Dokter Gamal Salah Satu Dokter Muda Yang Membanggakan Indonesia

0
404

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut langkah yang dilakukan dokter muda di Malang, Gamal Albinsaid, pendiri ‘klinik asuransi sampah’ untuk warga tak mampu, sebagai ‘misi khusus’.

“Anda menangani salah satu hal terpenting dan terpuji, dengan hasil yang jelas. Ini adalah misi khusus, dan bukan hanya sekedar profesi,” kata Putin kepada Gamal di sela festival internasional pemuda dan pelajar, World Festival for Youth and Students 2017, di Moskow dan Sochi yang berlangsung sampai hari Minggu (22/10).

Gamal beserta teman-temannya di Malang, Jawa Timur, saat masih menjadi mahasiswa, mendirikan Klinik Asuransi Sampah, untuk masyarakat tak mampu yang dapat berobat dengan biaya sampah yang dapat didaur ulang seperti plastik dan kardus.

Melalui proyek sosial ini, Gamal meraih banyak penghargaan internasional, termasuk penerima penghargaan pertama Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards, di Inggris pada awal 2014 yang diserahkan langsung oleh Pangeran Charles.

Dalam pertemuan dengan Presiden Rusia pekan lalu, Putin juga meminta Gamal untuk mengembangkan inovasinya dengan para pemuda dari negara-negara lain.

“Saya rasa, untuk aspek ini, Anda dapat berkolaborasi dengan mitra dari India ‚Ķ untuk bekerja sama dengan mereka yang benar-benar peduli dengan kesehatan masyarakat. Secara keseluruhan, gagasan Anda pantas mendapat penghargaan dan dukungan. Terima kasih untuk itu,” kata Putin.

Terkait pelayanan kesehatan secara gratis (murah), Putin mengatakan, “Satu-satunya misi pelayanan kesehatan adalah membantu masyarakat. Namun kita perlu berhati-hati dalam bergerak pada industri operasi medis ini. Masyarakat perlu menyadari bahwa mereka bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri.”

Selain Kilinik Asuransi Sampah, Gamal tengah mengembangkan dua inovasi lainnya, Siapa Peduli, penggalangan dana untuk masyarakat tak mampu dan Home Medika, aplikasi untuk mengirim dokter di daerah-daerah Indonesia.

BBC Indonesia membuka pertanyaan-pertanyaan untuk Gamal melalui Facebook dan inilah jawabannya:

Rin Rivani – Seperti apa Putin dimata Anda?

“Pertanyaan Anda terjawab ketika saya di sana. Saya orang yang suka belajar kepada tokoh-tokoh besar. Ketika berdiskusi hampir satu jam dengan beliau, saya memperhatikan mulai cara beliau berjalan, cara beliau menatap, cara beliau berbicara, cara beliau duduk, cara beliau berkomunikasi dengan pengawalnya ketika terjadi sesuatu, cara beliau menjamu tamu.

Terlepas dari beliau sosok yang kontroversial di mata banyak pihak dan banyaknya pro-kontra terhadap beliau atas kebijakan luar negerinya yang memberikan berbagai penilaian dari berbagai sudut pandang, saya merasakan aroma kepemimpinan yang kuat dan tegas pada dirinya, serta beliau adalah pendengar yang baik.”

Novi Karim – Bagaimana caranya agar dapat bergabung dengan misi sosial ini?

“Kami punya banyak inovasi kesehatan, di antaranya Garbage Clinical Insurance, siapapeduli.id, dan homedika.com. Alhamdulillah banyak relawan dari berbagai kota dan berbagai bidang yang bergabung.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here