan dia memakai patka, sorban anak, adalah diskriminasi secara tidak langsung.

Pengadilan tersebut memutuskan untuk mendukung Arora pada hari Selasa.

Memiliki rambut yang tidak dipotong, atau kesh, adalah kepercayaan Sikh dan mengenakan patka adalah praktik penting agama.

Tapi sekolah Kristen memilih untuk tidak membuat pengecualian untuk anak laki-laki itu, Sidhak, setelah bertemu dengan keluarganya tahun lalu.

Arora mengatakan kepada BBC bahwa dia tertegun oleh penolakan tersebut.

“Di negara maju seperti Australia, itu hanya mengejutkan,” katanya.

“Anda memiliki orang Sikh yang mengenakan turban di kepolisian dan tentara di Australia, tapi anak saya tidak bisa pergi ke sekolah.”

Kebijakan seragam yang tidak masuk akal

Pengadilan Sipil dan Administrasi Victoria mengatakan bahwa Sidhak telah dirugikan karena dia tidak dapat menghadiri sekolah yang dekat dengan rumah dan di mana sepupunya juga merupakan siswa.

Dalam pembelaannya, sekolah tersebut mengandalkan pembebasan undang-undang diskriminasi negara yang memungkinkan sekolah menerapkan kode berpakaian yang wajar bagi siswa setelah berkonsultasi dengan masyarakat.

Namun pengadilan tersebut mengatakan bahwa kebijakan seragam tidak masuk akal karena ketika diperbaharui pada tahun 2014, mereka tidak mencerminkan pandangan masyarakat sekolah.

Lebih jauh lagi, kerugian yang dihadapi Sidhak jauh lebih besar daripada keuntungan yang diperoleh sekolah karena mempertahankan kebijakan seragamnya.

Pengadilan tersebut menambahkan bahwa sementara Melton adalah sebuah sekolah Kristen, ia memiliki kebijakan pendaftaran terbuka. Lebih dari 50% komunitas sekolah tidak secara eksplisit mengidentifikasi sebagai orang Kristen.

“Tidak masuk akal untuk menerima aplikasi pendaftaran dari siswa dari agama non-Kristen hanya karena mereka tidak terlihat seperti mereka yang mempraktikkan agama non-Kristen,” anggota VCAT Julie Grainger mengatakan.

Dia juga mengatakan bahwa sekolah tersebut mengizinkan Sidhak mengenakan patka dengan warna seragam.

Arora mengatakan bahwa dia dan keluarganya sangat senang dengan keputusan tersebut.

“Kami yakin ini keputusan yang sangat bagus atas nama komunitas Sikh di Australia,” katanya.

Dia dan istrinya akan mengadakan pertemuan formal dengan sekolah tersebut segera. Mereka berharap Sidhak bisa mulai bersekolah di tahun depan.