Infeksi dengan Virus Langka Ditelusuri ke Tikus Pet Remaja

0
1244

Seorang ibu dan putrinya di Tennessee terinfeksi virus yang jarang terlihat di Amerika Serikat, dan pelakunya nampaknya adalah tikus peliharaan.

Kedua wanita tersebut dinyatakan positif terkena virus Seoul, menurut sebuah laporan baru, yang diterbitkan hari ini (12 Oktober) oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Virus Seoul adalah bagian dari keluarga Hantavirus, sekelompok virus yang biasanya menginfeksi hewan pengerat.

CDC melaporkan pada bulan Januari bahwa ada wabah virus di antara peternak tikus dan pemilik di Illinois dan Wisconsin; Pada bulan yang sama, Departemen Kesehatan Tennessee diberitahu tentang seseorang dengan tikus peliharaan dari salah satu peternak Illinois dengan tikus yang terinfeksi, menurut laporan baru tersebut. [10 Penyakit Mematikan yang Melompati Spesies]

Faktanya, pemilik tikus peliharaan, yang berusia 18 tahun, mulai sakit pada bulan Desember 2016 dengan “penyakit virus yang tidak ditentukan,” kata para periset. Dia sembuh sepenuhnya dari virus tanpa pengobatan. Sebuah tes pada sampel darahnya yang diawetkan yang telah ditarik saat dia sakit mengungkapkan bahwa dia telah terinfeksi virus Seoul.

Remaja tersebut tidak membiarkan petugas kesehatan menguji tikus peliharaannya untuk virus tersebut, namun para pejabat menduga bahwa tikus tersebut juga terkena virus tersebut. Dengan demikian, para pejabat merekomendasikan agar tikus diberi euthanasia. Sekali lagi, remaja tersebut menolak. Sebagai tanggapan, Departemen Kesehatan Tennessee melarang remaja tersebut untuk mengeluarkan tikus dari rumahnya, yang pada dasarnya mengkarantina hewan peliharaan. Selain itu, mereka mendidik remaja dan keluarganya tentang cara terbaik untuk menghindari infeksi, termasuk menghindari kontak dengan urine hewan pengerat, kotoran, air liur dan bahan sarang, menurut laporan tersebut.

Tapi pada bulan April, ibu remaja berusia 38 tahun itu juga sakit. Dia pergi ke ruang gawat darurat dengan gejala termasuk demam yang sangat tinggi yaitu 104,5 derajat Fahrenheit (40,3 derajat Celcius), sesak napas, kelelahan dan kurang nafsu makan, kata laporan tersebut. Tes darah menunjukkan bahwa dia memiliki virus di Seoul. Ibu mengatakan kepada dokter bahwa dia telah membersihkan kotoran hewan pengerat dari bak mandi sekitar tiga minggu sebelum dia jatuh sakit.
Virus Seoul

Virus Seoul menginfeksi tikus Norwegia yang berwarna coklat (Rattus norvegicus), yang ditemukan di seluruh dunia, menurut laporan tersebut. Virus ini bisa menyebar dengan mudah di antara tikus, dan bisa juga berpindah dari tikus ke manusia, menurut CDC. Hingga Januari, 17 kasus virus Seoul yang dikonfirmasi pada orang-orang di A.S. telah dikaitkan dengan tikus dari peternak di Illinois, kata laporan tersebut.

Namun, virus tersebut tidak bisa menyebar dari manusia ke manusia, menurut CDC.

Infeksi berat dengan virus Seoul dapat menyebabkan penyakit yang disebut demam berdarah dengan sindroma ginjal, yang mencakup gejala seperti perdarahan internal dan masalah ginjal, kata CDC. Kebanyakan orang yang terinfeksi virus Seoul, bagaimanapun, mengalami gejala ringan atau bahkan tidak ada gejala, dan tingkat kematian untuk penyakit ini kira-kira 1 atau 2 persen, kata CDC.

Memang, virus Seoul kurang parah dibanding bentuk lain dari hantavirus, yang disebut virus Sin Nombre, menurut CDC. Virus Sin Nombre disebarkan oleh tikus rusa (Peromyscus maniculatus), dan ini menyebabkan suatu kondisi yang disebut sindroma hantavirus pulmonary. Infeksi ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang parah yang memerlukan rawat inap, dan tingkat kematian untuk penyakit ini sekitar 38 persen, kata CDC.