YouTube Mengakhiri Fitur Channel Berbayar

0
24

YouTube telah mengumumkan akhir dari channel berbayar, yang diluncurkan pada tahun 2013 sebagai salah satu upaya pertama situs untuk mengisi konten.

Fasilitas tersebut memungkinkan orang membayar biaya bulanan untuk mengakses saluran YouTube individual dari penyedia layanan seperti National Geographic and Sesame Street.

Namun, layanan ini tidak populer di kalangan pemirsa dan akan berakhir pada bulan Desember.

“Tidak pernah mencapai popularitas dengan pencipta atau pengguna,” Google mengakui dalam sebuah posting blog.

Pada bulan Desember, videomakers yang saat ini meng-host video mereka di saluran khusus berlangganan berbayar akan memiliki pilihan untuk menyembunyikannya atau membuatnya tersedia secara gratis.

Penutupan ini tidak mempengaruhi YouTube Red, layanan langganan situs web yang menawarkan program eksklusif dan menghapus iklan dari YouTube. Saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Untuk membantu videomakers mendapatkan uang, YouTube mengatakan akan membuka fasilitas sponsornya untuk pembuat konten yang lebih banyak.

Fasilitas itu memungkinkan pemirsa mengatur pembayaran bulanan sukarela sebesar $ 4,99 (£ 3,70) kepada bintang favorit YouTube mereka, sebagai imbalan tunjangan seperti emuarium yang disesuaikan.

“Mereka belum melihat take-up yang mereka inginkan,” kata Joseph Evans, seorang analis di Enders.

“Agak mengejutkan saat Anda melihat apa yang sedang dilakukan oleh raksasa lainnya. Amazon mendorong layanan modular ‘berlangganan satu saluran pada satu waktu, setelah mulai dengan paket all-you-can-eat-nya”.

Dengan jenis konten yang seperti diharapkan orang di YouTube, sponsor akan lebih berguna.

“Tapi Anda mungkin akan khawatir karena memberi Google kendali atas distribusi video dan uang sponsor mereka.”